Pelvic Rocking Bantu Pembukaan Lebih Cepat Saat Persalinan

(0)
22 Sep 2020|Azelia Trifiana
Latihan pelvic rocking dapat mempermudah proses persalinanPelvic rocking mempermudah proses persalinan
Tidak berlebihan jika otot panggul akan menjadi amunisi utama ibu hamil ketika menghadapi persalinan. Baik saat tahapan pembukaan maupun momen mengejan, otot panggul harus benar-benar kuat. Melakukan pelvic rocking dengan memutar pinggang dan pinggul dapat membantu memudahkan turunnya kepala bayi ke jalan lahir.Aktif bergerak dan rutin berolahraga selama kehamilan pasti akan menjadi bekal saat proses persalinan. Tak ada usaha yang mengkhianati hasil. Bahkan, rajin berlatih pelvic rocking saat hamil dapat mengurangi rasa nyeri tulang belakang.

Pelvic rocking dan manfaatnya untuk persalinan

Pelvic rocking adalah latihan menggerakkan panggul ke depan dan ke belakang. Gerakannya bisa bervariasi mulai dari bertumpu pada punggung, duduk di gym ball, atau bertumpu pada tangan dan lutut.Beberapa manfaat melakukan pelvic rocking untuk menghadapi persalinan sekaligus saat hamil adalah:

1. Membantu fokus saat hadapi kontraksi

Kontraksi terjadi layaknya ombak, datang dan pergi dengan durasi yang semakin intens seiring dengan membukanya mulut rahim. Saat kontraksi datang, rasa nyeri bisa terasa begitu dominan terutama saat interval dan durasinya semakin meningkat.Melakukan pelvic rocking saat menghadapi kontraksi bisa membantu ibu agar tetap fokus. Ini adalah distraksi yang efektif ketika harus berhadapan dengan rasa nyeri kontraksi.

2. Mengurangi rasa sakit

Dengan adanya distraksi dari rasa sakit saat kontraksi, pelvic rocking juga membantu menghemat energi sang ibu. Bahkan berdasarkan penelitian tahun 2016, terbukti gerakan pelvic rocking di atas gym ball dapat mengurangi rasa nyeri hingga membuat calon ibu merasa lebih nyaman.Ini sangat penting karena selama proses persalinan, sebisa mungkin ibu merasa nyaman. Semakin rileks seseorang, maka hormon oksitosin akan mendominasi. “Hormon cinta” ini membantu agar bayi lebih cepat turun ke jalan lahir. Sebaliknya jika merasa tegang, adrenalin akan mendominasi dan membuat mulut rahim menebal.

3. Mempercepat tahapan pembukaan

Tahapan pembukaan laten dan aktif bisa berlangsung cepat maupun lambat, bergantung pada setiap orang. Melakukan gerakan pelvic rocking dapat membantu mempercepat pembukaan sehingga proses persalinan tidak terasa melelahkan dan menguras energi.Hal ini menjadi alasan mengapa seseorang yang aktif bergerak saat kontraksi sangat mungkin merasakan pembukaan lebih cepat. Lewat gerakan-gerakan tertentu, bayi akan lebih mudah turun ke panggul hingga masuk ke jalan lahir.

4. Tingkatkan fleksibilitas

Jika rajin melakukan latihan pelvic rocking selama mengandung, maka ibu hamil bisa meningkatkan fleksibilitas sekaligus mengurangi rasa nyeri punggung. Rutin melakukan pelvic rocking dengan gym ball dapat memperbaiki posisi janin juga jelang persalinan.Tak kalah penting mengingat postur tubuh ibu hamil bisa berubah karena beban di perutnya, pelvic rocking membantu mengurangi tekanan itu. Postur abdominal dan otot panggul juga bisa terlatih semakin kuat dan fleksibel. Kedua hal ini menjadi bekal untuk memudahkan proses persalinan.

Cara melakukan gerakan pelvic rocking

Gerakan pelvic rocking bisa dilakukan dengan alat seperti birth ball maupun tidak. Cara melakukannya adalah:
  • Bertumpu pada tangan dan lutut

Serupa dengan gerakan cat-cow pada yoga, pelvic rocking dilakukan dengan bertumpu pada tangan dan lutut. Pastikan tangan lurus dengan pundak, sementara lutut lurus dengan pinggul. Kemudian, tarik napas dan tundukkan kepala dengan arah pandangan ke perut. Arahkan tulang punggung ke atas.Setelah menahan beberapa detik, buang napas dan kembali meluruskan tulang punggung. Tahan selama beberapa detik. Ulangi dengan repetisi kedua gerakan ini.
  • Berdiri

Pelvic rocking juga bisa dilakukan sembari berdiri atau duduk bersandar pada kursi. Jika berdiri, bersandarlah pada tembok dan sedikit menekuk lutut. Tarik napas panjang dan gerakkan panggul ke arah tembok. Tulang belakang bagian bawah akan menyentuh tembok.Buang napas dan kembali ke posisi netral. Kemudian, perlahan majukan pinggang ke depan sehingga ada rongga antara tembok dan tulang punggung. Ulangi 8-10 kali.
  • Menggunakan birth ball

Ada banyak sekali manfaat dari menggunakan birth ball selama kehamilan, bahkan bisa menjadi pengganti kursi saat memasuki trimester ketiga kehamilan. Untuk melakukan pelvic rocking, duduk di atas birth ball dengan kedua kaki rata di lantai.Kemudian, goyangkan panggul ke depan dan belakang. Pastikan tubuh bagian atas tetap vertikal. Gerakan ini dapat diulangi 10-15 kali. Selain bergerak ke depan dan belakang, gerakan seperti angka 8 dan melingkar juga bisa dilakukan.Pastikan selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan sekaligus memantau kondisi fisik masing-masing sebelum berolahraga saat hamil. Setiap orang memiliki kondisi berbeda, pilihan olahraga apa yang dilakukan selama mengandung pun terkadang perlu disesuaikan.Namun satu yang pasti, aktif bergerak dalam bentuk apapun itu semasa hamil akan memberi manfaat saat persalinan nanti. Tak selalu berarti persalinan bisa berlangsung spontan dan menghindari persalinan seksio sesarea. Apapun cara persalinannya, aktif berolahraga selama mengandung akan membantu pemulihan jauh lebih cepat.
menjaga kehamilanolahraga ibu hamilkehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pelvic-rocking
Diakses pada 6 September 2020
Pregnancy Centre. http://www.thepregnancycentre.com.au/labour/exercise/pelvic-rocking
Diakses pada 6 September 2020
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/6914-exercise-during-pregnancy
Diakses pada 6 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait