Pelembap Wajah Alami untuk Kulit Wajah Lebih Cantik

Manakah pelembab wajah alami yang menjadi pilihan Anda?
Pelembab wajah alami ini dapat ditemukan di dapur, salah satunya madu.

Di saat rasa kesal datang akibat wajah kering, cobalah tengok ke dapur. Beberapa bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk memasak, ternyata bisa dijadikan pelembab wajah alami, lho. Maka dari itu, jangan bingung lagi saat wajah kering melanda. Coba saja oleskan pelembab wajah alami ini, ke muka Anda.

Pelembab wajah alami yang ada di dapur

Kulit wajah kering dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari cuaca dingin, udara kering, pH kulit yang tak seimbang, kebiasaan merokok, hingga terkena paparan sinar matahari berlebihan. Jangan khawatir lagi, kulit kering ternyata bisa ditangani dengan pelembab wajah alami ini.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun
Mnyak zaitun

Minyak zaitun adalah “paket lengkap” yang memiliki banyak manfaat. Jika digunakan untuk memasak, minyak zaitun dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sebagai pelembab wajah alami, minyak zaitun dipercaya dapat mengusir kulit kering.

Sebab, beberapa antioksidan yang dikandung minyak zaitun, yang bisa memberikan sensasi menenangkan pada kulit dan memperbaiki sel-sel kulit rusak akibat kekeringan wajah. Pelembab wajah alami ini juga bisa mencegah keriput.

Oleskan saja minyak zaitun ke muka Anda secara merata, dan tinggal tidur saja. Di pagi harinya, bilas muka Anda sampai bersih.

2. Madu

Si manis yang menyehatkan ini ternyata juga bisa jadi pelembab wajah alami. Sebab, madu bisa mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, yang bisa mengusir kulit kering dan membuatnya lebih cerah.

Oleskan madu ke wajah Anda, dan pijatlah secara lembut. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas sampai bersih.

3. Minyak kelapa

Kalau tadi ada minyak zaitun, kini giliran minyak kelapa yang “naik panggung”. Minyak kelapa diklaim bisa menjadi pelembab wajah alami. Bahkan, dalam sebuah riset, para respondenberhasil menjaga hidrasi kulit wajah dengan minyak kelapa.

Tidak hanya di muka, minyak kelapa disebut juga bisa dioleskan ke bagian siku atau bahkan kulit tangan yang kering.

4. Lidah buaya

Gel lidah buaya dianggap mudah terserap oleh kulit. Itulah sebabnya, lidah buaya dipercaya sebagai pelembab wajah alami yang bisa melembabkan kulit kering.

Potong kecil lidah buaya, keluarkan gel-nya, lalu oleskan ke wajah Anda. Saat sudah terserap dengan baik, bersihkan muka Anda dengan air.

5. Yogurt

Tidak hanya enak dikonsumsi, ternyata yogurt yang banyak manfaatnya itu juga bisa jadi pelembab wajah alami! Gunakanlah yogurt yang tidak memiliki rasa. Namun, jika Anda alergi terhadap susu sapi, carilah yogurt yang terbuat dari kacang almond ataupun santan.

Oleskan yogurt ke bagian wajah secara merata, diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air.

6. Minyak kacang almond

Selain enak dimakan dan dijadikan susu, kacang almond ternyata juga tersedia dalam bentuk minyak. Selain itu, minyak kacang almond dikenal bisa jadi pelembab wajah alami. Sebab, minyak kacang almond mengandung vitamin E tinggi, sehingga dipercaya baik untuk kesehatan kulit.

Oleskan minyak kacang almond ke bagian wajah, kemudian mandilah untuk membersihkannya.

7. Pepaya

Buah pepaya
Buah pepaya

Pepaya menjadi buah yang laku di dunia kecantikan. Selain dijadikan sabun, pepaya juga bisa jadi pelembab wajah alami. Campurkan sedikit daging pepaya yang sudah dihaluskan dan madu, aduklah hingga merata, baru kemudian oleskan ke wajah Anda.

Diamkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air, untuk mendapatkan kulit wajah lembab dan cantik.
Perlu diingat, sebelum mencoba beberapa bahan pelembab wajah alami ini, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadapnya. Selain itu, minumlah air putih secara teratur, supaya tubuh tetap terhidrasi dan kesehatan kulit terjaga.

Tips mencegah kulit wajah kering

Untuk Anda yang sudah punya kulit wajah lembap, tentunya tidak mau, dong, punya kulit wajah kering? Maka dari itu, selain mencoba beberapa pelembab wajah alami di atas, tidak ada salahnya melakukan beberapa tips mencegah kulit wajah kering di bawah ini.

  • Memasang pelembap udara

Mesin pelembap udara atau humidifier sangat penting untuk dimiliki, terutama bagi mereka yang ingin kulit wajahnya tetap lembap, walau udara di sekitarnya kering.

  • Membatasi waktu mandi

Mandi terlalu lama, seperti di atas 10 menit, bisa menghilangkan lapisan berminyak di kulit Anda, sehingga kulit kering tak terbendung lagi.

  • Tidak menggaruk kulit

Menggaruk kulit terlalu sering, bisa menjadi penyebab utama wajah kering. Maka dari itu, janganlah menggaruk kulit wajah Anda. Jika muncul rasa gatal, gunakan pelembap wajah alami di atas saja.

  • Rutin menggunakan pelembap kulit

Menggunakan pelembap secara rutin, terutama setelah mandi, bisa membantu menyumbat ruang di antara sel kulit dan menjaga kelembapannya.

Cobalah ikuti beberapa tips mencegah kulit wajah kering di atas, supaya penggunaan pelembab wajah alami semakin optimal.

Catatan dari SehatQ:

Perlu diingat lagi, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan pelembab wajah alami di atas. Selain itu, jika kulit wajah tetap kering meski telah mencoba bahan-bahan alami tersebut, berkonsultasilah dengan dokter untuk meminta pengobatan.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324935#causes
Diakes pada 13 Maret 2020

Food NDTV. https://food.ndtv.com/beauty/7-effective-natural-moisturizers-for-winters-1792749
Diakses pada 13 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-and-skin#section5
Diakses pada 13 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-for-face#benefits
Diakses pada 13 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-face
Diakses pada 13 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/yogurt-face-mask#ingredients-to-use
Diakses pada 13 Maret 2020

Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/9-ways-to-banish-dry-skin
Diakse pada 13 Maret 2020

Artikel Terkait