logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Sederet Pelembap Wajah Alami untuk Melembapkan Kulit Kering

open-summary

Pelembap wajah alami mungkin bisa jadi alternatif cara membersihkan muka Anda. Cara membuat pembersih wajah alami bisa dengan minyak kelapa, minyak zaitun, alpukat, yogurt, hingga madu. Pastikan Anda melakukan tes pada area kulit lain sebelum menggunakannya pada wajah.


close-summary

3.06

(17)

13 Mar 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Pelembap wajah alami bisa digunakan pemilik kulit kering

Manfaat lidah buaya sebagai pelembap wajah alami berasal dari kandungan vitamin dan asam amino di dalamnya

Table of Content

  • Cara membuat pelembap wajah alami untuk kulit kering
  • Ketahui risiko efek samping pembersih alami untuk kulit kering
  • Catatan dari SehatQ

Pelembap wajah alami mungkin bisa jadi alternatif cara melembapkan kulit yang kering. Sebab, tidak semua orang mungkin cocok dengan produk pelembap di pasaran yang mengandung bahan-bahan kimia di dalamnya.

Advertisement

Meski demikian, Anda tetap perlu mempertimbangkan bahan-bahan alami yang digunakan. Pasalnya, setiap bahan alami tentu memiliki tekstur dan kandungan yang berbeda. 

Jangan sampai, pelembap alami untuk kulit kering yang digunakan justru memperparah kondisi kulit yang rentan kasar, bersisik, ruam, mengelupas, dan mengalami iritasi.

Yuk, cari tahu cara membuat pelembap wajah alami untuk kulit kering yang tepat agar fungsinya dapat bekerja lebih baik pada kulit Anda.

Cara membuat pelembap wajah alami untuk kulit kering

Kulit wajah kering dapat disebabkan oleh bermacam hal, mulai dari cuaca dingin, udara kering, pH kulit yang tak seimbang, kebiasaan merokok, hingga paparan sinar matahari berlebihan. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pelembap wajah alami yang bahan-bahannya bisa ditemukan dengan mudah di dapur. 

Berikut adalah cara membuat pelembap wajah alami sendiri serta khasiat yang terkandung dalam bahan-bahan tersebut.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun sebagai pelembap wajah alami
Mnyak zaitun mampu melembapkan kulit dan memperbaiki sel-selnya

Salah satu bahan pelembap wajah alami untuk kulit kering adalah minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun dapat melembapkan kulit berkat kandungan squalene di dalamnya. 

Selain itu, kandungan antioksidan pada minyak zaitun, seperti polifenol dan fitosterol, dapat melembapkan kulit serta memberikan efek menenangkan pada kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. 

Minyak zaitun berasal dari vitamin E yang mampu mencegah penuaan dini pada kulit serta sebagai antiradang. 

Manfaat inilah yang juga dapat meningkatkan hidrasi kulit sekaligus mencegah stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih.

Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada permukaan wajah dan tubuh yang terasa kering sesaat setelah mandi atau cuci muka. Jika teksturnya dirasa terlalu berat atau tebal, larutkan minyak zaitun dengan sedikit air.

2. Madu

Manfaat madu untuk kulit kering ternyata baik digunakan sebagai pelembap wajah alami. Pasalnya, madu merupakan zat emolien terbaik yang mampu menghidrasi kulit serta membuatnya terasa lembut dan kenyal. 

Sedangkan, kandungan gula pada madu dapat meningkatkan hidrasi kulit sekaligus bertindak sebagai humektan untuk mengunci kelembapan kulit kering. 

Bagi Anda yang punya masalah jerawat, manfaat madu untuk jerawat dapat membantu mengatasi penyumbatan pori kulit dan membersih wajah. 

Kandungan antioksidan di dalamnya dapat mencegah penuaan kulit, noda hitam di wajah, dan iritasi.

Anda dapat mengoleskan madu murni secara langsung pada kulit wajah atau tubuh secara rutin. Pijat-pijat kulit secara perlahan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Cara membuat pelembap wajah alami sendiri lainnya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan madu dan 8 sendok makan air, aduk merata. 

Lalu, oleskan pada permukaan kulit wajah atau tubuh yang terasa kering. Diamkan sampai kering, bilas kulit dengan air suam-suam kuku atau air hangat.

3. Minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa sebagai pelembap wajah alami
Oleskan minyak kelapa tiap malam hari sebelum tidur

Anda mungkin sudah akrab mendengar manfaat minyak kelapa sebagai pelembap wajah alami. 

Manfaat minyak kelapa berasal dari kandungan asam lemak yang mampu melembapkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan memperbaiki lapisan kulit. 

Bahkan, minyak kelapa memiliki efek antibakteri yang dapat membantu mengobati jerawat, eksim, dan alergi kulit. 

Tak hanya baik untuk pemilik kulit kering, pelembap wajah alami juga dapat digunakan oleh jenis kulit lainnya karena dapat memberi kelembapan secara maksimal. 

Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai pelembap alami sebelum tidur di malam hari atau sesaat setelah mandi dan cuci muka. 

Bagi yang bermasalah dengan kulit tangan dan kaki pecah-pecah, oleskan minyak kelapa lalu bungkus menggunakan sarung tangan dan kaus kaki. 

4. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pelembap wajah alami. Gel dari tanaman lidah buaya mengandung lipid, vitamin, dan asam amino yang dipercaya dapat melembapkan kulit. 

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya, atau produk gel lidah buaya yang banyak dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan lidah buayanya sebanyak 100%, ya. 

Cukup oleskan lidah buaya pada permukaan kulit wajah dan tubuh yang kering. Diamkan beberapa saat sampai lidah buaya meresap dengan baik. Kemudian, bilas wajah sampai bersih.

5. Yogurt

Cara membuat pelembap wajah alami dari yogurt
Gunakan yogurt tanpa rasa sebagai pelembap alami untuk kulit kering

Tak hanya enak dikonsumsi, manfaat yogurt untuk kulit ternyata dapat digunakan sebagai bahan pelembap wajah alami. 

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Science membuktikan bahwa kandungan asam laktat pada yogurt dapat membantu melembapkan sekaligus membuat kulit tampak lebih segar dan halus. 

Anda bisa rutin menggunakan yogurt tanpa rasa sebagai pelembap alami dengan mengoleskannya ke kulit secara langsung. 

Pijat-pijat wajah dengan gerakan melingkar secara lembut. Diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air. 

6. Minyak almond

Mengoleskan minyak almond sebagai pelembap wajah alami dapat membantu mengurangi iritasi kulit dengan memberi efek melembapkan dan menenangkan pada kulit. 

Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa manfaat minyak almond dapat meringankan gejala psoriasis dan eksim sebagai cara cepat mengatasi masalah kulit ini.

7. Alpukat

Buah alpukat sebagai pelembap wajah alami
Alpukat mampu melembapkan kulit kering dan bersisik

Manfaat masker alpukat untuk wajah yang utama adalah melembapkan dan menutrisi kulit. Khasiat ini berasal dari berbagai kandungan antioksidan, seperti beta karoten, lecithin, asam linoleat, dan asam linoleat di dalamnya. 

Kandungan tersebut dipercaya mampu melembapkan kulit yang kering, bersisik, bahkan pecah-pecah. 

Kandungan vitamin A dan E pada alpukat juga mampu mencegah kulit kering dengan meningkatkan kelembapannya. 

Studi yang dimuat dalam Archives of Dermatological Research menyatakan bahwa kedua vitamin tersebut memiliki antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kulit rusak. 

Selain itu, buah alpukat juga merupakan sumber biotin yang baik. Jenis vitamin B kompleks ini diketahui dapat mencegah kulit kering. 

Manfaat alpukat sebagai pelembap wajah alami juga diyakini mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan, seperti yang disebut dalam studi di British Journal of Nutrition

Cara membuat pelembap wajah alami dari alpukat, yakni:

  • Siapkan 1 buah wortel yang sudah dikupas kulitnya, ½ buah alpukat, 1 sendok makan madu, ½ sendok makan minyak zaitun, dan 1 kuning telur.
  • Kukus wortel sampai cukup lunak, haluskan. Tumbuk alpukat dan wortel bersamaan hingga bertekstur seperti pasta, aduk hingga rata.
  • Tambahkan madu, telur, dan minyak zaitun, aduk merata semuanya hingga tercampur dengan baik.
  • Oleskan masker dari alpukat pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan pelembap alami ini agar meresap ke dalam kulit Anda selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat, lalu dilanjutkan dengan bilas air dingin.

8. Oatmeal

Masker oatmeal merupakan pelembap alami yang bisa digunakan pada kulit wajah dan tubuh untuk mengurangi iritasi kulit dan peradangan. 

Oatmeal mengandung saponin, yang berperan untuk mengemulsi kotoran dan minyak, sekaligus berperan sebagai pembersih wajah alami kulit kering. 

Masker oatmeal juga mengandung lipid alami yang mampu menghaluskan dan mengunci kelembapan kulit. 

Kemudian, kandungan beta-glukan pada oatmeal berfungsi untuk membentuk lapisan halus tidak hanya pada permukaan kulit, melainkan juga ke sel-sel kulit paling dalam sehingga mampu memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit.

Cara membuat pelembap wajah alami untuk kulit kering dari oatmeal, yakni gunakan 2 sendok makan oatmeal yang dicampur dengan 1 sendok teh air lemon dan 1 sendok makan madu. 

Haluskan oatmeal, air lemon, dan madu dalam sebuah mangkuk. Aduk merata sampai menjadi pasta masker yang kental. Oleskan masker pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan memutar searah jarum jam.

Diamkan sampai masker mengering. Bersihkan masker dengan air hangat sampai bersih. Keringkan wajah dengan menepuk-nepuknya secara lembut menggunakan handuk.

Ketahui risiko efek samping pembersih alami untuk kulit kering

Cara membuat pelembap wajah alami sendiri dari bahan-bahan yang ada di dapur memang mudah dilakukan. 

Namun, Anda perlu mewaspadai efek samping yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan pelembap muka alami ini. 

Sebab, walaupun dianggap lebih aman dan minim efek samping, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi, seperti kulit kemerahan dan gatal. 

Maka dari itu, sebelum digunakan pada wajah, ada baiknya mengoleskan pelembap alami untuk kulit kering ini ke area kulit lain, seperti belakang telinga atau punggung tangan untuk mengetahui reaksi kulit yang ditimbulkan. Kemudian, tunggu selama 24 jam.

Jika terjadi reaksi alergi, seperti kemerahan dan gatal, sebaiknya jangan menggunakannya pada wajah. Segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Anda tidak disarankan menggunakan pelembap muka alami bila ada luka terbuka di wajah. 

Baca Juga

  • 5 Langkah Aman dan Mudah Facial di Rumah
  • Ini 7 Cara Membuat Bibir Merah Merona Alami
  • Deretan Vitamin untuk Kulit Kering yang Bisa Bantu Melembapkan

Catatan dari SehatQ

Selain menggunakan pelembap alami untuk kulit kering di atas, Anda tetap perlu melakukan berbagai langkah pencegahan agar kulit tidak kering lagi, seperti menggunakan pelembap udara, membatasi waktu mandi, dan tidak menggaruk kulit.

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar keamanan dan efektivitas cara membuat pelembap wajah alami lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. 

Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan kulitkulit dan kecantikanmasker wajahperawatan wajah

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved