10 Pelembap Bibir Alami untuk Bibir Kering dan Pecah-Pecah Serta Cara Membuatnya


Cara membuat lip balm alami sendiri di rumah untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah tidak kalah manfaatnya dengan menggunakan produk lip balm yang ada di pasaran. Berbagai pilihan pelembap bibir alami adalah lidah buaya, madu, minyak kelapa, minyak zaitun, hingga shea butter.

0,0
22 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pelembap bibir alami bisa menjadi solusi rumahan untuk atasi bibir keringBibir kering dan pecah-pecah bisa diatasi dengan penggunaan pelembap bibir alami
Pelembap bibir alami mungkin bisa jadi alternatif cara melembapkan bibir kering dan pecah-pecah. Selain mudah ditemukan di dapur rumah, cara membuat pelembap bibir atau lip balm alami pun cenderung lebih aman digunakan. Meski demikian, Anda tetap perlu mempertimbangkan bahan-bahan alami yang digunakan. 

Kenapa perlu menggunakan pelembap bibir alami? 

Cara membuat pelembap bibir alami sendiri di rumah tidak kalah manfaatnya dengan menggunakan produk lip balm yang ada di pasaran.Pasalnya, tidak semua orang mungkin cocok dengan bahan-bahan kimia yang umum terkandung pada produk pelembap bibir komersial di pasaran.  Banyak orang yang memiliki reaksi negatif terhadap bahan kimia dan zat pewangi atau pengawet yang terdapat dalam produk pelembap bibir komersial. Beberapa produk pelembap bibir di pasaran ada yang mengandung bahan, seperti menthol, fenol, camphor, dan asam salisilat, yang berisiko menyebabkan bibir kering, sebagai salah satu reaksi alergi.Mengingat, kulit bibir umumnya cenderung sensitif, terutama bila sedang kering dan pecah-pecah, maka Anda memerlukan pelembap bibir alami buatan sendiri yang jauh lebih aman dan lembut di bibir. 

Cara membuat lip balm alami yang mudah di rumah

Walaupun tidak dapat dijadikan sebagai pengganti pengobatan medis yang utama, penggunaan pelembab bibir alami patut dicoba karena mudah ditemukan dan cenderung lebih aman digunakan.Sebelum mengoleskan pelembap bibir alami, Anda disarankan untuk membersihkan sel kulit mati pada bibir terlebih dahulu, misalnya, dengan menggunakan scrub bibirSebab, keberadaan sel kulit mati dapat menghambat proses pelembapan bibir Anda yang kering dan pecah-pecah.Setelah sel-sel kulit mati terangkat, barulah Anda dapat menggunakan pelembap bibir alami.Adapun pilihan dan cara membuat pelembap bibir alami yang bisa Anda lakukan di rumah adalah sebagai berikut. 

1. Lidah buaya

Salah satu cara membuat pelembap bibir alami bisa dengan lidah buaya. Lidah buaya diketahui mengandung antiradang dan antimikroba. Kedua kandungan tersebut yang dinilai mampu mencegah infeksi, serta melembapkan dan menghaluskan permukaan kulit bibir.Selain itu, manfaat lidah buaya untuk bibir juga mampu memerahkan bibir hitamakibat kondisi medis, secara alami. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Clinical and Aesthetic Dermatology menemukan bahwa kandungan aloesin dalam lidah buaya dipercaya dapat menghambat produksi melanin.Anda dapat mengoleskan lidah buaya  secara langsung dari tanamannya, atau gunakan gel lidah buaya yang banyak dijual di pasaran dengan kandungan aloe vera murni 100%. 

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa dijadikan sebagai pelembap bibir alami
Panaskan minyak kelapa lalu oleskan pada permukaan bibir
Minyak kelapa merupakan emolien yang diyakini sebagai pelembap bibir alami untuk menjaga kelembapan kulit. Maka, sangat ideal untuk melembapkan bibir kering dan pecah-pecah. Emolien sendiri berfungsi untuk melembutkan dan menenangkan permukaan kulit yang kasar dan kering. Emolien mampu mengisi ruang kosong pada kulit dengan lipid (zat berlemak) sehingga terasa lebih lembut.Selain itu, minyak kelapa mengandung asam lemak dan vitamin E yang mampu menutrisi lapisan kulit bibir paling luar dengan cara mengunci kelembapan. Untuk memperoleh manfaat minyak kelapa untuk bibir ini, Anda cukup mengoleskan minyak kelapa murni pada permukaan bibir yang sudah dibersihkan. Nantinya, minyak kelapa akan menjaga kelembapan pada bibir Anda, agar kulit tidak menjadi kering.

3. Timun

Tahukah Anda jika mentimun bisa digunakan sebagai pelembap bibir alami? Ya, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya diyakini dapat digunakan sebagai cara melembapkan bibir sekaligus memperbaiki tampilan bibir secara alami. 

4. Madu

Cara membuat pelembap bibir alami dari madu
Madu berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati
Anda mungkin sudah sering mendengar manfaat madu untuk bibir kering dan pecah-pecah sehingga kerap direkomendasikan sebagai pelembap bibir alami. Hasil studi yang dimuat dalam Central Asian Journal of Global Health membuktikan bahwa fungsi madu untuk bibir berasal dari kandungan antimikroba, antiradang, dan zat penyembuh luka di dalamnya. Manfaat madu untuk bibir sebagai pelembap bibir kering disebut efektif dalam melembapkan bibir dan melindunginya dari risiko infeksi. Tak hanya itu, madu juga dapat berperan sebagai eksfoliator yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit bibir yang kering.Anda perlu memilih jenis madu organik untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal. Lalu, oleskan pada permukaan bibir menggunakan jari atau cotton bud bersih. Lakukan langkah ini sepanjang hari secara rutin. Meski cara menggunakan madu sebagai pelembap bibir kering cenderung aman, orang-orang dengan alergi serbuk sari sebaiknya perlu menghindari langkah ini. 

5. Teh hijau

Cara membuat lip balm alami dari teh hijau juga bisa Anda coba di rumah. Manfaat teh hijau berasal dari kandungan mineral dan antioksidan, yakni polifenol, untuk mengurangi peradangan. Anda cukup merendam kantung teh hijau dengan air hangat terlebih dahulu, lalu gosokkan pada permukaan bibir untuk melembutkan dan menghilangkan kulit bibir yang kering. 

6. Avocado butter

Sebuah hasil studi International Journal of Research in Cosmetic Science membuktikan bahwa avocado butter alias mentega alpukat dapat bertindak sebagai emolien yang melembapkan bibir. Pelembap bibir alami ini mengandung asam lemak, termasuk asam oleat dan asam linoleat, serta antioksidan. Menariknya, avocado butter tidak terlalu berminyak dan mudah menyerap ke dalam kulit. 

7. Shea butter

Manfaat shea butter sebagai pelembap bibir alami
Buat lip balm alami dari shea butter, beeswax, dan lidah buaya
Shea butter juga dikenal sebagai pelembap bibir alami. Kandungan vitamin A dan E di dalamnya, diyakini dapat melembutkan dan melembapkan bibir kering dan pecah-pecah. Tak hanya itu, manfaat shea butter dapat mengangkat sel-sel kulit mati.Cara membuat pelembap bibir kering dari shea butter bisa menggunakan bahan alami lain, seperti minyak zaitun dan lilin lebah (beeswax), yakni sebagai berikut:
  • Lelehkan beeswax terlebih dahulu dengan cara dikukus. Jangan memanaskan beeswax langsung di atas api.
  • Panaskan shea butter dan minyak kelapa di wadah lain sampai meleleh, kira-kira selama 2-3 menit sambil diaduk.
  • Pindahkan shea butter dan minyak kelapa yang sudah meleleh ke wadah lain, dan tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun, aduk rata.
  • Tambahkan beeswax yang sudah dilelehkan ke campuran bahan tersebut. Aduk perlahan sampai rata.
  • Pindahkan shea butter ke wadah atau toples plastik, dan biarkan dingin selama setidaknya 4 jam.
  • Simpan lip balm di tempat yang sejuk dan kering.

8. Lilin lebah (beeswax)

Lilin lebah atau beeswax juga dianggap ampuh sebagai alternatif pelembab bibir alami. Sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Evidance-Based Complementary and Alternative Medicine, membuktikan bahwa lilin lebah mengandung hidrokarbon, asam lemak, dan komponen antibakteri lainnya yang bisa mencegah peradangan. Itu sebabnya, lilin lebah dipercaya bisa memberikan hasil yang memuaskan untuk bibir kering dan pecah-pecah.
Lilin lebah sebagai pelembap bibir alami
Lilin lebah dipercaya bisa melembapkan bibir kering dan pecah-pecah
Anda dapat melelehkan beeswax dengan cara dikukus, biarkan dingin, kemudian tempatkan pada wadah plastik untuk memudahkan dioles ke permukaan bibir. Cara membuat lip balm dari lilin lebah juga bisa dicampur dengan lidah buaya. Anda hanya membutuhkan 2 sendok teh minyak kelapa murni, 8-10 tetes minyak almond atau jojoba, 1 sendok teh lidah buaya, 1 sendok teh mentega shea (shea butter), ½ sendok teh lilin lebahAnda bisa membeli bahan-bahan tersebut di toko online. Kemudian, ikuti cara buat lip balm dari beeswax dan lidah buaya di bawah ini:
  • Pertama, lelehkan minyak kelapa dan shea butter di dalam panci kecil di atas api sedang.
  • Pastikan untuk mengaduk sesekali dan segera matikan api setelah minyak kelapa dan shea butter tercampur rata.
  • Tambahkan lidah buaya ke dalam campuran tersebut.
  • Terakhir, tambahkan beberapa tetes minyak almond atau minyak atsiri. Jangan gunakan minyak mentol karena justru dapat membuat bibir kering.
  • Jika sudah, sisihkan sementara waktu.
  • Masukkan ke dalam toples kaca dan dinginkan di dalam kulkas.
  • Setelah dingin selama beberapa saat, Anda dapat menggunakannya sebagai lip balm. 

9. Minyak zaitun

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga diyakini dapat digunakan sebagai pelembap bibir alami. Hal ini berkat kandungan vitamin E dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.Anda dapat mengoleskan sedikit tetesan minyak zaitun pada permukaan bibir dengan lembut. Lalu, diamkan selama beberapa jam, atau semalaman bila dilakukan pada malam hari.Akan tetapi, perlu diketahui bahwa belum banyak hasil studi yang membuktikan manfaat minyak zaitun untuk bibir ini sehingga penggunaannya belum tentu ampuh dalam melembapkan kulit. 

10. Tomat

Tomat adalah salah satu jenis buah yang sering digunakan untuk mengatasi bibir kering, sekaligus melembapkan bibir.Pasalnya, tomat mengandung vitamin C, yang berperan sebagai antioksidan dalam melawan kerusakan sel kulit.Anda cukup mengoleskan irisan buah tomat ke permukaan bibir, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas permukaan bibir dengan air. Lakukan langkah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ketahui risiko efek samping pelembap bibir alami

Cara membuat pelembap bibir dari bahan-bahan alami yang ada di dapur memang mudah dilakukan. Namun, Anda perlu mewaspadai efek samping yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan pelembap bibir dari bahan alami ini. Sebab, walaupun dianggap lebih aman dan minim efek samping, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi, seperti bibir gatal, kemerahan, sensasi perih, bahkan bisa semakin kering dan pecah-pecah. Maka dari itu, penting untuk melakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskan lip balm dari bahan alami di atas.Caranya, cukup oleskan salah satu pelembap bibir alami di atas ke punggung tangan dan tunggu reaksinya selama beberapa saat. Jika tidak ada reaksi apa-apa pada kulit yang diolesi bahan alami di atas, berarti Anda tergolong aman untuk menggunakannya. Akan tetapi, jika ada reaksi alergi, seperti kemerahan, gatal, dan perih, sesaat setelah menggunakannya, sebaiknya hindari penggunaannya pada bibir dan segera bilas kulit sampai bersih menggunakan air. [[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ

Walaupun bisa menjadi alternatif cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, berbagai pilihan pelembap bibir alami di atas tidak dapat menggantikan kondisi medis yang lebih serius. Untuk lebih amannya, Anda tetap perlu berhati-hati sebelum menggunakan produk bahan alami apa pun. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan lip balm dari bahan alami. Dengan demikian, manfaatnya bisa didapatkan dengan aman dan optimal.Jika masih punya pertanyaan seputar keamanan dan keefektifan cara membuat lip balm sendiri di rumah, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanbibir keringhiperpigmentasi bibir
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/home-remedies-for-chapped-lips
Diakses pada 8 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324281#natural-lip-remedies
Diakses pada 8 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beeswax-uses#for-lips
Diakses pada 8 Juni 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5141539/
Diakses pada 8 Juni 2020
Food NDTV. https://food.ndtv.com/beauty/home-remedies-natural-ways-to-treat-dry-damaged-lips-1773859
Diakses pada 8 Juni 2020
Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. https://www.hindawi.com/journals/ecam/2016/3816460/
Diakses pada 26 Juli 2021
Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5843359/
Diakses pada 26 Juli 2021
International Journal of Research in Cosmetic Science. https://www.researchgate.net/publication/301204451_Review_on_Natural_Lip_Balm
Diakses pada 26 Juli 2021
Central Asian Journal of Global Health. http://cajgh.pitt.edu/ojs/cajgh/article/view/241
Diakses pada 26 Juli 2021
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/190261-how-to-make-shea-butter-lip-balm/
Diakses pada 26 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-lips
Diakses pada 26 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/coconut-oil-for-lips#benefits
Diakses pada 26 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-lips#remedies
Diakses pada 26 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait