Disengat Ubur-Ubur? Segera Lakukan Ini!


Pertolongan pertama disengat ubur-ubur bukanlah dengan cara mengencingi sengatan ubur-ubur tetapi dengan mencabut sungut dan merendamnya di air yang hangat.

(0)
13 Nov 2019|Anita Djie
Disengat ubur-ubur perlu segera diobatisengat ubur-ubur dapat memberikan rasa sakit yang mengganggu
Laut adalah salah satu tempat yang pas untuk liburan. Pasir putih yang cantik, langit yang cerah, pohon kelapa yang berjejer serta melambai-lambai di tiup angin, dan air laut yang berkilauan memang cukup ampuh mengusir galau dan penat. Tapi jangan lupa, di laut ada beberapa hewan berbahaya yang suka berenang di laut yang dangkal dan bisa merusak suasana liburan Anda. Salah satunya ubur-ubur.Memang tidak semua ubur-ubur beracun, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa sengatan ubur-ubur beracun sangat berbahaya bagi manusia. Efek sengatannya bisa membuat seseorang mengalami alergi pada kulit hingga menyebabkan kematian.Untungnya, efek sengatan ini bisa diminimalisir jika Anda melakukan pertolongan pertama. Agar liburan Anda bisa berlibur di laut dengan tenang, yuk, ketahui cara memberikan pertolongan pertama saat disengat ubur-ubur.

Apakah disengat ubur-ubur berbahaya?

Ubur-ubur sejenis tentakel yang berfungsi untuk menangkap dan memangsa makanannya. Tentakl inilah yang terkadann bisa menyengat manusia saat berada di pantai. Faktanya, ubur-ubur yang sudah mati pun bisa menyengat jika Anda tidak sengaja menyentuhnya.Meskipun menyakitkan, efek sengata ubur-ubur jarang mengancam jiwa dan mudah diobati, sesuai dengan jenis spesies ubur-ubur yang menyengat Anda. Sebagian besar rasa sakit biasanya memuncak saat lima menit setelah sengatan terjadi dan akan hilang dalam beberapa jam. Biasanya, rasa sakit tidak akan bertahan lebih dari 24 jam.

Pertolongan pertama disengat ubur-ubur 

Sengatan ubur-ubur merupakan cara ubur-ubur untuk mempertahankan diri dan Anda bisa dianggap sebagai ancaman bagi ubur-ubur saat berenang di laut. Sebenarnya, tidak semua sengatan ubur-ubur berbahaya, beberapa hanya menimbulkan rasa tidak nyaman di kulit.Menerapkan pertolongan pertama disengat ubur-ubur penting dilakukan untuk menghindari komplikasi lainnya dan mengurangi ketidaknyamanan yang dialami.Tetapi jika Anda atau orang yang disengat ubur-ubur mengalami reaksi alergi yang parah, memiliki sengatan yang menutupi setengah bagian paha atau lengan, atau disengat oleh ubur-ubur beracun jenis Australian box jellyfish, segera hubungi rumah sakit atau petugas paramedis.Berikut adalah beberapa langkah pertolongan pertama disengat ubur-ubur yang bisa diterapkan sebelum mendapatkan penanganan medis lanjutan.

1. Keluar dari air

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya keluar dari air yang merupakan tempat habitat ubur-ubur agar bisa menghindari sengatan lainnya dan mendapatkan penanganan dengan segera.

2. Cabut bagian tentakel atau sungut 

Sebelum mencabut tentakel atau sungut dengan pinset, bilas bagian yang disengat ubur-ubur dengan cuka selama setidaknya 30 detik. Jangan mengelap sengatan ubur-ubur dengan handuk ataupun melapisinya dengan perban.

3. Rendam sengatan di air hangat

Rendam bagian yang disengat ubur-ubur dalam air hangat yang bersuhu sekitar 40-45 derajat celcius selama setidaknya 20 menit. Anda juga bisa berendam di air hangat selama setidaknya 20 sampai 45 menit.Bila tidak yakin dengan suhu air yang akan digunakan, setidaknya pastikan air hangat tidak sampai melukai kulit.

4. Atasi efek sampingnya

Setelah sudah memberikan penanganan di atas, Anda bisa melanjutkannya dengan memberikan salep hydrocortisone ataupun obat atau krim antihistamin untuk mengatasi pembengkakan dan rasa gatal.Bila sengatan tergolong ringan, obat atau krim antihistamin, obat penghilang rasa nyeri atau kompresan es batu bisa digunakan untuk mengatasi sengatan. Selalu bersihkan dan oleskan krim antibiotik pada sengatan sebanyak tiga kali sehari. Anda juga bisa melapisi sengatan dengan perban jika dibutuhkan.

5. Bawa ke rumah sakit

Sengatan yang parah atau sengatan yang diakibatkan oleh ubur-ubur beracun harus segera dibawa ke rumah sakit untuk diberikan antiracun dan penanganan lebih lanjut.Bila Anda disengat ubur-ubur di bagian mata, Anda bisa mencuci mata dengan air laut. Namun, Anda harus segera menelpon 112 atau mengunjungi dokter mata untuk mendapatkan penanganan berupa pembersihan mata dengan larutan air garam dan pemberian obat anti nyeri.

Apakah mengencingi sengatan ubur-ubur membantu?

Ada mitos yang mengatakan bahwa mengencingi sengatan ubur-ubur akan membantu mengatasi efek samping dari sengatan tersebut. Sayangnya, hal ini salah.Mengencingi sengatan ubur-ubur tidak memberikan dampak apapun pada bagian kulit yang tersengat. Mitos yang beredar di masyarakat ini berasal dari keyakinan bahwa air seni mengandung amonia dan urea yang dapat membantu meringankan efek sengatan ubur-ubur.Akan tetapi, air seni mengandung banyak air yang justru dapat melarutkan kandungan urea dan amonia sehingga tidak efektif untuk digunakan sebagai pertolongan pertama disengat ubur-ubur.Bahkan, mengencingi sengatan ubur-ubur berpotensi menggoyangkan tentakel atau sungut ubur-ubur yang malah dapat menyebarkan lebih banyak racun pada daerah yang disengat.Nah, dengan pengetahuan pertolongan pertama ini, Anda bisa liburan dan bermain air di laut dengan perasaan yang lebih tenang.
masalah kulitinfeksi kulithidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/does-peeing-on-a-jellyfish-sting-help#treatment
Diakses pada 08 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/jellyfish-sting#treatment
Diakses pada 08 November 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/jellyfish-stings/diagnosis-treatment/drc-20353290
Diakses pada 08 November 2019
WebMD. webmd.com/first-aid/jellyfish-stings-treatment
Diakses pada 08 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait