Payudara Nyeri Sebelah Kiri, Hati-hati dengan 7 Penyakit Ini

(0)
11 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Payudara nyeri sebelah kiri, ada berbagai macam penyakit yang harus diwaspadai.Payudara nyeri sebelah kiri tidak melulu menjadi gejala kanker.
Payudara nyeri sebelah kiri bisa menjadi pertanda adanya kondisi medis yang sedang diidap wanita. Tidak melulu kanker ataupun serangan jantung, masih banyak penyakit lain yang bisa menyebabkan payudara nyeri sebelah kiri.Beberapa penyakit bisa bersifat ringan, tapi ada juga yang serius dan memerlukan perawatan medis segera. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, penting bagi kaum hawa mengetahui penyebab payudara nyeri sebelah kiri ini.

Payudara nyeri sebelah kiri, apa yang menyebabkannya?

Bagian kiri tubuh di dekat payudara menjadi "rumah" dari banyaknya organ tubuh penting, termasuk jantung, pankreas, lambung, usus besar, paru-paru, hingga ginjal.Ketika wanita merasakan payudara nyeri sebelah kiri, bisa jadi penyebabnya berhubungan dengan berbagai macam organ vital yang telah disebutkan di atas.Perlu diketahui juga letak munculnya rasa nyeri itu, benar dari payudara atau di bagian bawah payudara.
Beberapa penyebab payudara nyeri sebelah kiri ini bisa bersifat ringan, tapi bisa juga serius. Untuk mengetahui pengobatan terbaiknya, dokter perlu menemukan penyebab nyeri tersebut. Berikut ini kemungkinannya.

1. Serangan jantung

Tenang, payudara nyeri sebelah kiri tidak selamanya menandakan serangan jantung. Namun, serangan jantung menjadi salah satu kemungkinan yang bisa menyebabkan payudara nyeri sebelah kiri. Sebab, jantung memang terletak di bagian kiri tubuh, di dekat payudara.Jika gejala seperti sesak napas, mual, muntah-muntah, rasa letih, dan rasa tidak nyaman muncul di lengan hingga menjalar rahang, bisa jadi itu tanda-tanda serangan jantung.Ketika merasakan payudara nyeri sebelah kiri beserta gejala serangan jantung di atas, Anda wajib segera datang ke rumah sakit untuk meminta pertolongan.

2. Perikarditis

Perikarditis adalah peradangan pada perikardium (membran dua lapis yang mengelilingi bagian terluar jantung). Rasa nyeri akan datang pada bagian dada sebelah kiri jika membran yang teriritasi bersentuhan dengan jantung. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari penyakit autoimun, infeksi, serangan jantung, hingga cedera di dada.Gejalanya merupakan rasa nyeri yang tajam di bagian dada. Rasa sakitnya bisa semakin parah saat Anda sedang merebahkan tubuh, batuk, atau menelan makanan. Selain itu, rasa nyerinya dapat menyebar ke area punggung, bahu, dan leher.Karena perikarditis berdampak pada jantung, maka penyakit ini juga bisa menjadi penyebab payudara nyeri sebelah kiri. Jangan buang waktu lagi, segera datang ke rumah sakit ketika merasakan gejala perikarditis di atas.

3. Precordial catch syndrome

Payudara nyeri
Payudara nyeri sebelah kiri
Precordial catch syndrome atau PCS adalah rasa nyeri pada dada yang diakibatkan oleh terjepitnya saraf dinding dada. PCS lebih sering terjadi pada anak kecil dan remaja.PCS dapat diakibatkan oleh postur tubuh yang kurang baik maupun cedera dada. Walaupun gejalanya menyerupai serangan jantung, PCS adalah kondisi medis yang tidak serius dan bisa sembuh dengan sendirinya. Gejalanya berupa rasa nyeri di bagian dada kiri, rasa sakit yang semakin parah saat menarik napas dalam, hingga demam. Umumnya, dokter akan meresepkan obat pereda nyeri seperti acetaminophen.

4. Pleurisi

Pleurisi atau pleuritis adalah kondisi medis yang disebabkan oleh peradangan membran yang melindungi paru-paru dan lapisan rongga dada. Penyebabnya bisa berupa infeksi virus, seperti flu biasa ataupun pneumonia.Gejalanya bermacam-macam, bisa rasa nyeri yang muncul saat bernapas, ataupun napas yang terengah-engah.
Pleurisi juga bisa menjadi penyebab payudara nyeri sebelah kiri. Jika ada gejala-gejala pleurisi yang Anda rasakan, ada baiknya tetap tenang dan memeriksakan diri dokter.

5. Costochondritis

Costochondritis adalah peradangan pada tulang rawan yang menyambungkan tulang rusuk ke tulang dada. Kondisi ini lebih sering dirasakan oleh wanita, terutama yang berusia 40 tahun ke atas.Payudara nyeri sebelah kiri menjadi gejala costochondritis yang sangat umum. Costochondritis bisa diakibatkan oleh cedera tulang rusuk, sering mengangkat benda berat, hingga radang sendi.Rasa nyeri yang diakibatkan costochondritis bisa terasa lebih sakit saat batuk atau bersin. Umumnya dokter akan memberikan obat pereda nyeri atau steroid.

6. Gastritis

Penyebab payudara nyeri sebelah kiri tidak melulu berasal dari jantung ataupun paru-paru. Bisa jadi, gastritis atau penyakit radang lambung yang menyebabkannya.Sebab, lambung berada di bagian tubuh sebelah kiri. Saat lambung mengalami peradangan akibat makanan pedas atau penyalahgunaan alkohol, maka rasa sakit bisa muncul.Gejala gastritis berupa mual, muntah, merasa kenyang (kembung), hingga rasa nyeri di bagian kiri atas tubuh.

7. Heartburn (nyeri ulu hati)

Ketika asam lambung mulai mengikis lapisan kerongkongan, akan ada rasa sensasi seperti terbakar dan nyeri di tenggorokan dan bagian dada sebelah kiri. Salah satu kemungkinan penyebab payudara nyeri sebelah kiri ini seringkali disalahartikan sebagai tanda serangan jantung.

Payudara nyeri sebelah kiri saat hamil

Payudara nyeri
Payudara nyeri sebelah kiri
Payudara nyeri sebelah kiri juga bisa terjadi saat wanita sedang hamil. Sebab, tekanan bisa muncul saat tubuh janin semakin membesar.Bahkan, gerakan bayi seperti menendang-nendang juga bisa menyebabkan payudara nyeri sebelah kiri. Rasa nyeri itu bisa semakin parah saat tubuh sang ibu condong ke depan.Otot dan jaringan tubuh pun bisa merenggang saat tubuh bayi mulai membesar di dalam rahim. Hal ini juga bisa menimbulkan rasa nyeri di payudara, terutama di bagian bawah.

Kapan harus ke dokter?

Payudara nyeri sebelah kiri adalah kondisi medis yang bisa menimbulkan banyak pertanyaan bagi wanita, salah satunya mengenai pentingnya memeriksakan diri ke dokter.Menurut medical editor SehatQ, dr. Karlina Lestari, penyebab payudara nyeri sebelah kiri memang bermacam-macam. "Yang perlu dikhawatirkan adalah, jika rasa nyeri pada dada kiri itu menjalar hingga ke rahang dan lengan," katanya.Anda juga harus waspada ketika merasakan nyeri seperti tertimpa beban berat, dan terasa sesak. Sebab, kondisi ini bisa menandakan serangan jantung. Dalam kondisi ini, Anda sebaiknya langsung mengunjungi dokter. Jika perlu, minta orang terdekat untuk mendampingi.Selain itu, jika beberapa hal ini terjadi saat payudara nyeri sebelah kiri, datanglah ke dokter untuk meminta pertolongan:
  • Sesak atau tekanan di dada, terutama kalau Anda memiliki riwayat penyakit jantung
  • Rasa nyeri di dada yang disertai keringat, mual, dan sesak napas
  • Sulit bernapas
  • Cedera pada dada
  • Perubahan pada tinja, seperti ada darah, berwarna hitam, dan berminyak
  • Rasa sakit pada dada yang tidak kunjung membaik walau sudah beristirahat
  • Rasa sakit yang menjalar ke bagian tubuh lainnya
Jika beberapa gejala di atas terjadi, jangan buang waktu lagi dan segera datang ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Catatan dari SehatQ:

Payudara nyeri sebelah kiri bukanlah kondisi medis yang boleh diremehkan. Mengingat penyebabnya bisa jadi berupa penyakit mematikan, periksakanlah diri ke dokter yang bisa mendiagnosis penyebab payudara nyeri sebelah kiri.Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka akan lebih mudah bagi dokter untuk memberikan perawatan yang tepat.
penyakit wanitakesehatan wanitapayudara
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320966
Diakses pada 28 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pain-under-left-breast
Diakses pada 28 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait