logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

Ini 8 Penyebab Payudara Kendur dan Cara Mencegahnya

open-summary

Penyebab payudara kendur atau turun antara lain pertambahan usia, kehamilan, bentuk payudara, berat badan berlebih, sampai gaya hidup tidak sehat. Wanita yang memiliki payudara besar lebih berisiko memiliki payudara yang kendur.


close-summary

16 Sep 2020

| Annisa Trimirasti

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Penyebab payudara kendur atau turun antara lain pertambahan usia, kehamilan, gaya hidup tidak sehat, dan berat badan berlebihan

Penyebab payudara kendur atau turun antara lain faktor usia, gaya hidup, dan keturunan

Table of Content

  • 8 Penyebab payudara kendur atau turun
  • Cara mencegah sekaligus mengatasi payudara kendur

Dalam dunia medis, payudara kendur disebut ptosis. Kondisi ini merupakan hal yang sangat umum terjadi sebagai proses penuaan. Meski demikian, payudara kendur juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lain.

Advertisement

Dimulai sejak pertengahan usia 30 an, payudara akan kehilangan jaringan lemaknya. Kondisi ini dapat menurunkan volume dan ukuran payudara. Kondisi ini pula membuat areola (bagian puting) tampak turun dan kendur.

Seiring penuaan, jumlah estrogen pun yang membantu menjaga bentuk dan elastisitas kulit payudara juga akan menurun. Tak hanya itu, pertambahan usia juga membuat ligamen yang menahan payudara (ligamen Cooper) juga akan terus meregang. Kedua hal ini turut membuat payudara menjadi kendur.

8 Penyebab payudara kendur atau turun

Penyebab Payudara kendur dan turun salah satunya usia tua
Penyebab payudara kendur salah satunya pertambahan usia

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan payudara kendur. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Usia

Pertambahan usia akan terjadi pada siapa saja dan payudara yang kendur atau turun merupakan proses alami dalam penuaan. Kondisi ini terutama tampak setelah menopause saat produksi hormon yang memengaruhi struktur dan volume payudara, menurun.

2. Bentuk dan ukuran

Payudara dengan ukuran lebih kecil dan bulat umumnya mempertahankan bentuknya lebih lama dari pada payudara berukuran besar dan lancip. Payudara berukuan besar juga lebih mungkin tertarik ke bawah, akibat gaya gravitasi, dibanding payudara berukuran kecil.

3. Indeks massa tubuh (IMT)

Wanita dengan indeks massa tubuh (IMT) lebih besar cenderung memiliki payudara yang lebih besar juga dibanding wanita dengan indeks massa tubuh kecil. Hal ini membuat wanita dengan IMT lebih besar lebih berpotensi mengalami payudara kendur.

4. Berat badan

Pertambahan atau penurunan berat badan dalam jangka waktu cepat bisa saja memengaruhi bentuk payudara seseorang. Kulit payudara bisa meregang dan mengerut akibat perubahan berat badan secara signifikan dan kondisi ini bisa memicu payudara cepat kendur dan turun.

5. Genetik

Selain bentuk, faktor genetik juga dapat memengaruhi ukuran payudara seseorang. Tidak hanya itu, berat badan dan kekuatan ligamen Cooper sebagai penyangga payudara juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Oleh karena itu, seseorang dengan yang memiliki keluarga dengan payudara kendur mungkin lebih berpotensi mengalami hal serupa.

6. Gaya hidup

Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, dapat memengaruhi tingkat elastisitas kulit, termasuk kulit payudara. Hal ini membuat wanita perokok lebih berpotensi mengalami payudara kendur dibanding mereka yang tidak merokok.

7. Kehamilan

Semakin sering Anda hamil, semakin berpotensi payudara menjadi kendur. Hal ini karena proses kehamilan dan menyusui membuat payudara lebih berisi untuk memfasilitasi kebutuhan janin dan bayi.

Namun setelah selesai menyusui, kulit payudara yang sudah tertarik dan saluran payudara yang tadinya penuh, tidak lagi terisi ASI, sehingga bisa kendur.

8. Olahraga

Beberapa jenis olahraga membutuhkan banyak pergerakan yang bisa menimbulkan tekanan berlebih pada ligamen payudara. Bila seseorang kerap melakukan olahraga tersebut, apalagi memiliki dada besar dan tanpa bra yang tepat, kebiasaan ini bisa menyebabkan payudara kendur atau turun.

BACA JUGA: Berbagai Cara Mengencangkan Payudara Tanpa Operasi

Cara mencegah sekaligus mengatasi payudara kendur

Payudara kendur bisa dicegah dengan memilih jenis bra yang tepat
Payudara kendur bisa dicegah dengan pemilihan bra yang tepat

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sekaligus mengatasi payudara yang mengendur dan turun:

  • Menjaga berat badan dalam rentang ideal dan sehat
  • Menggunakan jenis bra yang tepat, terutama saat berolahraga seperti jogging atau lari. Di saat tidak berolahraga pun, pilihlah bra yang nyaman. Ukuran bra yang tidak tepat justru bisa berdampak buruk pada kesehatan.
  • Berhenti merokok. Hal ini karena merokok mempercepat proses penuaan jaringan tubuh yang bisa menyebabkan payudara kendur.
  • Mencoba olahraga yang fokus pada otot dada atau otot pectoralis, seperti angkat beban dan push up. Olahraga ini dinilai dapat membantu mengangkat posisi payudara secara alami.

Baca Juga

  • Hot Flashes saat Menopause, Apa Penyebab dan Gejalanya?
  • Kupas Tuntas Segala Hal Tentang Selaput Dara pada Wanita
  • Bisa Berubah-Ubah Setiap Hari, Ini Rasa Vagina dan Vulva

Payudara kendur atau turun tidak menyebabkan masalah kesehatan secara langsung namun kondisi ini bisa mengganggu penampilan Anda dan menurunkan rasa percaya diri. Nah, dengan mengetahui penyebab kondisi ini, diharapkan dapat melakukan pencegahan sedari dini.

Namun bila pencegahan atau penanganan secara mandiri tidak memberikan hasil yang maksimal, Anda bisa mendiskusikan langkah-langkah medis dengan dokter untuk mengatasi payudara kendur.

Langkah penanganan tersebut bisa berupa terapi hormon ataupun operasi plastik. Pastikan untuk mendiskusikan setiap langkah medis yang akan Anda jalani sehingga pilihan tepat dan bijak.

Advertisement

kesehatan wanitapayudara

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved