Payudara Gatal Saat Hamil? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

(0)
Payudara gatal saat hamil adalah kondisi yang umum terjadi pada ibu hamilBiasanya penyebab payudara gatal saat hamil adalah perubahan hormon
Payudara gatal saat hamil adalah salah satu perubahan pada tubuh yang dialami oleh sebagian para calon ibu. Meski kondisi ini umum terjadi dan tidak membahayakan, kemunculannya bisa membuat tidak nyaman. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Penyebab payudara gatal saat hamil

Memasuki masa kehamilan, ada beberapa bagian tubuh yang mengalami perubahan. Salah satunya terjadi pada payudara.Tak hanya ukuran payudara yang semakin membesar, beberapa calon ibu mungkin mengalami payudara gatal saat hamil.Kondisi ini umum terjadi dan tidak membahayakan karena payudara sedang bersiap untuk menunggu kelahiran bayi.
Payudara gatal saat hamil disebabkan oleh perubahan hormon
Payudara gatal saat hamil merupakan hal yang normal
Umumnya, penyebab payudara gatal saat hamil disebabkan oleh perubahan hormon.Akan tetapi, pada beberapa kondisi, payudara gatal saat hamil dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu.Berikut adalah penyebab payudara gatal saat hamil selengkapnya, mulai dari yang paling umum hingga kondisi medis tertentu.

1. Perubahan hormon

Penyebab payudara gatal saat hamil adalah perubahan hormon disertai lonjakan kadar progesteron dan estrogen yang drastis.Tak ayal jika Anda akan mengalami payudara gatal saat hamil disertai area kulit puting susu yang tampak menggelap. 

2. Peregangan kulit

Payudara gatal saat hamil juga dapat disebabkan oleh peregangan kulit.Seiring dengan pertumbuhan janin dan kenaikan berat badan saat hamil, kulit tubuh Anda akan mengalami peregangan.Peregangan kulit inilah yang menimbulkan stretch mark sehingga menyebabkan rasa gatal muncul. Beberapa stretch mark biasanya akan muncul pada payudara.

3. Eksim

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, payudara gatal saat hamil bisa menandakan adanya masalah kesehatan lain. Misalnya, eksim.Eksim adalah gangguan kulit yang ditandai dengan kulit gatal, ruam, mengelupas, memerah, hingga adanya benjolan kecil. Gejala eksim dapat terjadi pada bagian kulit mana pun, tak terkecuali di payudara.Umumnya, eksim lebih mungkin terjadi pada wanita yang pernah mengalami eksim sebelumnya. Kondisi ini dapat terjadi pada kehamilan pertama kali.Menurut sebuah studi, sebanyak 20-40 persen wanita yang mengalami eksim saat hamil sudah memiliki riwayat eksim sebelum kehamilan.

4. Pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPPP)

Penyebab gatal saat hamil berikutnya adalah PUPPP. PUPPP adalah gangguan kulit yang ditandai dengan adanya benjolan kecil di kulit yang gatal.Mulanya benjolan kecil akan muncul di sekitar perut. Lalu, menyebar ke area payudara, paha, dan bokong.Sayangnya, penyebab PUPPP masih belum dapat diketahui secara pasti.

5. Prurigo

Prurigo juga bisa menjadi penyebab payudara gatal saat hamil.Prurigo adalah penyakit kulit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh merespons perubahan hormon di dalam tubuh yang berubah selama kehamilan.Prurigo ditandai dengan adanya benjolan kecil menyerupai gigitan serangga sehingga menimbulkan rasa gatal. Benjolan kecil ini bisa muncul di dada dan area tubuh lainnya.Pada awal usia kehamilan, biasanya jumlah benjolan kecil yang muncul hanya sedikit. Namun, seiring berjalannya waktu, benjolan kecil bisa menyebar dan bertambah banyak.Bahkan, pada beberapa kasus, prurigo tetap muncul selama beberapa bulan walaupun Anda sudah melahirkan.

6. Intertrigo

Selain prurigo, intertrigo juga menjadi penyebab payudara gatal saat hamil.Anda bisa mengalami intertrigo apabila kulit terasa lembap, berkeringat, dan adanya gesekan. Intertrigo ditandai dengan ruam merah di payudara disertai rasa gatal.

Di usia kehamilan berapa payudara gatal saat hamil terjadi?

Penyebab payudara saat hamil dapat terjadi pada usia kehamilan berapa pun
Payudara gatal saat hamil semakin parah jelang persalinan
Perubahan pada payudara saat hamil, termasuk rasa gatal, dapat muncul di usia kehamilan berapa pun.Tak terkecuali pada minggu-minggu awal kehamilan. Hal ini tentu dapat terjadi akibat perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.Namun, payudara gatal saat hamil mungkin terasa semakin parah dan tidak nyaman memasuki usia trimester kehamilan ketiga atau menjelang waktu persalinan.

Cara mengatasi payudara gatal saat hamil

Meski bukan kondisi yang membahayakan, payudara gatal saat hamil dapat membuat tidak nyaman. Nah, ada beberapa cara mengatasi payudara gatal saat hamil yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Oleskan lotion pelembap

Salah satu cara mengatasi payudara gatal saat hamil adalah dengan mengoleskan lotion pelembap.Gunakan lotion pelembap yang mengandung cocoa butter, shea butter, minyak zaitun, minyak jojoba, minyak vitamin E, aloe vera, lanolin atau petroleum jelly, dan lotion calamine.
Payudara gatal saat hamil bisa diatasi dengan penggunaan pelembap
Pilihlah pelembap dengan kandungan yang ringan
Anda juga bisa mempertimbangkan lotion pelembap dengan kandungan asam laktat, asam hialuronat, gliserin, dan dimethicone.Berbagai kandungan tersebut diyakini dapat membantu menenangkan kulit gatal di area payudara.Sebaiknya, hindari lotion pelembap yang mengandung wewangian atau alkohol karena rentan membuat kulit Anda semakin kering.Anda dapat mengoleskan pelembap sesaat setelah mandi di pagi dan sore hari.

2. Gunakan bra yang longgar

Cara mengatasi payudara gatal saat hamil berikutnya adalah menggunakan bra yang longgar dan nyaman.Bahan bra payudara yang nyaman memudahkan kulit area payudara bernapas sehingga adanya keringat yang muncul tidak terperangkap di dalamnya.Selain itu, ukuran payudara ibu hamil juga berubah seiring bertambahnya usia kehamilan.Jadi, pertimbangkan mengganti bra yang lebih nyaman dan tidak terlalu ketat.

3. Gunakan sabun yang lembut

Cara mengatasi payudara gatal saat hamil adalah menggunakan sabun yang lembut
Pemilihan sabun mandi yang lembut bisa mengatasi payudara gatal saat hamil
Menggunakan sabun yang lembut juga menjadi cara mengatasi payudara gatal saat hamil.Ini termasuk sabun yang digunakan saat mandi dan sabun deterjen pakaian.Sabun dengan kandungan yang ringan tanpa pewangi dan pewarna dapat mencegah payudara gatal saat hamil.

4. Hindari mandi dengan air hangat

Mandi air hangat dapat menyebabkan kulit kering. Jadi, sebaiknya hindari mandi air hangat terlalu sering sebagai cara mengatasi payudara gatal saat hamil.Batasi mandi selama 5-10 menit. Mandi terlalu lama dapat membuat kulit kering sehingga rentan menyebabkan gatal, termasuk di area payudara.

5. Minum lebih banyak air

Minum banyak air bisa jadi cara mengatasi payudara gatal saat hamil
Ibu hamil disarankan untuk lebih banyak minum air
Minum lebih banyak air juga menjadi cara mengatasi payudara gatal saat hamil.Menjaga asupan cairan tubuh dapat membuat kulit sehat dan terhindar dari iritasi.Ibu hamil disarankan untuk minum air 10 gelas per hari agar tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari konstipasi.Payudara gatal saat hamil merupakan kondisi yang umum terjadi dan cenderung tidak membahayakan.Akan tetapi, jika Anda merasa tidak nyaman dengan gejalanya dan mencurigai payudara gatal saat hamil disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, segera konsultasikan dengan dokter.Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai payudara saat hamil atau kondisi kesehatan lainnya melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
hamilkehamilangatalibu hamilpayudara
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/itchy-breast-pregnancy#treatment
Diakses pada 2 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/eczema-during-pregnancy#symptoms
Diakses pada 2 Oktober 2020
American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/breast-changes-during-pregnancy-960
Diakses pada 2 Oktober 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/ways-ease-trauma-itching-breasts-pregnancy_0085549/
Diakses pada 2 Oktober 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1925231/
Diakses pada 2 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait