Payudara Gatal Pertanda Kangen: Mitos atau Fakta?


Payudara terasa gatal bisa dialami oleh siapa saja. Bahkan, ada mitos yang menyertainya mulai dari kangen seseorang hingga prediksi hal buruk. Padahal bukan itu sebabnya.

(0)
16 Feb 2021|Azelia Trifiana
Payudara gatal bukanlah pertanda kangenPayudara gatal bukanlah pertanda kangen
Tak perlu malu, rasa gatal di payudara bisa dialami oleh siapa saja. Bahkan, sampai banyak mitos menyertainya, yang paling populer adalah payudara gatal pertanda kangen. Padahal, bukan itu pemicunya.Beberapa penyebab payudara gatal sangat beragam mulai dari iritasi kulit hingga yang lebih langka berkaitan dengan kanker payudara.

Penyebab payudara gatal

Ada beberapa hal yang memicu payudara terasa gatal, seperti:

1. Dermatitis atopik

Dermatitis atopik merupakan penyebab paling umum yang memicu rasa gatal di payudara atau puting. Ini disebut juga dengan eksim, yaitu terjadinya peradangan di kulit. Gejala yang muncul juga bisa disertai dengan kulit kering dan ruam kemerahan.

2. Alergi

Payudara gatal juga bisa terjadi karena reaksi alergi terhadap bahan bra yang digunakan, parfum, sabun mandi, dan juga deterjen. Apabila ini yang terjadi, coba runut apa saja produk baru atau yang mungkin berpotensi menimbulkan alergi.

3. Kehamilan

Saat hamil, kemungkinan merasakan gatal di payudara juga meningkat. Tak hanya itu, payudara juga lebih sensitif serta ukurannya membesar karena bersiap untuk mengeluarkan ASI seusai persalinan. Ketika ukuran payudara membesar inilah peregangan kulit bisa menimbulkan sensasi gatal.

4. Mastitis

Infeksi jaringan payudara yaitu mastitis umumnya dialami ibu yang baru melahirkan. Pemicunya adalah sumbatan pada saluran payudara hingga terinfeksi bakteri. Kerap kali, mastitis juga disertai dengan demam, payudara terasa hangat, dan rasa nyeri luar biasa.

5. Gigitan serangga

Beberapa jenis gigitan serangga juga bisa menjadi penyebab gatalnya payudara. Coba perhatikan apakah ada benjolan berwarna kemerahan bekas gigitan? Selain itu, apabila ada banyak benjolan di tempat yang sama, bisa jadi gigitan kutu kasur.

6. Kanker payudara

Meskipun langka, payudara gatal juga bisa menjadi gejala terjadinya kanker. Tipe kanker ini disebut Paget’s disease yang secara spesifik terjadi di bagian puting. Terkadang, ditemukan pula tumor ganas di bagian payudara.Gejala awal Paget disease serupa dengan eksim. Selain itu, ada pula gejala lain seperti:
  • Puting datar
  • Payudara memerah
  • Muncul benjolan
  • Keluar cairan dari puting
  • Perubahan warna kulit di payudara atau puting
  • Perubahan tekstur payudara

Mitos seputar payudara

wanita berkaus putih
Payudara gatal seringkali dikaitkan dengan mitos
Bukan hanya mitos payudara gatal dianggap sebagai tanda seseorang memendam kerinduan membuncah, ada juga beberapa mitos lain seputar payudara, seperti:
  • Hidup sejahtera

Ada mitos bahwa payudara kiri terasa gatal yang dialami seorang remaja perempuan berarti kelak akan memiliki hidup sejahtera. Tak hanya itu, mitos ini bahkan juga dikaitkan dengan prediksi akan menikah dengan sosok yang kaya raya.
  • Jatuh cinta

Mitos berikutnya dianggap bisa terjadi pada siapa saja, bukan hanya remaja perempuan. Ketika payudara terasa gatal, bisa jadi tanda bahwa akan bertemu dengan orang yang disukai alias gebetan. Tak hanya itu, rasa gatal ini juga terkadang dikaitkan dengan momen saat orang yang ditaksir sedang memikirkan dirinya.
  • Mimpi sang mantan

Uniknya, payudara gatal juga menurut mitos dikaitkan dengan kisah cinta dengan mantan. Ada anggapan bahwa ketika seorang perempuan merasa payudaranya gatal, artinya mantan sedang bermimpi ingin berkencan dengan mereka.
  • Prediksi hal baik dan buruk

Apabila payudara sebelah kiri terasa gatal di pagi hari, diramalkan sebagai pertanda akan mengalami hal baik. Bukan hanya dalam hal hubungan asmara dan persahabatan saja, tapi juga karir hingga kondisi finansial.  Sebaliknya apabila payudara kiri terasa gatal di sore hari, dianggap pertanda terjadinya hal buruk, karir berantakan, perselingkuhan, hingga rusaknya hubungan dengan orang terdekat.

Kapan harus periksa ke dokter?

Kembali ke fakta, lalu kapan seseorang harus memeriksakan diri ke dokter ketika merasakan gatal di payudara? Beberapa indikatornya adalah:
  • Keluar cairan berwarna kuning atau cokelat
  • Puting menjadi rata
  • Payudara terasa nyeri
  • Perubahan tekstur kulit sehingga tampak seperti kulit jeruk
  • Jaringan payudara menebal
Dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan pemicunya. Apabila terjadi karena infeksi bakteri penyebab mastitis, maka perlu diresepkan antibiotik yang harus dihabiskan.Sementara masalah yang lebih langka namun serius seperti kanker atau Paget disease akan diatasi dengan terapi radiasi, kemoterapi, hingga operasi pengangkatan payudara.Di sisi lain, jika payudara gatal terjadi karena masalah kulit saja, bisa diatasi dengan membasuh payudara dengan sabun lembut dan air hangat. Apabila diperlukan, dokter juga bisa meresepkan krim topikal yang dapat meredakan peradangan.

Anda juga perlu tahu bagaimana cara menghindari pemicu terjadinya payudara gatal, seperti mengganti produk yang bisa jadi penyebab alergi hingga konsultasi ke dengan ahli laktasi untuk tahu cara menyusui yang tepat.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar gejala payudara gatal, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan wanitakanker payudaramastitis
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-breast-or-nipple
Diakses pada 29 Januari 2021
Women’s Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/health/a23875554/itchy-nipples/
Diakses pada 29 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319538
Diakses pada 29 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait