Patut Dicoba di Rumah, Ketahui Manfaat Baby Oil untuk Rambut Lembut dan Kuat

(0)
26 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat baby oil untuk rambut adalah melembapkan sekaligus menguatkan rambutBaby oil bersifat hipoalergenik sehingga aman digunakan untuk rambut
Jika Anda sering mengikuti tren dalam perawatan tubuh, Anda mungkin sering melihat klaim manfaat baby oil. Tak hanya untuk kulit, baby oil juga banyak diaplikasikan untuk menjaga kesehatan rambut. Apa saja klaim manfaat baby oil untuk rambut?

Baby oil untuk rambut, amankah?

Baby oil adalah minyak mineral buatan yang didesain aman untuk kulit bayi. Seperti petroleum jelly, baby oil dibuat dari sisa produk pengolahan minyak tertentu. Sisa produk tersebut kemudian diolah lagi sedemikian rupa agar aman untuk kulit bayi dan penggunaan lain dalam kecantikan.Salah satu perusahaan produsen baby oil menyebutkan, baby oil sudah menjalani pemeriksaan oleh dokter kulit sehingga aman digunakan. Baby oil juga bersifat hipoalergenik, di mana minyak ini memiliki formula yang ringan dan cenderung tak menimbulkan reaksi alergi kulit pada sebagian besar orang. Baby oil juga biasanya tidak mengandung zat kimia berbahaya, seperti paraben, pewarna, pewangi, dan phthalate (bahan pelunak plastik). Karena dinyatakan aman untuk kulit bayi, maka penggunaan baby oil untuk rambut juga cenderung aman. Bahkan, beberapa produsen perawatan rambut juga mencampurkan baby oil dalam produk-produk mereka.

Klaim manfaat baby oil untuk rambut

Manfaat baby oil untuk rambut diklaim mirip dengan minyak tanaman. Berikut ini manfaat baby oil untuk rambut yang menarik dicoba: 

1. Melembapkan rambut

Salah satu klaim manfaat baby oil untuk rambut adalah membantu melembapkan helaiannya. Baby oil membantu menciptakan barrier pada kulit sehingga mencegah hilangnya kelembapan akibat penguapan. Bahkan, baby oil turut melindungi hilangnya kelembapan rambut akibat sinar matahari dan angin.

2. Mengatasi ketombe

Baby oil dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe
Baby oil dapat membantu menyingkirkan ketombe pada anak-anak dan orang dewasa
Minyak mineral seperti baby oil diyakini membantu masalah kulit kepala pada bayi, seperti kulit kepala bayi berkerak. Kondisi ini juga menyerupai ketombe sehingga baby oil berpotensi untuk mencegah dan menyingkirkan ketombe pada anak-anak dan orang dewasa

3. Menenangkan kulit kepala yang kering

Kondisi kulit kepala yang kering dapat berujung pada ketombe. Kulit kepala yang kering juga mengganggu pertumbuhan rambut karena merusak akar-akar di bawahnya. Dengan efek melembapkan tersebut, baby oil berpotensi untuk mencegah kulit kepala dan akar rambut kering .

4. Melembutkan rambut

Anda bisa mencoba mengoleskan sedikit baby oil setelah mandi dan membersihkan rambut. Pasalnya, minyak mineral ini membantu menutup masing-masing kutikula di tiap helainya. Efek ini berpotensi untuk membuat rambut terlihat lembut, bersinar, dan tidak terlalu mengembang.

5. Menguatkan rambut

Menggunakan baby oil untuk rambut juga berpotensi untuk menguatkannya. Pasalnya, minyak mineral ini membantu membuat ‘menutupi’ pori-pori rambut dan menurunkan risiko penyerapan air terlalu banyak. Pori-pori rambut memang dapat menyerap air yang berujung pada rambut lemah dan rusak.

6. Melindungi rambut

Apabila Anda takut rambut rusak sebelum berenang, maka Anda bisa mencoba mengoleskan baby oil pada rambut. Pasalnya, mengaplikasikan baby oil pada rambut sebelum berenang dapat melindunginya dari zat-zat kimia seperti klorin yang biasanya ditambahkan sebagai penjernih air kolam renang.

7. Menyingkirkan kutu rambut

Baby oil dapat menyingkirkan kutu rambut yang membuat kepala sering gatal
Penggunaan baby oil bisa dicoba untuk mengatasi kutu rambut penyebab kepala gatal
Baby oil juga berpotensi untuk menyingkirkan kutu rambut dan telurnya. Anda bisa mencobanya dengan mengoleskan baby oil dari kulit kepala ke ujungnya dan tunggu hingga 8 jam kemudian bilas. Potensi manfaat baby oil ini akan lebih optimal jika dikombinasikan bersama kandungan spesifik untuk atasi kutu rambut.

Tips menggunakan baby oil untuk rambut

Apabila Anda tertarik mendapatkan manfaat baby oil untuk rambut, tips berikut ini bisa dilakukan:
  • Tuang sekitar 2 sampai 4 sendok makan baby oil ke wadah
  • Hangatkan baby oil dengan microwave selama 10 hingga 15 detik
  • Oleskan baby oil dengan lembut ke kulit kepala dan lakukan pijatan dengan jari-jari. Mulailah dari garis rambut dan lanjutkan ke bagian belakang leher.
  • Oleskan pula ujung rambut dengan sisa baby oil. Fokuskan pada area rambut yang lebih kering atau rusak.
  • Tutupi kepala dan rambut dengan handuk atau shower cap
  • Biarkan masker baby oil di rambut semalaman atau selama beberapa jam
  • Apabila sudah puas, cuci rambut dengan hati-hati menggunakan sampo. Pastikan rambut bersih dari sisa baby oil.
  • Aplikasikan kondisioner dan tata rambut Anda seperti biasa

Perhatikan ini sebelum gunakan baby oil untuk rambut

Seperti minyak-minyak lain, baby oil dapat menyumbat pori-pori kulit kepala. Efek ini berisiko mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan jerawat jika minyak mengenai garis rambut atau dahi. Terlalu banyak menggunakan baby oil juga dapat membuat rambut Anda terlihat dan terasa berminyak.Setelah penggunaan baby oil, Anda harus membersihkan rambut dengan hati-hati. Gunakan air hangat dan banyak sampo dalam pembersihan ini. Pijat kulit kepala dan rambut dengan lembut untuk memastikan baby oil terangkat dengan sempurna. Apabila rambut memang cenderung berminyak, Anda mungkin perlu keramas hingga dua kali.Penting pula untuk diingat bahwa baby oil dapat memicu risiko alergi bagi beberapa orang. Dengan begitu, Anda harus melakukan tes patch di lengan selama 24 jam. Apabila tidak muncul reaksi, bisa dipastikan baby oil aman untuk kulit.

Catatan dari SehatQ

Baby oil untuk rambut menawarkan beberapa potensi manfaat yang menarik untuk dicoba, mulai dari melembutkan hingga mengatasi ketombe. Namun, seperti kebanyakan minyak lain, baby oil juga memiliki risiko menyumbat pori-pori kulit dan alergi.
rambut rontokkesehatan rambutrambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/baby-oil-for-hair
Diakses pada 13 Agustus 2020
Naturally Curly. https://www.naturallycurly.com/curlreading/regimen/baby-oil-to-be-or-not-to-be-in-natural-hair
Diakses pada 13 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/features/what-are-phthalates
Diakses pada 13 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait