Patologi Adalah Cabang Ilmu Penting dalam Kedokteran, Kenali Berbagai Bidangnya


Patologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari penyebab, asal, dan sifat penyakit. Ada delapan bidang utama patologi yang dibagi berdasarkan metode dan jenis penyakit.

0,0
12 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cabang ilmu patologi kerap melibatkan pemeriksaan laboratoriumPemeriksaan laboratorium merupakan salah satu pemeriksaan yang sering dilakukan dokter patologi
Pernahkah Anda mendengar istilah patologi dalam bidang kesehatan? Patologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari penyebab, asal, mekanisme, dan sifat penyakit. Proses mempelajari dan mendiagnosis penyakit ini dapat melibatkan pemeriksaan jaringan (sampel biopsi), organ, cairan tubuh, hingga autopsi.Seorang dokter patologi memiliki spesialisasi dalam berbagai jenis penyakit, termasuk kanker. Sebagian besar diagnosis kanker bahkan diberikan oleh dokter patologi. Diagnosis tersebut dapat dilakukan dengan mengamati pola seluler pada sampel jaringan di bawah mikroskop.

Pendidikan dokter patologi

Berikut adalah pendidikan yang perlu diambil untuk menjadi seorang dokter spesialis patologi di Indonesia.
  • Menjalani pendidikan kedokteran umum selama sekitar 4 tahun untuk mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Kedokteran (S. Ked.)
  • Menjalani masa co-ass untuk mendapatkan gelar dokter (dr.)
  • Mengikuti ujian untuk mendapatkan lisensi medis
  • Menjalani pendidikan spesialis patologi. Spesialisasi patologi anatomi (Sp. PA) umumnya ditempuh selama 7 semester, sementara spesialisasi patologi klinik (Sp. PK) umumnya ditempuh selama 8 semester.
Seorang spesialis patologi klinik dapat mengambil subspesialisasi untuk menjadi pakar di bidang yang diinginkan dengan menempuh pendidikan tambahan selama 4 semester.Sebagai contoh, subspesialisasi patologi klinik yang tersedia di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah subspesialis bank darah dan kedokteran transfusi, subspesialis penyakit infeksi, subspesialis hematologi, subspesialis onkologi, subspesialis imunologi, serta subspesialis endokrinologi dan metabolisme.

Bidang-bidang dalam patologi dan fokusnya

Patologi dibagi berdasarkan metode yang digunakan atau jenis penyakit yang diperiksa. Berikut adalah delapan bidang utama yang dipelajari dalam cabang ilmu ini.

1. Patologi umum

Patologi umum merupakan bidang yang kompleks dan luas, melibatkan studi tentang mekanisme di balik gangguan sel dan jaringan, serta menganalisa respons tubuh dan cara memperbaiki cedera.Patologi umum merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan patologi anatomi dan klinis. Seseorang yang mendalami bidang patologi umum dilatih pada bidang analisis laboratorium, seperti hematologi dan kimia klinis.

2. Patologi anatomi

Bidang patologi anatomi berkaitan dengan studi dan diagnosis penyakit melalui analisis mikroskopis terhadap sampel cairan tubuh, organ jaringan, dan kadang-kadang seluruh tubuh (otopsi).Bidang patologi ini dapat dibagi menjadi beberapa disiplin ilmu, yakni histologi, sitologi dan patologi forensik.

3. Patologi klinik

Patologi klinik adalah ilmu yang berkaitan dengan analisis terhadap cairan tubuh, seperti darah, urine, dan jaringan untuk mendiagnosis penyakit. Contoh informasi dari patologi klinik meliputi hitung darah dan pembekuan darah.Dokter spesialis patologi klinik biasanya terlatih dalam mikrobiologi, hematologi, atau bank darah. Akan tetapi, mereka tidak punya tingkat keahlian yang sama dengan seseorang yang memiliki spesialisasi pada bidang-bidang tersebut.

4. Biokimia

Ahli biokimia (patologi kimia) memeriksa semua aspek penyakit dan mengidentifikasi perubahan berbagai zat yang ditemukan dalam darah dan cairan tubuh, seperti protein, hormon, dan elektrolit.Perubahan tersebut dapat memberikan petunjuk tentang penyakit atau risiko penyakit. Misalnya, menilai kadar kolesterol dan trigliserida untuk menentukan risiko penyakit jantung.

5. Patologi genetika

Ahli patologi genetika dapat melakukan tes pada kromosom, penanda biokimia, atau DNA yang diambil dari cairan tubuh dan jaringan untuk mendeteksi penyakit genetik. Tiga cabang utama patologi genetika, di antaranya:
  • Sitogenetika: analisis kelainan kromosom pada tingkat mikroskopis.
  • Genetika biokimia: pencarian penanda penyakit tertentu menggunakan teknik biokimia.
  • Genetika molekuler: mutasi gen dicari dan dianalisis menggunakan teknologi DNA.

6. Patologi hematologi

Patologi hematologi berkaitan dengan berbagai aspek penyakit yang berbeda yang memengaruhi darah, termasuk gangguan perdarahan, masalah pembekuan darah, dan anemia. Contoh tes yang dapat dilakukan ahli patologi hematologi adalah tes pembekuan darah.

7. Patologi imunologi

Ahli patologi imunologi dapat melakukan tes fungsi kekebalan untuk menentukan apakah pasien menderita alergi atau tidak dan jenis alerginya. Mereka juga dapat mendeteksi gangguan autoimun, seperti rheumatoid arthritis, diabetes tipe 1, dan lupus.

8. Patologi mikrobiologi

Patologi mikrobiologi berkaitan dengan penyakit yang disebabkan oleh agen patogen, seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur. Sampel dapat diuji untuk menentukan adanya infeksi atau tidak. Dokter spesialis patologi mikrobiologi juga memiliki peran dalam:

Cabang-cabang patologi dan contoh penerapannya

Pemeriksaan pap smear
Pemeriksaan pap smear masuk dalam ranah sitopatologi.
Berikut adalah beberapa cabang dari ilmu patologi yang perlu Anda ketahui.

1. Patologi bedah

Fokus utama patologi bedah adalah pemeriksaan jaringan untuk mendiagnosis penyakit. Contohnya adalah biopsi untuk diagnosis kanker dan otopsi untuk menentukan sebab kematian.

2. Sitopatologi

Sitopatologi mempelajari dan mendiagnosis penyakit pada tingkat sel. Cabang patologi ini biasanya digunakan untuk membantu diagnosis kanker, penyakit menular tertentu, dan kondisi peradangan lainnya. Contoh tindakan dalam sitopatologi adalah pap smear untuk memeriksa kanker serviks.

3. Patologi molekuler

Patologi molekuler menekankan diagnosis penyakit melalui pemeriksaan molekul yang menyusun berbagai organ, jaringan, atau cairan tubuh. Pemeriksaan molekul memungkinkan untuk membantu pengobatan yang disesuaikan dengan penerimanya.Tingkat sensitivitas tinggi pada uji molekuler memungkinkan untuk mendeteksi tumor yang sangat kecil, yang bahkan tidak terdeteksi dengan cara lain.Itulah informasi mengenai bidang ilmu patologi dalam kedokteran. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kanker
News Medical. https://www.news-medical.net/health/What-is-Pathology.aspx
Diakses 26 Juni 2021
McGill Department of Pathology. https://www.mcgill.ca/pathology/about/definition
Diakses 26 Juni 2021
Program Pendidikan Dokter Spesialis FK UGM. https://ppds.fk.ugm.ac.id/2019/03/13/550-2/
Diakses 26 Juni 2021
URMC Rochester. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=85&contentid=P00955
Diakses 26 Juni 2021
Lab Test Online. https://www.labtestsonline.org.au/inside-the-lab/anatomical-pathology-in-detail/cytopathology#
Diakses 26 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait