Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi Tidak Direkomendasikan

(0)
19 Dec 2019|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Menghilangkan jerawat dengan pasta gigiPasta gigi untuk jerawat sangat tidak direkomendasikan, karena bisa menimbulkan iritasi kulit.
Pasta gigi untuk jerawat pernah menjadi tren yang dilakukan demi mendapatkan kulit wajah yang kembali indah. Karena dianggap mengandung triklosan (zat antibakteri), pasta gigi untuk jerawat dianggap ampuh. Selain itu, bahan mentolnya juga dipercaya memberikan sensasi geli, yang bisa meredakan sakit dan pembengkakan akibat jerawat.Apakah benar, keampuhan pasta gigi untuk jerawat, bisa dibuktikan secara medis? Efektivitasnya tidak pernah terbukti secara ilmiah. Oleh karena itu, jika Anda termasuk yang menggunakan pasta gigi untuk mengusir jerawat, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini.

Ampuhkah menghilangkan jerawat dengan pasta gigi?  

Jika memang Anda “tergoda” menggunakan pasta gigi untuk jerawat, karena kandungan triklosannya, kini zat itu sudah tidak lagi ditemukan pada banyak produk pasta gigi. Sebab, badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA), mengonfirmasi bahwa triklosan mampu memberikan dampak buruk pada hormon tiroid, yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengatur metabolisme.Tidak hanya itu. Zat triklosan juga dapat berkontribusi terhadap resistensi antibiotik oleh tubuh. Itulah sebabnya, risiko menggunakan pasta gigi untuk jerawat sangat berbahaya, tidak hanya bagi kulit, tapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bahaya penggunaan pasta gigi untuk jerawat

Pasta gigi mengandung banyak bahan yang sangat berguna untuk kesehatan gigi Anda, seperti:
  • Gliserin
  • Sorbitol
  • Kalsium karbonat
  • Sodium lauryl sulfate (SLS)
  • Natrium bikarbonat (soda kue)
Bahan-bahan di atas memang efektif meningkatkan kesehatan gigi. Sayangnya, bahan-bahan tersebut tidak manjur untuk menghilangkan jerawat pada muka Anda. Malahan, berbagai kandungan pada pasta gigi itu bisa membahayakan kesehatan kulit. Maka dari itu, ketahui beberapa bahaya menggunakan pasta gigi untuk jerawat, berikut ini:

1. Mengiritasi kulit wajah

Pasta gigi dapat mengiritasi atau membuat kulit wajah kering. Efek samping ini akan lebih berbahaya, jika dirasakan oleh pemilik kulit kering atau sensitif. Apalagi dengan keberadaan sodium lauryl sulfate, yang dikenal bisa menyebabkan iritasi pada wajah.

2. Menimbulkan luka bakar kimia

Banyak dari mereka yang menggunakan pasta gigi untuk jerawat, mengalami luka bakar kimia di wajahnya. Ruam yang diakibatkan oleh dermatitis kontak (kondisi yang sebabkan peradangan kulit berupa gatal, kulit kering, hingga pembengkakan), juga bisa muncul. Akibatnya, kulit Anda bisa terasa sakit untuk waktu yang cukup lama.Jika hal ini terjadi sebelum menghadiri acara penting di keesokan harinya, rasa frustasi bisa saja Anda rasakan, apalagi jika jerawat tidak kunjung hilang, setelah dioles dengan pasta gigi. Maka dari itu, segera hindari penggunaan pasta gigi untuk jerawat sekarang juga. Risikonya lebih besar, dibandingkan manfaatnya.
Dibandingkan pasta gigi, solusi alami ini lebih ampuh hilangkan jerawat.

Pada sebuah studi tahun 2019, para peneliti menemukan bahwa bahan-bahan alami, dapat secara efektif menghilangkan jerawat. Ekstrak herbal yang ada di dalamnya, membuat para responden merasa puas, dengan hasilnya. Beberapa solusi alami di bawah ini, bisa Anda coba, daripada memakai pasta gigi.
  • Tea tree oil

Diambil dari pohon Melaleuca alternifolia, tea tree oil mengandung zat antiperadangan dan antimikroba yang sangat kuat, sehingga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah Anda. Kulit yang teriritasi, juga bisa diredakan oleh tea tree oil.
  • Lidah buaya

Lidah buaya juga menjadi bahan alami yang sangat ampuh mengobati dan menghilangkan jerawat. Di dalamnya, terdapat 75 kandungan mineral berbeda, mulai dari asam amino hingga vitamin. Komponen-komponen ini dapat membantu proses penyembuhan luka, mengurangi iritasi kulit dan peradangan, hingga mencegah infeksi kulit. Zat antiperadangan dan antimikrobanya juga bisa mencegah kedatangan jerawat yang menyebalkan itu.Jika beberapa bahan alami di atas masih belum ampuh untuk menghilangkan jerawat pada wajah, mungkin ini saat yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter kulit dan kecantikan. Yang pasti, segera tinggalkan kebiasaan menggunakan pasta gigi untuk jerawat, agar kulit wajah terhindar dari iritasi dan penyakit kulit lainnya.
pengobatan jerawatkesehatan kulithidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/toothpaste-on-pimples#1
Diakses pada 19 Desember 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327200.php#risks
Diakses pada 19 Desember 2019
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/does-using-toothpaste-on-pimples-really-work-15530
Diakses pada 19 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait