Pasangan Berubah dari Cinta Jadi Benci, Ketahui Faktor Penyebabnya


Perubahan cinta jadi benci bisa terjadi dalam setiap hubungan romantis karena pernah dikecewakan. Komunikasi yang baik merupakan cara untuk menjaga hubungan dengan pasangan.

0,0
21 Sep 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Perubahan cinta jadi benci bisa terjadi dalam setiap hubungan romantis karena pernah dikecewakanDalam hubungan percintaan, benci dan cinta bisa terjadi dengan alasan apa pun
Cinta dan benci merupakan dua rasa yang muncul dalam sebuah hubungan antarmanusia. Anda bisa merasakan dua hal ini dengan orang yang sama. Cinta jadi benci pun bisa terjadi dalam waktu singkat akibat satu atau banyak hal yang mendasarinya.Skenario cinta jadi benci yang paling sering muncul adalah cinta tak berbalas dari Anda ke orang lain. Namun, Anda pun bisa merasakan perubahan drastis dari orang yang paling dicintai karena merasa dikecewakan. Untuk mengetahui faktor apa saja yang bisa menjadi pengaruhnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Perubahan cinta jadi benci

Setiap orang berubah dan perubahan itu adalah hal yang normal. Namun, perubahan juga akan memengaruhi banyak hal di sekitarnya. Hal inilah yang bisa juga memunculkan skenario cinta jadi benci dalam sebuah hubungan.Seseorang dituntut untuk konsisten dalam menjalani kehidupan. Namun, manusia tentunya akan beradaptasi dengan lingkungan tempatnya hidup. Sebagai makhluk sosial, manusia juga memiliki emosi dalam melakukan sesuatu.Dalam hubungan percintaan, benci dan cinta bisa terjadi dengan alasan apa pun. Anda mungkin sangat mencintai orang tersebut. Di satu sisi, ada hal-hal dalam diri orang tersebut yang sangat Anda benci. Emosi ini yang akan bercampur dalam diri Anda.

Penyebab cinta jadi benci

Faktor yang menyebabkan cinta jadi benci bisa muncul akibat perilaku dari pihak di dalam hubungan tersebut. Berikut beberapa penyebab yang mendasarinya:

1. Pertengkaran

Beradu pendapat dengan pasangan merupakan hal yang lumrah dalam hubungan. Namun, pertengkaran bisa mengubah cinta jadi benci dalam waktu yang panjang. Cobalah untuk mencari solusi dari perdebatan yang sering terjadi.

2. Pernah dikecewakan

Rasa cinta yang sangat dalam bisa berubah dengan cepat saat seseorang merasa kecewa. Dalam hubungan percintaan, hal ini bisa terjadi akibat kekerasan dan perselingkuhan. Jika memang hubungan Anda didasari oleh cinta, cobalah untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih lembut.

3. Tidak menerima kekurangan

Setiap orang pasti memiliki kekurangan. Namun, ada kalanya kekurangan pasangan itu tidak diketahui oleh orang lain, bahkan oleh pasangan sendiri. Saat mengetahui kekurangan inilah, kemungkinan perubahan sifat bisa muncul. Ada sebagian orang yang bisa menerima, ada kelompok yang mungkin langsung berubah menjadi benci.4. Pasangan yang mengekangPasangan posesif layaknya koin bermuka dua. Anda bisa merasakan kenyamanan karena ada orang yang sangat peduli. Di sisi lain, Anda pun bisa sangat kesal karena pasangan overprotective akan terus mengatur hidup Anda.

5. Merasa diabaikan

Terlalu mengekang dan tidak peduli sebenarnya dua hal yang berbeda. Namun, keduanya bisa mengubah cinta jadi benci dengan sangat cepat. Orang yang kurang mendapatkan perhatian akan cenderung tidak merasa dicintai oleh pasangannya.

Cara mencegah cinta jadi benci

Hubungan cinta jadi benci ini tetap bisa dihindari dengan cara yang baik. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan bersama pasangan:
  • Berkomunikasi, khususnya dalam melakukan sesuatu dan menyelesaikan masalah
  • Menghormati perbedaan dan kekurangan
  • Buat daftar tentang hal yang disukai oleh pasangan, berikut juga dengan hal yang tidak disukai
  • Berperilaku apa adanya terhadap pasangan
  • Berhenti saling menyalahkan
  • Perbanyak habiskan waktu bersama

Catatan dari SehatQ

Benci jadi cinta bisa muncul pada siapa saja. Namun, Anda bisa mencegah hal tersebut terjadi dalam hubungan dengan pasangan. Perbanyak komunikasi dan cari pemecahan masalah yang baik bisa mencegah perubahan cinta jadi benci.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar hubungan percintaan dengan pasangan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
mempertahankan pernikahanpercintaanmenjalin hubunganputus cinta
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait