logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Ini Cara Membersihkan Paru-Paru Perokok, Anda Wajib Tahu

open-summary

Cara membersihkan paru-paru perokok bisa dilakukan dengan terapi uap, berolahraga, hingga mengonsumsi makanan bergizi. Hal ini berguna agar terhindar dari kerusakan yang berbahaya.


close-summary

4.1

(20)

22 Jan 2020

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara membersihkan paru-paru perokok bisa dilakukan dengan berbagai hal

Cara membersihkan paru-paru perokok berguna untuk mengurangi kerusakan

Table of Content

  • Perbedaan paru-paru perokok dan bukan perokok
  • Risiko bahaya merokok
  • Cara membersihkan paru-paru perokok
  • Cara berhenti merokok dengan cara alami
  • Catatan dari SehatQ

Cara membersihkan paru-paru perokok penting untuk dilakukan. Bagi sebagian orang, merokok sudah menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Padahal terdapat berbagai peringatan akan bahaya merokok yang bisa mengancam jiwa. 

Advertisement

Pasalnya, paparan berbagai zat berbahaya yang terdapat di dalam rokok dapat memengaruhi paru-paru perokok. 

Apabila zat-zat berbahaya tersebut terakumulasi dan menggunung dalam tubuh, beberapa organ penting manusia, terutama paru-paru, bisa mengalami kerusakan.

Perbedaan paru-paru perokok dan bukan perokok

Sebelum memahami cara membersihkan paru-paru perokok penting untuk dilakukan, Anda perlu tahu bahwa paru-paru merupakan salah satu organ pernapasan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. 

Paru-paru terdiri dari jaringan elastis yang akan berkontraksi dan mengembang ketika Anda bernapas. 

Struktur kecil, seperti rambut (silia) melapisi paru-paru untuk membersihkan debu dan kotoran yang ditemukan di dalam udara yang Anda hirup.

Sayangnya, organ ini menjadi yang paling terdampak oleh rokok. Asap rokok mengandung banyak bahan kimia yang dapat merusak sistem pernapasan

Bahan kimia tersebut bisa membuat paru-paru meradang dan menyebabkan produksi lendir yang berlebih hingga mengganggu saluran napas.

Baca Juga

  • Ego Depletion, Alasan Di Balik Gagalnya Niat Diet Anda
  • 8 Manfaat Minyak Kayu Putih, Tak Sekedar Menghangatkan Tubuh
  • 5 Manfaat Enzim Papain yang Sayang Jika Dilewatkan

Umumnya, paru-paru yang sehat berwarna merah mudah terang. Sementara, paru-paru perokok tampak lebih gelap dan berbintik-bintik akibat menghirup tembakau. 

Tekstur paru-paru perokok juga berbeda, di mana paru-parunya yang rusak menjadi lebih keras dan lebih rapuh. Kerusakan paru-paru ini terdengar begitu menyeramkan.

Bukan hanya itu, nikotin dalam tembakau juga dapat melumpuhkan silia. Ketidakaktifan silia ini membuat zat beracun di paru-paru menumpuk. 

Baik tembakau maupun bahan kimia lain yang ditemukan dalam rokok juga dapat mengubah struktur sel paru-paru, dan mengganggu saluran pernapasan. 

Jaringan paru-paru maupun dinding pada saluran udara di paru-paru pun bisa rusak. Selain itu, terdapat area permukaan di paru-paru yang kurang berfungsi. 

Hal ini menyebabkan tidak efektifnya pertukaran oksigen dan karbondioksida yang terjadi di paru-paru.

Perlu diingat bahwa jumlah rokok yang Anda hirup dan gaya hidup yang Anda terapkan, dapat memengaruhi seberapa banyak kerusakan yang bisa terjadi. 

Risiko bahaya merokok

Cara membersihkan paru-paru perokok diperlukan untuk tidak menambah risiko penyakit akibat rokok. 

Seiring berjalannya waktu, kebiasaan merokok menjadi sangat berbahaya dan akan menimbulkan berbagai risiko masalah kesehatan. 

Oleh sebab itu, dalam jangka pendek kebiasaan merokok bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti:

  • Bau mulut
  • Gigi kuning
  • Rambut, tubuh, dan pakaian bau
  • Sesak napas
  • Gangguan kinerja
  • Batuk keras
  • Kesehatan paru-paru yang buruk
  • Peningkatan risiko kanker

Merokok juga dikaitkan dengan banyak risiko kesehatan jangka panjang, misalnya kanker mulut, tenggorokan, ginjal, hati, dan paru-paru. 

Perokok jauh lebih besar kemungkinannya terkena kanker paru-paru dibanding bukan perokok. Diperkirakan 90 persen kasus kanker paru-paru pun disebabkan oleh kebiasaan merokok. 

Tak hanya itu, risiko penyakit lain yang berhubungan dengan paru-paru, seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan pneumonia akan meningkat akibat rokok.

Menghirup tembakau yang ada dalam rokok juga dapat mengganggu sirkulasi darah, yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena serangan jantung, stroke, penyakit arteri koroner, dan rusaknya pembuluh darah.

Cara membersihkan paru-paru perokok

Cara membersihkan paru-paru perokok yang paling utama adalah berhenti merokok. Tidak ada kata terlambat bagi siapa pun untuk berhenti merokok. 

Selain berhenti menjadi perokok aktif, Anda juga jangan berada di lingkungan penuh asap rokok sehingga menghirup asapnya dan menjadi perokok pasif.

Orang yang berhenti merokok, paru-paru akan mengalami perbaikan. Selain itu, risiko penyakit yang terkait dengan merokok bisa menurun.

Terdapat beberapa cara membersihkan paru-paru perokok secara alami yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Terapi uap

Paru-paru perokok dapat menghasilkan lendir berlebih, tetapi terapi uap dapat membantu mengatasinya. Terapi uap dilakukan dengan menghirup uap air hangat untuk membuka saluran napas dan membantu paru-paru mengeringkan lendir.

Cara membersihkan paru-paru dari asap rokok ini juga bermanfaat untuk membantu menambah kehangatan dan kelembapan udara sehingga dapat melonggarkan lendir di paru-paru dan membuat bernapas lebih mudah. 

Namun, cara membersihkan paru-paru perokok ini hanya bersifat sementara dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaatnya.

2. Berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara membersihkan paru-paru perokok yang bahkan tidak membutuhkan alat apa pun.

Aktivitas fisik yang intens dapat memaksa otot untuk bekerja lebih keras sehingga meningkatkan laju pernapasan tubuh yang dapat menghasilkan pasokan oksigen lebih besar ke otot. 

Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi yang membuat tubuh lebih efisien dalam menghilangkan karbondioksida. Tentu, ini bisa menjadi cara membersihkan paru-paru bagi perokok aktif yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa mencoba melakukan latihan pernapasan.

3. Minum teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang memiliki sifat mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek bahaya menghirup asap. 

Sebuah studi melaporkan bahwa orang yang melakukan cara membersihkan paru-paru perokok dengan minum dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik.

4. Batuk terkontrol

Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun yang terperangkap dalam lendir. Sebagai cara membersihkan paru-paru perokok, batuk terkontrol dapat melonggarkan kelebihan lendir di paru-paru yang umumnya terjadi pada perokok.

Sebenarnya, ini merupakan batuk yang disengaja. Anda dapat membersihkan paru-paru berlendir dengan batuk sebanyak 2-3 kali ketika menghembuskan napas. 

5. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tentu baik untuk kesehatan. Terdapat beberapa makanan sehat dan bergizi yang dapat membantu melawan peradangan paru-paru, termasuk akibat merokok.

Adapun makanan tersebut, yaitu sayuran hijau, ceri, blueberry, zaitun, kunyit, dan kacang-kacangan.

6. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal

Sebenarnya, ini bukanlah cara membersihkan paru-paru perokok yang spesifik, tetapi salah satu upaya untuk menjaga paru-paru agar tidak semakin parah.

Sebaiknya, Anda menjaga tempat tinggal Anda agar tetap bersih. Hal ini berguna untuk mencegah penumpukan debu yang bisa mengotorkan paru-paru Anda.

Selain itu, usahakan untuk tidak memakai pewangi ruangan dengan kandungan yang berbahaya bagi paru-paru.

Dengan berhenti merokok dan melakukan berbagai cara di atas, ini dapat bermanfaat untuk membersihkan paru-paru. Diharapkan paru-paru Anda pun akan menjadi lebih bersih. Jadi, ayo berhenti merokok mulai saat ini dan melakukan gaya hidup sehat!

Cara berhenti merokok dengan cara alami

Setelah mengetahui cara membersihkan paru-paru perokok, langkah besar yang harus Anda ambil untuk membersihkan paru-paru seutuhnya adalah dengan berhenti merokok.

Meski sulit dipercaya, makanan ataupun minuman yang Anda konsumsi ternyata bisa membantu Anda untuk berhenti merokok. 

Walau tidak ada daftar makanan dan minuman sebagai acuan untuk berhenti merokok, ada beberapa studi mengenai asupan sehat yang dapat membantu Anda untuk berhenti merokok. Apa saja asupan sehat itu?

1. Susu

Susu merupakan salah satu asupan sehat yang bisa Anda konsumsi agar keinginan merokok bisa menghilang. Susu juga dapat membantu Anda tetap konsisten untuk tidak lagi menyentuh rokok. 

2. Anggur beku

Menurut American Heart Association (AHA) anggur beku memiliki rasa manis yang mampu membuat Anda “lupa” akan rokok. Sebab, mantan perokok cenderung menyukai makanan manis secara terus-menerus. 

3. Kayu manis

Menurut pepatah, mantan perokok yang “rindu” akan rokok bisa menalihkan pikiran dengan benda yang dapat Anda pegang, layaknya memegang sebatang rokok.

Secara psikologis, ternyata hal ini bisa membantu Anda berhenti merokok.

Anda bisa mengganti benda-benda itu dengan sebatang kayu manis, yang bentuknya mirip seperti rokok, dan dapat Anda hisap.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan berserat tinggi. Di saat mulut sudah merasa asam karena “ditinggal” rokok, itulah saat yang tepat untuk Anda mulai mengonsumsinya. Ketika mulut sibuk dengan makanan yang Anda kunyah itu, maka rokok akan dilupakan.

5. Popcorn

Sama seperti kacang dan kayu manis, popcorn juga bisa jadi salah satu makanan yang dapat membuat Anda melupakan rokok, dan akhirnya membantu Anda untuk berhenti merokok.

Agar tidak terjadi lonjakan kalori, Anda disarankan untuk tidak menambahkan mentega dan garam ke dalam popcorn.

Catatan dari SehatQ

Anda bisa melakukan cara-cara di atas untuk membersihkan paru-paru. Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara membersihkan paru-paru perokok lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mendapatkan anjuran terbaik. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

berhenti merokokhidup sehatbahaya asap rokokpenyakit paru-paru

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved