Bolehkah Ibu Hamil Makan Pare? Ini Dia Penjelasan Manfaat dan Bahayanya


Pare punya manfaat untuk ibu hamil, salah satunya untuk mengatasi sembelit karena kandungan seratnya. Akan tetapi, konsumsi pare terlalu banyak pada ibu hamil juga bisa menyebabkan komplikasi kehamilan, seperti keguguran.

0,0
Ditinjau olehdr. Reni Utari
manfaat pare untuk ibu hamilPare bermanfaat untuk ibu hamil khususnya mengatasi masalah pencernaan
Dalam masa kehamilan, memang banyak pantangan yang mungkin perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah bolehkah makan pare untuk ibu hamil?
Di balik rasanya yang pahit, pare menyimpan banyak manfaat, tak terkecuali untuk ibu hamil. Meski begitu, ibu hamil juga diimbau untuk membatasi konsumsinya karena disebut menyebabkan keguguran.Cari tahu kebenaran manfaat dan risiko efek samping pare bagi ibu hamil di artikel berikut. 

Manfaat pare untuk ibu hamil

Pare, atau Momordica charantia, termasuk buah dari tanaman tropis yang dengan mudah ditemukan di Indonesia. Selain diolah menjadi hidangan makanan, pare juga kerap digunakan sebagai obat tradisional. Pare memiliki kandungan senyawa bioaktif, vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Tak heran jika manfaat pare ini banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan.Dalam satu buah pare, Anda bisa mendapatkan beragam vitamin dan mineral antara lain vitamin A, C, E, B1, B2, B3, folat (B9), kalium, kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan fosfor. Ragam kandungan itulah yang kemudian membuat pare bermanfaat, termasuk untuk ibu hamil.Berikut ini adalah manfaat pare untuk ibu hamil yang sayang dilewatkan: 

1. Mengontrol kadar gula darah

Salah satu masalah kehamilan yang mungkin terjadi pada ibu hamil adalah diabetes gestasional, alias peningkatan kadar gula darah selama hamil.Untuk membantu mengendalikan kadar gula darah, pemilihan makanan bisa sangat membantu, salah satunya pare. Pare memiliki kandungan senyawa yang bersifat antidiabetik dan mampu mengontrol kadar gula darah untuk ibu hamil. Pare memiliki potensi mengatasi penyakit kencing manis ini bahkan menghambat terjadinya komplikasi diabetes. Itu sebabnya, bagi ibu hamil yang mengalami diabetes, Anda bisa mencoba konsumsi pare untuk diabetes yang dialami. Dengan demikian, gula darah bisa lebih terkendali.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam pare juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi, saat hamil Anda akan memiliki sistem imun yang lebih lemah sehingga lebih rentan terhadap penyakit. Untuk itu, dibutuhkan asupan makanan yang bisa memperkuat sistem imun. Penelitian terdahulu dalam Asian Pacific Journal of Tropical Disease menyatakan bahwa M. charantia, salah satu jenis pare, memiliki sifat antivirus yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan mengaktifkan sel pembunuh virus alami. 

3. Mengatasi infeksi 

Masih berkaitan dengan sifat antivirus yang dimiliki, pare juga mampu mengatasi infeksi akibat bakteri, bukan hanya virus.Ekstrak pare diketahui memiliki sifat antibakteri yang mampu melawan bakteri, seperti Escherichia coli, Salmonella, Pseudomonas, dan Staphylococcus. Sifat-sifat ini tentu bermanfaat bagi ibu hamil yang termasuk rentan terhadap serangan infeksi virus maupun bakteri. 

4. Mengatasi sembelit

Sembelit saat hamil juga jadi salah satu masalah pencernaan yang umum dikeluhkan. Kondisi ini tentu membuat perut dan panggul tidak nyaman. Untuk mengatasinya, makan makanan kaya serat bisa menjadi solusi.Pare diketahui memiliki kandungan serat yang cukup baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Dalam sebuah penelitian juga dikatakan bahwa buah pare sudah sejak lama dijadikan pengobatan tradisional untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan, termasuk pada ibu hamil. 

5. Menjaga kesehatan ibu dan janin

Pare mengandung hampir semua vitamin dan mineral sebagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Vitamin A, vitamin B, folat, zat besi, kalsium merupakan vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, serta menunjang kesehatan ibu selama kehamilan. Itu sebabnya, dalam jumlah wajar, pare bisa jadi salah satu alternatif sayur untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

6. Melawan kanker 

Jurnal Cureus menyebutkan, meski jarang terjadi, kanker payudara termasuk jenis kanker kedua yang umum terjadi pada ibu hamil. M. charantia alias pare diketahui mampu menunjukkan sifat antikarsinogenik yang mampu menghambat sel kanker. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak pare dapat digunakan sebagai suplemen untuk mencegah kanker payudara.Meski begitu, tentu perlu banyak penelitian lain untuk mendukung hal ini. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen jenis apa pun, herbal sekalipun. Apalagi, di tengah kondisi hamil.

Bahaya terlalu banyak makan pare untuk ibu hamil

Meski memiliki kaya kandungan gizi dan manfaat bagi kesehatan, konsumsi pare secara berlebihan untuk ibu hamil juga tidak terlepas dari risiko efek samping. Dalam International Journal of Scientific Research and Reviews, rasa pahit pada pare bisa berisiko menyebabkan keguguran dan membahayakan ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan. Lebih lanjut, konsumsi pare yang terlalu banyak untuk ibu hamil bisa menyebabkan beberapa komplikasi kehamilan berikut ini:
  • Kontraksi rahim yang menyebabkan keguguran
  • Perdarahan
  • Menginduksi aborsi 
  • Memicu kelahiran prematur 

Catatan dari SehatQ

Selama kehamilan, penting bagi Anda untuk memenuhi asupan nutrisi untuk ibu hamil seiring dengan peningkatan kebutuhan. Makan makanan yang beraneka ragam, segar, dan bergizi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.Pare bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang menyehatkan untuk tubuh. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda.Meski begitu, konsumsi pare untuk ibu hamil sebaiknya tidak berlebihan. Ini karena beberapa ahli menyebutkan terlalu banyak makan pare juga bisa mengganggu kehamilan bahkan berpotensi keguguranUntuk memastikan keamanannya, Anda berkonsultasi dengan dokter jika hendak mengonsumsi pare sebagai pilihan menu makanan Anda. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter seputar manfaat dan efek samping pare untuk ibu hamil, melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
menjaga kehamilankehamilanmasalah kehamilan
International Journal of Scientific Research and Reviews. https://www.researchgate.net/publication/328513110_Forbidden_Foods_for_Healthy_Pregnancy/link/5cdac17692851c4eab9dd2d8/download
Diakses pada 8 November 2021
Asian Pacific Journal of Tropical Disease. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4027280/
Diakses pada 8 November 2021
Tennessee State University. https://www.tnstate.edu/extension/documents/Bitter%20melon%20fact%20sheet.pdf
Diakses pada 8 November 2021
American College of Obstetricians and Gynecologists. https://www.acog.org/womens-health/faqs/nutrition-during-pregnancy
Diakses pada 8 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait