Paralayang Adalah Olahraga Pemacu Adrenalin yang Bisa Jadi Sumber Inspirasi


Bagi yang ingin menikmati olahraga kompetitif sekaligus rekreasional, paralayang adalah pilihan yang tepat. Meski termasuk olahraga yang perlu keberanian sekaligus nyali tersendiri, ada banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik dan mental.

0,0
10 May 2021|Azelia Trifiana
Olahraga paralayang baik bagi kesehatan mentalOlahraga paralayang baik bagi kesehatan mental
Bagi yang ingin menikmati olahraga kompetitif sekaligus rekreasional, paralayang adalah pilihan yang tepat. Meski termasuk olahraga yang perlu keberanian sekaligus nyali tersendiri, ada banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik dan mental.Tipe orang yang paling menikmati olahraga semacam ini adalah adrenaline junkie. Mereka justru mencari sensasi dari aktivitas ekstrem semacam paralayang hingga bungee jumping.

Manfaat paralayang

Beberapa manfaat melakukan paralayang adalah:

1. Melatih keseimbangan

Saat melakukan paralayang, otot perut dan panggul bekerja maksimal agar postur tubuh tetap seimbang. Artinya, olahraga ini membantu memperkuat otot-otot tubuh serta mengurangi risiko terjadinya cedera pada aktivitas sehari-hari.

2. Kekuatan tubuh bagian atas

Ketika melakukan paralayang artinya kedua tangan perlu mengendalikan parasut agar tetap terarah. Dengan demikian, tubuh bagian atas akan terlatih sehingga lebih fleksibel dan punya rentang jarak optimal. Semakin sering dilakukan, kekuatan tubuh bagian atas terutama lengan akan kian terasah.

3. Meredakan stres

Bagi yang mencari aktivitas untuk meredakan stres, olahraga ini bisa jadi alternatif tepat. Saat berada di atas, ada perspektif baru yang memukau sekaligus seru. Bonusnya, fokus yang tercurah saat melakukan paralayang juga bisa mengalihkan bahkan meredakan stres.Di saat yang sama, fokus untuk melakukan paralayang juga dapat mengurangi distraksi serta kekhawatiran. Benar-benar fokus pada masa kini bisa meningkatkan kemampuan untuk fokus.

4. Membakar kalori

Olahraga ini juga membantu membakar setidaknya 230 kalori per jam dalam tiap sesinya. Anda juga bisa merasakan adrenaline rush saat berada di atas. Jadi, tak ada salahnya mencoba melakukan olahraga ini sesekali untuk membakar kalori.

5. Menikmati adrenaline rush

Pecinta adrenalin terpacu, rasakan respons tubuh ketika melakukan paralayang. Penuh dengan energi dan antusiasme. Saat menjajal paralayang, tubuh akan memproduksi adrenalin. Hormon ini bisa meningkatkan detak jantung hingga tekanan darah dengan cara aman sehingga Anda akan merasa semakin berenergi.Menariknya, beberapa orang sangat suka dengan sensasi ini dan terus mencari aktivitas yang memberikan dampak serupa. Istilahnya adalah para adrenaline junkie. Disebut junkie karena sensasi yang muncul serupa dengan konsumsi obat-obatan tertentu.

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Bukan sekadar menikmati pemandangan dari atas, paralayang juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Siapapun bisa merasakannya, terlepas dari usia dan latar belakang mereka. Utamanya, bagi yang merasa takut melakukan paralayang.Ketika mereka berhasil mengalahkan rasa takut itu, tentu akan muncul rasa percaya diri luar biasa. Merasakan langsung betapa mudah dan serunya olahraga ini juga sangat mungkin mengusir ketakutan.

7. Pemikiran positif

Jangan kaget pula ketika seseorang bisa berpikir lebih positif setelah melakukan paralayang. Berada di ketinggian akan memberi sensasi tersendiri yang mungkin tak akan terlintas ketika melihat pemandangan dari sudut pandang biasa. Pemandangan dari atas sana bisa jauh lebih memukau.Pengalaman ini tidak menutup kemungkinan bisa menjadi sumber inspirasi dan juga pikiran positif seseorang. Siapa tahu, Anda akan mendapatkan sudut pandang baru yang belum pernah terlintas sebelumnya.

Pengalaman pertama kali paralayang

Sangat wajar ketika seseorang merasa gentar ketika akan mencoba bermain paralayang untuk pertama kalinya. Belum lagi jika ada rasa takut akan ketinggian atau trauma lainnya.Tapi, jangan khawatir karena paralayang termasuk olahraga yang aman dilakukan selama didampingi oleh instruktur profesional. Mereka tahu apa saja faktor yang perlu diperhitungkan untuk mendapatkan lampu hijau melakukan paragliding.Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan bagi yang pertama kali melakukan paralayang:
  • Mencari tandem

Biasanya, operator paralayang akan menawarkan tandem bagi yang baru pertama kali mencoba. Ini dapat membuat proses lebih mulus sekaligus aman karena Anda akan ditemani orang yang terlatih betul. Mereka dapat mengendalikan keseimbangan dengan lebih mahir.
  • Gunakan peralatan tepat

Cari tahu terlebih dahulu peralatan apa saja yang perlu digunakan untuk paralayang. Bahkan, sampai detail yang paling kecil sekalipun seperti alas kaki dan pakaian. Tidak perlu malu bertanya karena ini penting mengingat paralayang adalah olahraga yang dilakukan sembari “terbang”, bukan hanya olahraga biasa.
  • Pertimbangkan cuaca

Umumnya, operator akan menjadikan cuaca dan kondisi angin sebagai salah satu pertimbangan utama melakukan paralayang atau tidak. Percayakan kepada mereka yang sudah berpengalaman membaca situasi. Jangan memaksakan untuk terbang apabila situasi tidak memungkinkan.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, Anda bisa menikmati olahraga paralayang dengan tenang. Siapa tahu, Anda bisa bergabung dengan sesama pecinta olahraga pemacu adrenalin ini dan membuka jaringan baru.Penasaran olahraga apa lagi yang bisa memacu adrenalin dengan cara serupa seperti paralayang? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  
olahragatips olahragahidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/adrenaline-junkie
Diakses pada 26 April 2021
The Health Site. https://www.thehealthsite.com/fitness/these-6-health-benefits-of-paragliding-will-amaze-you-av0918-605798/
Diakses pada 26 April 2021
Big Adventure Map. https://www.bigadventuremap.com/5-steps-to-learn-how-to-paraglide/
Diakses pada 26 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait