Para Suami, Coba Lakukan Hal Ini untuk Wujudkan Hubungan Mesra


Kenali bahasa cinta istri untuk menjaga hubungan mesra dalam pernikahan. Bagi para suami, berikut tips untuk mewujudkannya.

(0)
27 Nov 2020|Azelia Trifiana
Kenali bahasa cinta istri untuk menjaga hubungan mesra Anda berduaKenali bahasa cinta istri untuk menjaga hubungan mesra
Kedekatan secara emosional adalah bumbu utama terwujudnya hubungan mesra suami dan istri. Jika tidak ada keintiman ini, kedua belah pihak dalam pernikahan bisa merasa kurang bahagia. Sayangnya, tidak mudah menjaga kedekatan emosi karena perlu kerja keras dan komitmen.Rutinitas, kesibukan, masalah finansial, hingga kehadiran anak hanya sedikit dari daftar hal yang bisa memadamkan kemesraan rumah tangga. Jika dibiarkan, suami dan istri bisa jadi semakin berjarak.

Cara suami menjaga hubungan mesra

Menjaga hubungan mesra dengan istri bisa dilakukan lewat beberapa cara, seperti:

1. Kurangi distraksi

Interaksi langsung adalah hal yang dapat memupuk kemesraan suami dan istri. Berbincang tentang berbagai topik bisa membantu mengenali sudut pandang hingga karakter masing-masing. Namun, terlalu banyak distraksi yang membuat interaksi langsung menjadi kian jarang.Untuk itu, coba matikan sementara komputer, televisi, video game, ponsel, atau tablet saat berinteraksi dengan istri. Isi waktu dengan berbicara satu sama lain.Contoh sederhana dengan membuat kesepakatan untuk meletakkan ponsel di laci dalam kondisi suara hening ketika berada di rumah. Waktu 1-2 jam saja cukup untuk quality time bersama istri.

2. Digital detox

digital detox
Puasa sosmed untuk berikan perhatian kepada istri
Coba lakukan digital detox agar tidak terus menerus melihat berbagai platform media sosial. Tanpa terasa, kebiasaan ini bisa menggerus waktu yang harusnya bisa dialokasikan untuk mengenali pasangan lebih jauh. Interaksi secara langsung bisa tergeser hanya untuk menelusuri halaman Instagram atau Facebook.Jika hal ini berlangsung terus menerus, melakukan digital detox bisa jadi pilihan tepat. Terlebih di era serba konten ini, segala hal menarik tak akan berhenti membius dan membuat seseorang ingin terus menerus melihat lebih jauh. Tanpa terasa, waktu berjam-jam terbuang sia-sia.

3. Hadir secara utuh

Kehadiran suami diperlukan bukan hanya secara fisik maupun emosional saja. Percuma ada secara fisik jika asyik sendiri. Begitu pula sebaliknya. Jadi, pastikan selalu ada untuk istri dengan hadir secara utuh.Buat istri merasa dicintai, dihargai, dan juga aman. Ketika berhasil menciptakan situasi yang aman, maka hubungan mesra bisa tercapai.

4. Perbanyak quality time

kumpul keluarga
Selain bersama anak, quality time dapat dilakukan dengan istri
Apabila merasa pernikahan menjadi datar dan itu-itu saja, mungkin sudah saatnya memperbanyak quality time. Waktu yang tergerus untuk menjalankan rutinitas terkadang membuat kedekatan dengan istri menjadi berjarak. Kesibukan mengurus anak terkadang membuatnya kian rumit.Untuk itu, coba alokasikan waktu untuk quality time bersama istri. Jika harus mengurus anak berdua seharian, luangkan waktu 1-2 jam untuk berbincang bersama, menonton film, atau bercinta ketika anak terlelap di malam hari. Buat suasana rileks dan biarkan perbincangan mengalir.Jadwalkan hal ini secara berkala. Contoh lain bagi pasangan suami istri yang bekerja, alokasikan waktu untuk makan siang bersama. Mungkin ke tempat yang punya nilai nostalgia bisa menambah kemesraan.

5. Seimbangkan waktu bersama dan sendiri

Terus menerus bersama dalam satu atap bukan jaminan hubungan mesra. Justru, bisa jadi itu menjadi tempat menumpuknya gesekan dan konflik. Apabila dibiarkan, sangat mungkin menjadi sumber pertengkaran.Untuk itu, beri waktu bagi masing-masing pihak untuk merawat diri sendiri. Ketika sudah merasa puas dan bahagia, akan lebih mudah membawa diri dalam sebuah hubungan pernikahan sehat.

6. Kenali bahasa cinta

pasangan sedangn berbicara sambil minum kopi
Kenali bahasa cinta istri
Suami harus tahu betul apa bahasa cinta atau love language istri. Ini bisa menjadi cara jitu untuk membuatnya bahagia tanpa harus menerka-nerka kode atau mencoba berulang kali namun tak berhasil.Ada 5 bahasa cinta dari teori Dr. Gary Chapman, yaitu:
  • Kata-kata positif
  • Waktu berkualitas
  • Sentuhan fisik
  • Bantuan yang tulus
  • Hadiah
Dari kelima bahasa cinta itu, kenali apa yang merupakan milik istri. Jika sudah tahu, perlakukan dia sesuai bahasanya. Sebaiknya interaksi ini juga berlangsung resiprokal, jadi istri juga perlu tahu apa bahasa cinta suaminya.

7. Komunikasi

Apapun bentuknya, suami harus paham betul bahwa komunikasi adalah pondasi krusial sebuah hubungan. Jangan kelewat abai kepada istri karena hanya akan menimbulkan konflik. Selalu beri perhatian dan komunikasikan segala hal, mulai dari yang sepele hingga berat sekalipun.Komunikasi ini juga bisa menjadi cara untuk menyampaikan apabila merasa ada yang janggal dalam pernikahan. Jika merasa ada jarak, jangan ragu sampaikan. Cari solusinya bersama-sama demi mewujudkan hubungan mesra.

Apabila berbagai upaya untuk menjaga hubungan mesra dengan istri tidak berhasil dilakukan, ada baiknya meminta pendapat dan bantuan dari konselor pernikahan. Mereka bisa memetakan akar masalah dari sudut pandang netral, yang mungkin selama ini luput terlihat.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar menjaga sehatnya hubungan bersama pasangan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hubungan sekspercintaanmenjalin hubungan
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/men-growing-intimacy-in-marriage-1270945
Diakses pada 14 November 2020
The Marriage Foundation. https://themarriagefoundation.org/intimacy-in-marriage/
Diakses pada 14 November 2020
Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/keep-the-spark-alive-in-your-marriage
Diakses pada 14 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait