Pantangan Setelah Minum Madu yang Sebaiknya Anda Hindari

(0)
08 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada beberapa pantangan setelah minum madu yang sebaiknya Anda hindariAda pantangan yang sebaiknya dihindari setelah minum madu
Madu adalah cairan sirup dengan tekstur kental dan lengket yang diproduksi oleh lebah. Madu mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Maka tidak mengherankan jika madu banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan sebagai obat rumahan untuk mengatasi berbagai keluhan. Di balik manfaatnya, tahukah Anda ada pantangan setelah minum madu yang dianggap dapat merugikan kesehatan?

Pantangan setelah minum madu

Jika pantangan-pantangan ini dilanggar, konsekuensi yang akan Anda hadapi beragam. Contohnya mulai dari obesitas hingga masalah pencernaan.

1. Jangan langsung tidur setelah minum madu

Beberapa orang memiliki kebiasaan meminum sesendok madu sebelum tidur untuk menjaga kesehatan. Padahal, madu memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Dalam satu sendok makan madu setidaknya terkandung 64 kalori, sementara gula hanya mengandung 49 kalori per sendok makannya.Ganti kebiasaan minum madu ini menjadi di pagi hari sebelum beraktivitas agar kalori tinggi pada madu dapat terbakar. Jika Anda meminum madu sebelum tidur, kalori yang terkandung di dalamnya bisa menumpuk dan dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko obesitas.

2. Jangan konsumsi makanan tinggi gula setelah minum madu

Tidak jarang madu dijadikan pilihan pengganti gula yang lebih sehat. Selain kandungan fruktosa dan glukosa yang lebih rendah dari gula biasa, madu asli juga memiliki kandungan magnesium, kalium, antioksidan, dan mineral lainnya yang bermanfaat.Walaupun demikian, madu juga memiliki dampak yang sama dengan gula pada kadar gula darah dalam tubuh. Konsumsi madu berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya kenaikan berat badan, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.Oleh karena itu, agar manfaatnya terasa, jangan konsumsi makanan atau minuman tinggi gula setelah minum madu. Pantangan setelah minum madu ini dapat membuat kadar gula dalam darah meningkat.    

3. Jangan konsumsi madu yang dipanaskan dan minyak samin

Ayurveda merupakan ilmu pengobatan tradisional yang diajarkan turut temurun di India. Ilmu pengobatan ini juga memiliki ajaran mengenai kombinasi makanan dan minuman yang dapat menyehatkan atau membahayakan tubuh.Ayurveda mengklaim bahwa konsumsi madu yang dipanaskan dapat membuat senyawa pada madu sulit dicerna. Hal ini karena madu panas dapat menghasilkan racun ‘ama’ yang biasanya muncul saat tubuh mengalami masalah pencernaan.Selain melarang minum madu dengan air panas, ilmu pengobatan tradisional India ini juga melarang konsumsi minyak samin atau ghee bersama madu atau setelah minum madu dalam waktu berdekatan. Karena kombinasi keduanya juga dianggap dapat menghasilkan racun bagi tubuh.Beberapa peneliti di Laboratorium Riset Ketahanan Pangan di India melakukan penelitian berkaitan dengan pendapat tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa madu yang dipanaskan (>140° Celcius) dan madu yang dipanaskan serta dicampur dengan minyak samin dalam takaran yang sama, menghasilkan HMF (Hidroksimetilfurfural) yang dapat menyebabkan efek merusak dan bisa bertindak sebagai racun bagi tubuh.Itulah beberapa pantangan setelah minum madu. Selain pantangan di atas, ada juga pantangan untuk memberikan madu pada bayi. Walaupun madu tergolong aman bagi orang dewasa, madu sebaiknya tidak diberikan pada anak dibawah usia 12 bulan.Madu, terutama madu mentah, rentan terpapar spora bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan botulisme, di mana tubuh dapat mengalami kelumpuhan yang mengancam jiwa.Pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa, efek samping ini sangat jarang terjadi karena sistem pencernaan sudah memiliki ketahanan untuk mencegah perkembangan spora C. botulinum. Namun, jika setelah mengonsumsi madu Anda langsung merasakan gejala, seperti pusing, mual, muntah dan diare, maka sebaiknya segera kunjungi dokter.
makanan sehatmadu
Medical News Today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/317728#Disadvantages-and-risks-of-honey
Diakses 12 Agustus 2020
Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/raw-honey-vs-regular#section5
Diakses 12 Agustus 2020
NCBI.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3215355/
Diakses 12 Agustus 2020
Times of India
https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/alert-adding-honey-to-anything-warm-can-be-dangerous-for-you/photostory/67129736.cms?picid=67129797
Diakses 12 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait