Pantangan Penderita Kanker Serviks Selama Masa Pemulihan


Pantangan penderita kanker serviks yang sedang dalam masa pemulihan antara lain mengonsumsi daging merah dan daging olahan, terlalu banyak bergerak, merokok, dan mengonsumsi alkohol.

0,0
30 Jul 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pantangan penderita kanker serviks salah satunya makanan olahan seperti sosisPantangan penderita kanker serviks salah satunya mengonsumsi daging merah dan olahan seperti sosis
Setelah menjalani pengobatan kanker serviks, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendukung proses pemulihan, mulai dari pola makan, aktivitas fisik harian, hingga yang berhubungan dengan kegiatan seksual.Beberapa pantangan bagi penderita kanker serviks sebaiknya dihindari, karena dapat menghambat proses pemulihan.
Kanker serviks alias kanker leher rahim merupakan jenis kanker yang cukup sering dialami wanita. Penyakit ini bisa ditangani dengan operasi pengangkatan rahim, kemoterapi, radioterapi, atau perawatan kombinasi.

Pantangan selama pemulihan kanker serviks

Pantangan penderita kanker serviks salah satunya merokok
Pantangan penderita kanker serviks salah satunya merokok
Masa pemulihan selama menjalani pengobatan kanker serviks bisa berlangsung beberapa bulan hingga tahun, tergantung dari tingkat keparahan penyakitnya. Selama pemulihan berlangsung, ada beberapa pantangan yang perlu dihindari penderita kanker serviks, seperti:

1. Mengonsumsi daging merah dan daging olahan

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang sangat penting dilakukan selama masa pemulihan. Pasien yang telah atau sedang menjalani perawatan kanker disarankan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak daging merah seperti daging sapi atau kambing.Memang, daging merah tanpa lemak baik untuk memberikan asupan zat besi, zinc, dan vitamin B12. Namun, jika berlebihan, risiko munculnya penyakit termasuk kanker saluran pencernaan akan meningkat.Selain daging merah, pasien yang sedang atau sudah selesai menjalani terapi kanker juga disarankan untuk menghindari konsumsi daging olahan seperti sosis, bakso, dan daging ham.

2. Terlalu banyak bergerak

Sehabis menjalani pengobatan untuk kanker serviks seperti operasi histerektomi atau pengangkatan rahim, Anda perlu beristirahat selama beberapa bulan. Biasanya, pemulihan membutuhkan waktu 6-12 minggu.Anda juga umumnya tidak disarankan untuk menyetir kendaraan 3-8 minggu setelah operasi atau mengambil cuti bekerja selama 8-12 minggu setelah operasi. Beberapa jenis perawatan untuk kanker serviks juga akan membuat merasa letih dan lemas, sehingga Anda perlu lebih banyak beristirahat.

3. Merokok

Orang yang sudah didiagnosis menderita kanker termasuk kanker serviks, perlu berhenti merokok. Dengan menghentikan kebiasaan ini, maka kemungkinan sembuh bisa meningkat dan risiko terbentuknya kanker jenis lain dapat berkurang.Berhenti merokok juga dapat meningkatkan kesehatan sehingga Anda punya lebih banyak energi untuk berolahraga dan menjaga berat badan ideal.

4. Mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, maka risiko tersebut juga akan semakin meningkat. Jadi selama pemulihan, Anda perlu menghindari konsumsinya.

5. Berhubungan seks segera setelah perawatan

Berhubungan seks setelah selesai perawatan kanker serviks tidak dilarang. Namun biasanya dokter akan menyarankan untuk menunggu beberapa minggu hingga kondisi tubuh membaik. Terutama, jika perawatan yang dilakukan adalah operasi.Sementara itu jenis perawatan lain kemoterapi bisa berpengaruh pada kehidupan seksual seperti menurunnya libido dan vagina yang menjadi kering. Radioterapi juga dapat menyebabkan perubahan di dinding vagina.Oleh karena itu, Anda disarankan untuk berdiskusi lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui saat paling tepat untuk kembali berhubungan seksual serta cara-cara yang dapat dilakukan untuk meradakan efek samping tersebut.

Hal yang perlu dilakukan selama pemulihan kanker serviks

Selama pemulihan kanker serviks harus tetap rajin berolahraga
Rutin berolahraga baik untuk pemulihan kanker serviks
Selain menghindari pantangan penderita kanker serviks, beberapa hal di bawah ini juga bisa membantu meningkatkan kesehatan selama masa pemulihan.

• Mengonsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan yang tepat dan bergizi seimbang selama masa pemulihan kanker serviks akan membantu meringankan efek samping pengobatan, mengurangi risiko tubuh terkena infeksi, dan membuat tubuh terasa lebih sehat.Beberapa bahan makanan dan nutrisi yang perlu dipenuhi oleh pasien kanker serviks antara lain antioksidan seperti vitamin A, C, dan E, karbohidrat, lemak sehat, protein, vitamin, mineral, dan air. Mengonsumsi banyak sayur dan buah akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Sementara itu makanan yang mengandung protein seperti telur dan membantu menjaga berat badan agar lebih stabil.

• Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur selama masa pemulihan kanker serviks bisa memberikan berbagai manfaat. Memang, selama masa ini, tubuh mungkin terasa lemas atau tidak berenergi. Namun, aktivitas fisik yang ringan dan sederhana pun sudah bisa membantu.Olahraga atau melakukan aktivitas fisik akan membuat Anda lebih merasa kuat dan berenergi, menambah nafsu makan, dan mengurangi perasaan stres dan depresi. Salah satu olahraga yang bisa dicoba sebagai awalan adalah jalan kaki selama 30 menit. Anda juga bisa menambah jenis olahraga lain selama sudah berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter yang merawat.

• Rutin kontrol ke dokter

Selama dan setelah perawatan selesai, Anda perlu rutin kontrol ke dokter. Dokter akan memantau kondisi secara berkala dan melakukan tes rutin sebagai antisipasi terhadap kambuhnya kanker serviks.Kontrol biasanya dilakukan setiap tiga atau enam bulan sekali selama dua tahun pertama. Setelahnya, selama tiga tahun, kontrol bisa dilakukan setiap enam bulan atau satu tahun sekali tergantung dari instruksi dokter.Selama kontrol, Anda juga bisa berdiskusi seputar efek samping perawatan yang dirasakan. Dokter akan memberikan terapi tambahan atau saran-saran tertentu untuk meredakannya.

• Mencari dukungan emosional

Mengalami kanker serviks adalah hal yang berat dan pasien perlu dukungan penuh dari orang-orang disekitarnya agar bisa melalui masa pemulihan dengan baik dan semangat. Anda juga bisa mencari dukungan emosional dari komunitas sesama penyintas kanker serviks. Sebab berbicara dan mendapatkan dukungan dari orang yang pernah melaluli apa yang Anda lalui sangatlah bermanfaat selama masa pemulihan.Mengenali pantangan penderita kanker serviks dan hal-hal lain yang perlu dilakukan untuk mendukung penyembuhan dapat membantu pasien melewati hari-hari kesembuhannya dengan lebih baik dan sehat. Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar pengobatan kanker serviks atau kondisi lainnya, Anda dapat berdiskusi langsung dengan dokter lewat fitur Chat Dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Dapat diunduh secara gratis di App Store dan Play Store.
kankerkanker servikskanker rahim
WebMD. https://www.webmd.com/cancer/cervical-cancer/feel-better-tips-during-cervical-cancer-treatment
Diakses pada 21 Juli 2021
NHS Inform. https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/cancer/cancer-types-in-adults/cervical-cancer#living-with-cervical-cancer
Diakses pada 21 Juli 2021
Cancer Council Victoria. https://www.cancervic.org.au/living-with-cancer/life-after-treatment/taking-control-of-your-health
Diakses pada 21 Juli 2021
NHS UK. https://www.nhs.uk/conditions/cervical-cancer/treatment/
Diakses pada 21 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait