Sperma Encer? Hindari Konsumsi Makanan-Makanan Ini!


Sperma encer tidak hanya dipicu oleh gangguan medis, namun juga makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kedelai, daging olahan, dan makanan kaleng adalah contoh pantangan makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya jika tidak ingin air mani encer.

(0)
01 Apr 2021|Rhandy Verizarie
pantangan makanan untuk sperma encerDaging olahan seperti sosis merupakan salah satu pemicu sperma jadi encer
Terlepas dari adanya suatu gangguan medis, sperma encer juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Lantas, apa saja pantangan makanan untuk sperma encer yang harus dihindari? Simak informasinya berikut ini.

Pantangan makanan untuk sperma encer

Meski tidak selalu, sperma yang encer bisa jadi menandakan rendahnya kadar sel sperma. Hal ini tentu berdampak pada menurunnya tingkat kesuburan pria. Alhasil, akan sulit bagi pasangan untuk bisa memiliki keturunan.Faktanya, air mani yang cair tidak hanya berkaitan dengan gangguan medis seperti ejakulasi retrograde dan kekurangan zinc, tapi juga makanan. Berikut ini sejumlah pantangan makanan untuk sperma encer yang perlu Anda ketahui dan hindari:

1. Kedelai

Makanan pertama yang harus Anda hindari jika tidak ingin sperma encer terus-menerus adalah kedelai. Sebagaimana dilansir dari The University of Chicago Medicine, pada kedelai terkandung senyawa fitoestrogen.Senyawa inilah yang disebut-sebut dapat menurunkan tingkat konsentrasi sperma sehingga menyebabkan air mani menjadi lebih cair. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Human Reproduction menuturkan bahwa pria yang terlalu banyak mengonsumsi kedelai memiliki kadar sperma yang lebih sedikit.Meski demikian, Anda tak perlu menghindarinya sama sekali. Anda bisa membatasi konsumsi kedelai dan produk olahannya. Biar bagaimanapun, kacang kedelai juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

2. Daging olahan

Pantangan makanan untuk sperma encer lainnya adalah daging olahan, seperti:
  • Sosis
  • Bakso
  • Nugget
Menurut penelitian tahun 2014 yang dirilis oleh The Journal of Nutrition, pria yang mengonsumsi daging olahan memiliki kualitas sperma yang rendah. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Pasalnya, penelitian tersebut hanya menemukan rendahnya kualitas sperma, dalam hal bentuk (morfologi),alih-alih kuantitasnya. Sementara, sperma yang encer sering dikaitkan dengan rendahnya kuantitas sperma.

3. Makanan mengandung lemak trans

Makanan mengandung lemak trans juga sebaiknya Anda hindari apabila tidak ingin memiliki sperma yang cair sehingga menurunkan peluang kehamilan.Studi tahun 2014 dalam jurnal Human Reproduction  mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan mengandung lemak trans dapat menurunkan jumlah sperma dan menyebabkannya menjadi encer.Beberapa contoh makanan dengan kandungan lemak trans yang cukup tinggi antara lain:
  • Popcorn
  • Biskuit
  • Gorengan
  • Kentang goreng olahan
  • Margarin
  • Krimer

4. Susu tinggi lemak

Susu memang minuman yang menyehatkan. Namun, perlu diingat bahwa susu juga mengandung lemak yang cukup tinggi. Nah, kandungan lemaknya inilah yang diklaim dapat menurunkan kualitas maupun kuantitas sperma sehingga berdampak pada tekstur air mani yang encer.Hal ini sejalan dengan penelitian tahun 2013 dalam jurnal yang sama. Penelitian mengatakan bahwa pria berusia 18-22 tahun yang mengonsumsi susu tinggi lemak memiliki lebih sedikit sperma dengan bentuk dan pergerakan yang normal. Namun, belum bisa dipastikan apakah ini turut memengaruhi tingkat kekentalan sperma saat ejakulasi.

5. Makanan kaleng

Makanan kaleng, seperti sarden dan kornet, juga menjadi pantangan makanan untuk sperma encer yang sebaiknya Anda hindari atau setidaknya batasi konsumsinya. Pasalnya, pada makanan-makanan tersebut terkandung bisphenol A.Menurut sebuah jurnal Reproductive Biology and Endocrinology , senyawa bisphenol dapat memengaruhi jumlah sperma sehat hingga berujung pada menurunnya kesuburan seorang pria.

6. Minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol melebihi batas wajar juga bisa berdampak pada menurunnya jumlah sperma sehingga menyebabkan air mani encer saat ejakulasi.Pasalnya, alkohol dapat menurunkan kadar hormon testosteron. Padahal, hormon inilah yang berperan penting dalam proses produksi sperma (spermatogenesis).Tidak hanya itu, alkohol juga berdampak negatif terhadap sperma dari segi bentuk dan pergerakannya.

7. Makanan mengandung banyak gula

Pantangan makanan untuk sperma encer lainnya adalah makanan yang mengandung banyak gula. Menurut studi tahun 2018 dalam Frontiers in Public Health, makanan mengandung gula bisa menyebabkan rendahnya kualitas air mani, yang salah satu tandanya adalah mani encer.Contoh makanan yang kandungan gulanya tinggi antara lain sebagai berikut:
  • Permen
  • Kue tart
  • Es krim
  • Yogurt
  • Minuman berenergi
  • Minuman ringan

8. Buah dan sayuran non-organik 

Terakhir, ada buah dan sayuran non-organik yang harus Anda hindari agar tidak memiliki sperma yang encer. Buah dan sayuran non-organik memiliki kemungkinan terpapar pestisida, yakni zat kimia yang biasa digunakan untuk membasmi hama.Nah, pestisida inilah yang disebut-sebut dapat menghambat produksi sel sperma hingga berdampak pada rendahnya kuantitas maupun kualitas sperma.

Makanan untuk memperbaiki kualitas sperma

Jika makanan-makanan tadi sebaiknya Anda hindari atau batasi konsumsinya, makanan-makanan penyubur sperma berikut ini justru harus Anda konsumsi secara rutin agar kuantitas dan kualitas sperma tetap terjaga, di antaranya:
  • Ikan
  • Telur
  • Sayuran hijau
  • Daging 
  • Tiram
Normalnya, sperma encer adalah kondisi sementara yang dapat membaik. Namun, jika Anda telah berusaha mematuhi pantangan makanan untuk sperma encer, dan tetap tidak ada perubahan, cobalah untuk mengunjungi dokter.Anda juga bisa mencari tahu seputar cara meningkatkan kualitas sperma dengan bertanya langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play
spermakesehatan priareproduksi pria
Frontiers in Public Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6079277/ Diakses apda 18 Maret 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/does-alcohol-kill-sperm-2#effect-on-male-fertility Diakses pada 18 Maret 2021Journal of Human Reproduction. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18650557/ Diakses pada 18 Maret 2021Journal of Human Reproduction. https://academic.oup.com/humrep/article/29/3/429/709204 Diakses pada 18 Maret 2021Journal of Nutrition. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4056648/ Diakses pada 18 Maret 2021Journal of Reproductive Biology and Endocrinology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6339693/ Diakses pada 18 Maret 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/trans-fat/art-20046114 Diakses pada 18 Maret 2021The Journal of Human Reproduction. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23670169/ Diakses pada 18 Maret 2021The University og Chicago Medicine. https://www.uchicagomedicine.org/forefront/health-and-wellness-articles/dont-make-the-mistake-of-letting-a-diet-kill-sperm Diakses pada 18 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait