Pantangan Makanan Penyakit Panu Ini Perlu Anda Hindari


Pantangan makanan penyakit panu adalah yang punya indeks glikemik tinggi seperti nasi putih, kentang, roti tawar, permen, dan biskuit.

0,0
19 Nov 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pantangan makanan penyakit panu adalah makanan manis, tinggi karbohidrat, dan makanan penurun imunPantangan makanan penyakit panu adalah makanan dengan kandungan gula tinggi
Panu atau Tinea Versicolor adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Gejalanya berupa ruam berwarna putih, merah muda, hingga coklat di kulit.
Biasanya, kondisi ini bisa hilang dengan salep antijamur maupun pengobatan topikal lainnya. Namun ada pula pantangan makanan penyakit panu yang perlu dihindari agar kulit bisa kembali sehat.Jamur penyebab panu adalah Malassezia, yang normalnya memang ada di kulit manusia. Namun pertumbuhannya bisa lepas kendali dan melebihi normal pada kondisi tertentu, seperti sering berkeringat, kulit berminyak, perubahan hormon, dan lemahnya sistem imun.

Pantangan makanan penyakit panu

Gambar kentang, salah satu makanan pantangan penyakit panu
Kentang adalah salah satu makanan pantangan panu
Pantangan makanan penyakit panu adalah makanan yang tinggi gula dan karbohidrat. Berikut contohnya:
  • Nasi putih
  • Roti tawar
  • Permen
  • Kentang
  • Biskuit
  • Makanan kemasan dan cepat saji lain
Makanan tinggi gula dan karbohidrat memiliki indeks glikemik yang tinggi. Akibatnya, bahan pangan ini mampu memicu kenaikan gula darah yang bisa berujung pada meningkatnya peradangan di tubuh. Tak hanya itu, produksi minyak di kulit pun akan bertambah, sehingga jamur yang menyebabkan panu jadi lebih rentan muncul.Baca Juga: Ternyata Panu Juga Ada yang Berwarna Hitam, Ini Sebabnya

Apa saja makanan penghilang panu?

Makanan penghilang panu antara lain buah dan sayur
Buah dan sayur bisa bantu atasi panu
Sejauh ini, belum ada pola makan khusus yang sebenarnya dapat mengatasi panu. Namun secara umum, dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat, Anda bisa mencegah bahkan menghilangkan kemunculan panu.Karena salah satu penyebab panu adalah menurunnya sistem imun, risiko kemunculan panu dinilai bisa berkurang jika Anda mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis makanan ini meliputi:
  • Buah dan sayur
  • Sumber protein rendah lemak, seperti ikan dan daging dada ayam
  • Gandum utuh
Mengonsumsi yoghurt juga dinilai bisa membantu dalam mencegah atau mengurangi panu. Memang belum banyak penelitian yang melihat hubungan antara konsumsi produk turunan susu ini dengan kesembuhan panu.Meski begitu, probiotik yang ada di dalam yoghurt terbukti bisa mengurangi ketombe, dan salah satu jamur penyebab ketombe sama dengan jamur yang memicu kemunculan panu.Baca Juga: Infeksi Jamur Kulit Tak Kunjung Sembuh, Kapan Harus Ke Dokter?

Tips mencegah munculnya panu

Menggunakan sunscreen bisa mencegah panu
Memakai sunscreen bisa cegah panu
Selain dengan memperhatikan asupan makanan, risiko kemunculan penyakit panu bisa Anda kurangi dengan menjaga kebersihan kulit secara tepat. Berikut ini beberapa tips mencegah panu yang bisa Anda lakukan:
  • Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung minyak
  • Jangan terlalu sering berjemur di bawah matahari karena bisa memperparah panu
  • Gunakan sunscreen spektrum luas setiap hari dengan minimal SPF 30
  • Gunakan pakaian yang longgar agar kulit tidak mudah lembap dan jamur tidak gampang tumbuh
  • Pilih bahan pakaian yang menyerap keringat seperti katun
  • Gunakan sampo antiketombe yang mengandung selenium sulfide di kulit yang memiliki panu
Menjaga kebersihan kulit merupakan cara utama untuk mencegah dan menghilangkan panu. Apabila Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan saksama, tapi panu tetap muncul, ada baiknya kalau Anda memeeriksakan diri ke dokter.

Pengobatan panu oleh dokter

Obat panu berbentuk obat oles
Salep panu bisanya mengandung bahan antijamur
Jenis obat panu yang diberikan dokter bisa berbeda-beda dan tergantung pada luas area kulit yang terkena panu, lokasi panu, dan ketebalan ruam. Dokter bisa memberikan obat panu dalam bentuk salep maupun obat minum. Apa sajakah jenisnya?

1. Salep untuk mengobati panu

Obat panu yang dioleskan ke kulit bisa membantu untuk menahan pertumbuhan jamur pada kulit. Jenis salep panu yang dianggap efektif biasanya mengandung:

2. Obat panu yang diminum

Dokter biasanya meresepkan obat panu yang diminum untuk kondisi yang lebih parah. Misalnya, area panu yang luas atau sering kambuh meski sudah ditangani dengan salep. Beberapa jenis obat minum untuk mengobati panu antara lain:Kalau Anda masih punya pertanyaan seputar pantangan makanan penyakit panu maupun cara mengobati panu lainnya, diskusikan dengan dokter secara langsung lewat fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh secara gratis di Appstore maupun Google Play.
penyakit kulitinfeksi jamurpanu
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/tinea-versicolor
Diakses pada 8 November 2021
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/tinea-versicolor-cause-symptoms-treatments
Diakses pada 8 November 2021
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/341334-foods-to-avoid-if-you-have-tinea-versicolor/
Diakses pada 8 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait