Inilah Makanan Pantangan Bagi Penderita Kolesterol, Nomor 7 Favorit Banyak Orang!

Kulit ayam goreng memang nikmat, sekaligus sumber kolesterol tinggi yang harus diwaspadai
Meski sangat lezat, kulit ayam goreng bisa membuat kolesterol tinggi

Organ hati secara alami menciptakan kolesterol. Gaya hidup dan faktor genetika dapat menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak kolesterol. Kondisi inilah yang dinamakan kolesterol tinggi.

Sebagai komponen penting dari setiap sel dalam tubuh, kolesterol bergerak ke seluruh tubuh, menggunakan protein dalam aliran darah. Kolesterol kemudian memproduksi hormon, vitamin D, dan zat yang berfungsi dalam mencerna makanan berlemak. 

[[artikel-terkait]]

7 Makanan pantangan bagi penderita kolesterol

Kolesterol yang menumpuk di arteri dapat menghalangi aliran darah, sehingga menyebabkan serangan jantung, stroke atau penyakit jantung koroner. Ketika dokter mendiagnosis adanya kolesterol tinggi, Anda tidak boleh mengabaikan hal tersebut.

Anda harus memperbaiki gaya hidup. Salah satunya dengan menjalani diet rendah kolesterol. Tujuannya, untuk mengontrol kadar kolesterol tetap normal.

Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Setelah mengonsumsinya, kolesterol Anda bisa langsung naik. Oleh sebab itu, beberapa makanan tersebut harus dihindari oleh penderita kolesterol.

Lalu, apa saja makanan pantangan bagi penderita kolesterol? Berikut  ini tujuh makanan yang harus Anda hindari,  jika memiliki kolesterol tinggi.

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng, seperti halnya gorengan dan ayam goreng, merupakan makanan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Tak hanya itu, makanan tersebut sarat dengan kalori tinggi dan mengandung lemak trans, yang dapat merusak kesehatan.

Makanan yang digoreng pun meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes atau obesitas. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus menghindarinya.

2. Makanan cepat saji

Sering mengonsumsi makanan cepat saji, seperti burger atau kentang goreng, dapat menyebabkan kolesterol tinggi, dan membuat Anda memiliki banyak lemak perut.

Selain itu, makanan cepat saji juga menjadi risiko utama untuk berbagai kondisi kronis, termasuk diabetes, obesitas atau penyakit jantung.

3. Lemak trans

Lemak trans biasa ditemukan dalam margarin serta camilan seperti biskuit, kue kering, kerupuk, sandwich, popcorn, dan donat. Lemak ini dapat membuat makanan menjadi penambah kolesterol. Jika sering dikonsumsi, lemak trans tentu dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

4. Makanan manis

Permen, kue, kukis, dan es krim, merupakan makanan tidak sehat yang berkolesterol tinggi. Makanan manis cenderung hanya mengandung kalori tidak sehat, gula, dan lemak. Selain itu, makanan manis seringkali tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sering mengonsumsi makanan manis, selain membuat kolesterol tinggi, juga dapat menambah berat badan. Bahkan, makanan manis bisa berdampak negatif bagi kesehatan.

5. Daging olahan

Sosis, bacon, dan hot dog, merupakan bentuk daging olahan yang berkolesterol tinggi. Selain itu, mengonsumsi daging olahan secara berlebihan, dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung, dan kanker usus besar.

Oleh sebab itu, Anda harus membatasi konsumsi makanan tersebut.

6. Jeroan

Mengonsumsi jeroan ayam atau sapi, seperti hati, ampela, jantung atau usus, dapat meningkatkan kolesterol Anda. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari memakan jeroan agar kolesterol tidak naik.

7. Kulit

Kulit ayam sering menjadi bagian favorit untuk dimakan. Akan tetapi, kulit ayam maupun sapi ternyata dapat meningkatkan kolesterol Anda. Selain itu, kulit mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan.

Agar terhindar dari kolesterol tinggi, sebaiknya Anda menahan diri ketika ingin mengonsumsi kulit ayam ataupun sapi.

Makanan berkolesterol tinggi haruslah dihindari. Jangan sampai Anda mengonsumsinya secara berlebihan, karena dapat memunculkan berbagai penyakit lain.

Ketika kolesterol tinggi, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol ke batas yang normal.

Artikel Terkait

Banner Telemed