Bisa Tertarik pada Semua Jenis Kelamin dan Gender, Kenali Orientasi Panseksual

Panseksual adalah orientasi yang ditandai dengan ketertarikan seksual dan romantis pada seseorang dari semua jenis kelamin dan gender
Panseksual ditandai dengan ketertarikan seksual dan romantis pada seseorang dari semua jenis kelamin dan gender

Spektrum orientasi seksual dan gender kini makin ramai dibicarakan. Heteroseksual mungkin menjadi orientasi mayoritas yang diidentifikasi oleh banyak orang. Namun, beberapa individu merasa dan mengidentifikasi dirinya memiliki orientasi seksual lain. Salah satunya, yakni panseksual.

Apa itu panseksual?

Panseksual adalah orientasi seksual yang ditandai dengan ketertarikan seksual dan romantis pada seseorang, terlepas dari jenis kelamin dan gender seseorang tersebut. Artinya, individu panseksual bisa tertarik pada semua jenis kelamin dan gender.

Kelompok yang menjadi objek ketertarikan individu panseksual di sini tak hanya sebatas perempuan dan laki-laki, namun juga dapat berupa:

  • Individu transgender, atau orang yang merasa gendernya berbeda dengan alat kelaminnya.
  • Individu transeksual, yakni transgender yang melakukan usaha perubahan kelamin, baik dengan mengonsumsi obat hormonal, melakukan tindakan bedah, maupun keduanya.
  • Individu interseks, individu yang terlahir dengan alat kelamin yang tidak memenuhi kriteria sebagai pria maupun wanita.
  • Queer, yaitu individu yang merasa orientasi dan gendernya tidak sesuai dengan kategori yang sudah ada.

Secara bahasa pun, kata “pan” merupakan bahasa Yunani yang berarti “semua” atau “setiap”. Dengan begitu, orang panseksual bisa tertarik secara seksual, emosi, dan romantis, terhadap individu dari “semua” gender dan jenis kelamin.

Individu panseksual tertarik pada semua orang, benarkah?

Jawabannya, tidak. Menyukai orang dari semua jenis kelamin dan gender berbeda pengertiannya dengan menyukai semua orang yang ia temui.

Misalnya, seorang panseksual di waktu tertentu bisa tertarik pada pria. Namun, di waktu setelahnya, individu tersebut juga bercinta dengan seorang transeksual. Di waktu-waktu lain, ia bisa berhubungan seks dan mencintai seorang perempuan.

Hal ini sama seperti orientasi lain, seperti heteroseksual. Heteroseksual ditandai dengan ketertarikan pada lawan jenis. Namun, bukan berarti ia menyukai semua lawan jenis yang ia temui, bukan?

Apa perbedaan biseksual dan panseksual?

Beberapa orang menyebutkan bahwa individu panseksual sama saja dengan orang biseksual. Walau begitu, penting untuk diingat bahwa kedua orientasi seksual tersebut sama sekali berbeda.

Individu biseksual bisa tertarik pada dua gender atau lebih, misalnya pada laki-laki dan perempuan sekaligus. Sementara itu, orang dengan orientasi panseksual bisa menyukai semua gender.

Penting untuk membedakan istilah “dua atau lebih gender” dengan “semua gender”, karena spektrum gender di dunia ternyata tak hanya laki-laki dan perempuan saja.

Selebriti yang membuka dirinya sebagai individu panseksual

Beberapa artis dan penyanyi terkenal pun telah melela atau coming out sebagai individu panseksual. Siapa saja?

1. Miley Cyrus

Pada tahun 2015, pelantun “Wrecking Ball” ini mengungkapkan bahwa ia adalah individu panseksual. Penyingkapan tersebut ia sampaikan dalam sebuah wawancara dan mengatakan, “Saya sangat terbuka dengan hal ini – saya adalah seorang panseksual.”

Miley juga mengatakan, seseorang bisa jatuh cinta dengan orang lain siapapun itu, bukan karena gendernya, wajahnya, atau apapun. Miley menekankan, gender merupakan bagian terkecil bahkan hampir tidak relevan dalam sebuah hubungan.

2. Bella Thorne

Aktris Bella Thorne awalnya mengungkapkan bahwa ia seorang biseksual. Namun, dalam sebuah wawancara di Good Morning America, ia kemudian menyebutkan bahwa ia adalah seorang panseksual.

Bella berujar, "Anda menyukai apa yang Anda suka. [Orang tersebut] tidaklah harus cewek atau cowok atau dia [laki-laki] atau dia [perempuan], atau mereka atau ini atau itu. Secara harfiah ‘Anda menyukai kepribadian [orang tersebut]'. Anda menyukai makhluk [terlepas dari gendernya]."

3. Brendon Urie, vokalis Panic! At the Disco

Pada tahun 2018, Brendon Urie mengaku dirinya seorang panseksual. Brendon menyebutkan, ia sangat mencintai istrinya. Namun status tersebut tidak menjadikannya tidak tertarik pada laki-laki.

Brendon Urie panseksual
Brendon Urie mengaku dirinya seorang panseksual (sumber foto: Instagram @brendonurie)

“Yeah saya kira Anda bisa mengelompokkan saya sebagai seorang panseksual, karena saya benar-benar tidak peduli.”

Menurut Brendon, jika ada individu yang baik, maka individu tersebut juga akan baik baginya.

Catatan dari SehatQ

Spektrum gender dan orientasi seksual ternyata memang tidak sehitam putih yang kita pikirkan. Sebab, faktanya, beberapa orang memang memiliki ketertarikan pada orang dari berbagai latar belakang dan orientasi.

Jika Anda bergumul dengan masalah ketertarikan seksual dan mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda disarankan untuk segera menemui konselor atau ahli kejiwaan. Mencurahkan kegalauan dengan teman yang bisa dipercaya, juga bisa dilakukan.

Elle Australia. https://www.elle.com.au/celebrity/pansexual-celebrities-20864
Diakses pada 3 Januari 2019

Elle UK. https://www.elle.com/uk/life-and-culture/a29339872/pansexual-meaning
Diakses pada 3 Januari 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/bisexual-vs-pansexual
Diakses pada 3 Januari 2019

Paper Magazine. https://www.papermag.com/brendon-urie-lays-it-all-out-2584081623.html
Diakses pada 3 Januari 2019

Pink News. https://www.pinknews.co.uk/2017/06/23/whats-the-difference-between-gay-and-queer
Diakses pada 3 Januari 2019

Sex Info Online, University of California Santa Barbara. https://sexinfo.soc.ucsb.edu/article/pansexuality
Diakses pada 3 Januari 2019

The Canadian Centre for Gender + Sexual Diversity. https://ccgsd-ccdgs.org/pan-resources
Diakses pada 3 Januari 2019

Vaden Health Center, Student Affairs, Stanfod University. https://sexinfo.soc.ucsb.edu/article/pansexuality
Diakses pada 3 Januari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed