Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar, Kapan Sebaiknya Dilakukan?

Berhubungan seks setelah operasi caesar sebaiknya menunggu proses penyembuhan operasi caesar.
Butuh waktu untuk berhubungan seks kembali setelah operasi caesar

Orang mungkin berpikir bahwa orang yang melahirkan secara caesar tidak memiliki masalah melanjutkan aktivitas seksual karena tidak banyak kerusakan pada area vagina. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Wanita yang menjalani operasi caesar pada umumnya memiliki kesulitan secara seksual, terutama di awal periode postpartum. Sebuah studi menunjukkan bahwa baik wanita yang melahirkan normal maupun caesar melaporkan adanya masalah-masalah seksual dalam tiga bulan pertama setelah melahirkan.

Kapan Bisa Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar?

Sebenarnya, tidak ada waktu yang pasti untuk mengembalikan aktivitas seksual setelah operasi caesar. Umumnya, wanita akan menunggu antara empat hingga enam minggu sebelum memulai kembali hubungan dengan pasangan.

Meski Anda mungkin mengalami lebih sedikit pendarahan dengan operasi caesar, Anda tetap perlu waktu sekitar enam minggu untuk membuat leher rahim menutup sepenuhnya.

Beberapa wanita mungkin merasa siap untuk melanjutkan hubungan seksual lebih cepat daripada yang lain, namun Anda hanya boleh berhubungan seks lagi setelah mendapat lampu hijau dari dokter kandungan dan ketika Anda merasa nyaman.

Masa Pemulihan Setelah Operasi Caesar

Setelah operasi Caesar, dokter biasanya menyarankan pasien untuk berada di rumah sakit selama dua hingga empat hari untuk proses pemulihan.

Sebagian besar pasien yang melahirkan melalui operasi Caesar tidak terlalu banyak mengalami pendarahan vagina karena darah dibersihkan saat proses operasi. Namun tidak menutup kemungkinan, Anda akan mengeluarkan darah selama empat hingga enam minggu.

Rahim wanita butuh waktu sekitar enam minggu untuk kembali ke ukuran normal dan leher rahim kembali menutup. Leher rahim harus menutup agar hubungan seksual dapat dilanjutkan dengan aman. Sehingga dalam rentang waktu penyembuhan ini, Anda tidak disarankan melakukan hubungan badan bersama pasangan.

Proses Penyembuhan Operasi Caesar

Pemulihan rahim antara proses melahirkan normal dan caesar hampir sama. Tetapi, ibu yang telah menjalani operasi harus melewati pemulihan bekas jahitan pada daerah perut.

Beberapa wanita bahkan bisa mengalami mati rasa atau kesemutan selama berbulan-bulan setelah operasi. Hal ini umum terjadi, selama rasa sakitnya tidak meningkat dan tidak disertai dengan gejala lain seperti demam.

Area di sekitar jahitan akan terasa tidak nyaman. Sebaiknya, coba posisi seks yang tidak memberi tekanan pada perut. Saat pertama kali melakukan hubungan setelah melahirkan, Anda akan merasa takut.

Alasannya adalah karena seks bukan hanya perihal fisik, tetapi juga mental. Rasa ragu atau takut yang Anda miliki mengenai berhubungan seks lagi akan sangat nyata dan bisa berpengaruh pada pengalaman seksual Anda.

Pastikan untuk berbicara dengan pasangan dan luangkan waktu untuk melakukan foreplay nonseksual untuk membuat suasana rileks. 

Kapan Sebaiknya Berkonsultasi dengan Dokter?

Beberapa wanita mengalami disfungsi seksual setelah operasi caesar. Jika Anda merasa seks yang dilakukan tidak normal atau menyakitkan, sebaiknya segera periksakan pada dokter.

Begitu juga ketika mengalami peningkatan rasa sakit atau perdarahan pada bekas jahitan. Pada prinsipnya, seiring berjalannya waktu, ibu harus merasa lebih baik, bukan lebih buruk.

Jika bekas luka terasa menyakitkan, itu adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang salah. Masalah tersebut dapat berupa bekas jahitan terbuka, terasa perih, memerah, atau membengkak. Kondisi seperti ini harus diwaspadai karena mungkin saja merupakan tanda-tanda infeksi.

Hal yang harus diingat, kondisi setiap wanita pasca persalinan berbeda-beda. Oleh sebab itu, penting berkomunikasi secara terbuka satu sama lain. Jika menemui masalah terkait seks setelah operasi caesar, jangan takut atau sungkan untuk berbicara dengan dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/sex-after-c-section

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/sex-after-a-c-section-2759420

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed