logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar, Kapan Sebaiknya Dilakukan?

open-summary

Butuh waktu untuk kembali berhubungan seks setelah operasi caesar. Anda perlu mempertimbangkan faktor pemulihan rahim dan leher rahim, hingga kesiapan mental untuk berhubungan seks lagi. Tunggu proses penyembuhan operasi caesar selesai sebelum kembali melakukan aktivitas seksual.


close-summary

25 Des 2018

| Rianti Dea Rizky Pratiwi

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Berhubungan seks setelah operasi caesar sebaiknya menunggu proses penyembuhan operasi caesar.

Butuh waktu untuk berhubungan seks kembali setelah operasi caesar

Table of Content

  • Kapan boleh berhubungan setelah operasi caesar?
  • Apakah normal keluar darah saat berhubungan setelah operasi caesar?
  • Tips berhubungan intim setelah melahirkan secara caesar
  • Kapan waktu yang bagus untuk KB setelah melahirkan selesai?
  • Kapan sebaiknya berkonsultasi dengan Dokter?

Orang mungkin berpikir bahwa berhubungan setelah operasi caesar tidak memiliki masalah aktivitas seksual karena tidak banyak kerusakan pada area vagina. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Advertisement

Wanita yang menjalani operasi caesar pada umumnya memiliki kesulitan secara seksual, terutama di awal periode postpartum. Sebuah studi menunjukkan bahwa baik wanita yang melahirkan normal maupun caesar melaporkan adanya masalah-masalah seksual dalam tiga bulan pertama setelah melahirkan.

Baca Juga

  • Mengenal Definisi Informed Consent dan Pentingnya Dalam Penanganan Medis
  • Bumil Jangan Ragu, Nikmati Saja Orgasme Saat Hamil!
  • Mengenal Komplikasi Bayi Prematur dan Persentase Harapan Hidupnya

Kapan boleh berhubungan setelah operasi caesar?

Sebenarnya, tidak ada waktu yang pasti untuk mengembalikan aktivitas seksual setelah operasi caesar. Pascacaesar, Anda biasanya akan menjalani perawatan di rumah sakit selama 2-4 hari. 

Meski masa pemulihan pascaoperasi terbilang singkat, namun umumnya wanita akan menunggu antara 4-6 minggu sebelum memulai kembali hubungan dengan pasangan.

Meski Anda mungkin mengalami lebih sedikit pendarahan dengan operasi caesar, Anda tetap perlu waktu sekitar 6 minggu untuk membuat leher rahim menutup sepenuhnya.

Beberapa wanita mungkin merasa siap untuk melanjutkan hubungan seksual lebih cepat daripada yang lain, namun Anda hanya boleh berhubungan seks lagi setelah mendapat lampu hijau dari dokter kandungan dan ketika Anda merasa nyaman.

Dokter umumnya akan menyarankan Anda untuk kembali berhubungan setelah operasi caesar ketika kondisi rahim telah pulih

Rahim wanita butuh waktu sekitar 6 minggu untuk kembali ke ukuran normal dan leher rahim kembali menutup. Leher rahim harus menutup agar hubungan seksual dapat dilanjutkan dengan aman. Sehingga dalam rentang waktu penyembuhan ini, Anda tidak disarankan melakukan hubungan badan bersama pasangan.

Baca juga: Berhubungan Intim Setelah Melahirkan? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Apakah normal keluar darah saat berhubungan setelah operasi caesar?

Keluarnya darah saat berhubungan setelah operasi caesar bisa saja disebabkan karena masa nifas yang belum benar-benar selesai. Normalnya, darah nifas ini bisa keluar hingga 6 minggu lamanya pascamelahirkan.

Jika Anda sudah melakukan hubungan seksual di kurun waktu tersebut, maka bukan tidak mungkin darah yang keluar adalah darah nifas. Bahkan, apabila darah yang keluar sedikit, maka itu mungkin hanya goresan pada dinding vagina saat berhubungan intim.

Namun, jika perdarahan yang terjadi cukup banyak dan disertai dengan rasa nyeri, segera berkonsultasi ke dokter untuk memastikan secara jelas penyebabnya.

Tips berhubungan intim setelah melahirkan secara caesar

Agar berhubungan intim setelah melahirkan secara caesar tetap aman dan terasa nyaman, Anda bisa mencoba sejumlah tips ini:

1. Menenangkan pikiran

Agar tidak stres saat ingin berhubungan intim, sebaiknya Anda melakukan aktivitas yang dapat menenangkan pikiran seperti mandi air hangat hingga mendengarkan lagu. Hindari hal yang bisa mengganggu pikiran dan fokuslah pada pasangan.

2. Melakukan foreplay sebelum berhubungan seks

Agar lebih rileks saat berhubungan seksual, mintalah pada pasangan Anda untuk memijat punggung atau pinggang terlebih dahulu. Jika vagina masih terasa kering, mintalah pasangan untuk melakukan foreplay untuk mengurangi rasa nyeri saat penetrasi seksual.

3. Pilih posisi seks yang aman dan nyaman

Pilih lah posisi berhubungan seks yang aman, seperti tidak memberi banyak tekanan di area sekitar perut. Posisi berhubungan intim yang disarankan setelah operasi caesar adalah posisi menyamping atau penetrasi dari belakang. Posisi duduk atau berada di atas pasangan juga menjadi posisi yang dapat Anda pilih.

Baca juga: Ini Posisi Seks yang Disukai Wanita, Dijamin Bikin Cepat Orgasme

4. Lakukan senam kegel

Untuk membantu proses pemulihan pascaoperasi agar berhubungan seksual setelah caesar dapat lebih nyaman, Anda bisa mulai rutin melakukan senam kegel. Dikutip dari Mayo Clinic, selain melatih otot vagina, senam kegel juga dapat melatih otot seluruh bagian panggul. Ketahanan otot panggul dapat memengaruhi performa saat berhubungan intim.

Kapan waktu yang bagus untuk KB setelah melahirkan selesai?

Waktu untuk memulai KB setelah melahirkan untuk setiap ibu pasti berbeda. Hal tersebut tergantung pada kesiapan dan bagaimana rutinitas menyusui bayi setelah lahir.

Jika tidak ingin memiliki momongan lagi dalam waktu dekat, sebaiknya Anda sudah mulai KB sejak 3-4 minggu setelah melahirkan. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter saat pemeriksaan kelahiran dilakukan setelah 6 minggu melahirkan untuk memastikannya.

Dengan begitu, dokter bisa menentukan KB yang cocok sesuai kondisi tubuh dan proses melahirkan, apakah normal atau caesar.

Kapan sebaiknya berkonsultasi dengan Dokter?

Beberapa wanita mengalami disfungsi seksual setelah operasi caesar. Jika Anda merasa seks yang dilakukan tidak normal atau menyakitkan, sebaiknya segera periksa pada dokter.

Begitu juga ketika terasa sakit atau perdarahan pada bekas jahitan saat berhubungan intim. Pada prinsipnya, seiring berjalannya waktu, ibu harus merasa lebih baik, bukan lebih buruk.

Jika bekas luka terasa menyakitkan, itu adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang salah. Masalah tersebut dapat berupa bekas jahitan terbuka, terasa perih, memerah, atau membengkak. Kondisi seperti ini harus diwaspadai karena mungkin saja merupakan tanda-tanda infeksi.

Hal yang harus diingat, kondisi setiap wanita pasca persalinan caesar berbeda-beda. Oleh sebab itu, penting berkomunikasi secara terbuka satu sama lain. Jika menemui masalah terkait seks setelah operasi caesar, jangan takut atau sungkan untuk berbicara dengan dokter.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

operasi caesarmelahirkancaesarpersalinantips seks

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved