Panduan Perawatan Wajah Pria agar Sehat dan Tampan Maksimal


Perawatan wajah pria perlu diterapkan karena kulit laki-laki juga bisa bermasalah. Ada beberapa cara merawat wajah pria yang bisa dilakukan, termasuk membersihkan, melindungi, melembapkan, dan mengeksfoliasi.

(0)
17 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Perawatan wajah pria perlu diterapkan karena kulit kaum adam pun rentan kusam, cepat menua, berjerawat, bahkan rusak akibat polusi dan radikal bebasSeperti wanita, pria pun wajib rutin membersihkan wajah maksimal dua kali dalam satu hari
Siapa bilang merawat wajah pria tidak penting? Kaum pria juga wajib merawat wajah dan badan agar kulit senantiasa sehat, cerah, serta bersih. Namun, karena identik dengan ritual milik wanita, Anda mungkin bingung dalam menerapkan panduan perawatan wajah pria yang tepat. Simak artikel ini untuk mengetahui tips dan panduan wajah pria yang mudah dilakukan.

Panduan perawatan wajah pria agar tampan maksimal

Untuk penampilan yang paripurna, berikut ini panduan dan tips perawatan wajah pria yang bisa diterapkan:

1. Ketahui jenis kulit

Tips perawatan wajah pria yang utama adalah mengetahui jenis kulit yang dimiliki. Umumnya, pria memiliki kulit berminyak dengan tekstur yang tebal akibat aktivitas hormon testosteron. Namun, beberapa pria tentu juga memiliki kulit kering, normal, atau kombinasi. Dengan mengetahui tipe kulit, Anda bisa memilih produk perawatan wajah pria yang tepat dan sesuai.Salah satu cara cepat mengetahui jenis kulit adalah dengan menempelkan kertas minyak wajah (blotting paper) satu jam setelah wajah dibersihkan. Apabila terdapat banyak minyak menyerap di kertas tersebut, maka kulit Anda cenderung berminyak. Jika hampir tidak ada minyak di kertas, maka besar kemungkinan kulit yang Anda miliki adalah kulit kering.Sementara itu, apabila ada sedikit minyak di blotting paper, maka besar kemungkinan kulit wajah Anda adalah kulit kombinasi atau normal.

2. Bersihkan wajah maksimal dua kali sehari

Seperti wanita, pria pun wajib rutin membersihkan wajah maksimal dua kali dalam satu hari. Waktu paling wajib untuk membersihkan wajah adalah sebelum tidur – agar kotoran dan polusi yang menempel bisa terangkat dan tidak menyumbat pori-pori wajah. Kotoran yang tidak dibersihkan tentu membuat wajah pria kusam. Hindari mencuci wajah terlalu sering karena dapat merusak minyak alami yang ada di kulit.Pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Anda juga disarankan memilih pembersih dengan bahan yang ringan dan tidak mengiritasi kulit. 

3. Aplikasikan serum wajah

Ya, dalam merawat wajah pria, Anda pun memerlukan asupan dari produk serum wajah agar bisa tampil paripurna. Sebagai rekomendasi produk perawatan wajah pria, Anda bisa memilih produk serum dengan kandungan yang memiliki efek antioksidan seperti serum vitamin C. Serum vitamin C dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyerang dari mana saja, seperti polusi udara, asap rokok, dan sinar ultraviolet.Anda bisa mengaplikasikan serum setelah membersihkan wajah dan bercukur serta sebelum mengoleskan pelembap dan tabir surya. 

4. Oleskan pelembap 

Panduan perawatan wajah pria yang juga perlu diperhatikan adalah penggunaan pelembap wajah. Pelembap bisa digunakan saat pagi hari serta sebelum tidur di malam hari. Beberapa produk pelembap juga mengandung SPF. Pilihlah produk pelembap dengan minimal SPF 30 di pagi hari untuk memberikan perlindungan optimal dari sinar UV.Sementara itu, untuk malam hari, Anda bisa menggunakan pelembap tanpa SPF.

5. Jangan lupakan tabir surya

Bukan rahasia lagi bahwa sinar ultraviolet dapat memicu penuaan kulit. Atas dasar ini, perawatan wajah pria juga membutuhkan tabir surya agar kulit tetap sehat dan kencang. Menggunakan sunscreen pun tak hanya saat Anda pergi keluar rumah saja. Saat berada dalam ruangan pun, produk yang kerap terlupakan ini tetap wajib diaplikasikan.  Pilihlah tabir surya dengan minimal SPF 30 dan memiliki label broad spectrum. Label broad spectrum artinya produk tersebut dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA maupun UVB.

6. Eksfoliasi dua kali seminggu

Perawatan wajah pria yang mungkin belum terlalu populer adalah eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan teknik untuk membersihkan sel kulit mati dari permukaan kulit wajah menggunakan zat kimia, granular scrub, atau alat untuk eskfoliasi. Wajah perlu dieksfoliasi dengan rutin karena pertambahan usia membuat kulit semakin sulit “membersihkan” diri dan membuang sel kulit mati. Dengan terangkatnya sel kulit mati, wajah kusam pria pun bisa diminimalkan.Salah satu cara eksfoliasi yang aman dan tidak merepotkan adalah dengan menggunakan pembersih yang mengandung zat eksofoliator. Pembersih eksfoliasi umumnya mengandung asam salisilat yang bisa Anda gunakan dua kali dalam satu minggu. Dengan kombinasi rutin membersihkan wajah dan eksfoliasi dua kali seminggu, wajah akan tampil lebih paripurna.

7. Perhatikan cara bercukur

Ya, bercukur pun menjadi menjadi bagian dari perawatan wajah pria. Agar ritual bercukur tidak berefek buruk pada wajah Anda, tips berikut ini bisa diterapkan:
  • Basahi kulit dan kumis/jenggot agar memudahkan proses bercukur
  • Perhatikan krim atau gel untuk bercukur. Apabila kulit Anda sensitif, pilihlah produk krim yang memang diperuntukkan untuk kulit sensitif.
  • Bercukurlah searah pertumbuhan rambut untuk mencegah benjolan akibat pisau cukur 
  • Rutin membersihkan alat cukur. Jika menggunakan alat cukur yang bisa diisi ulang, pastikan Anda mengganti pisaunya secara berkala.
  • Simpan alat cukur di tempat kering, bukan di tempat yang lembap seperti kamar mandi

8. Bereksperimen dengan beragam produk perawatan wajah

Dalam menerapkan cara merawat wajah pria di atas, Anda tentu membutuhkan produk-produk perawatan wajah pria seperti pembersih, serum, pelembap, hingga krim untuk bercukur. Memilih produk perawatan wajah pria pun seringkali melibatkan trial and error. Untuk itu, Anda bisa membeli produk yang memberikan sampel produk sebagai tester.

Perlukah memilih produk perawatan wajah pria yang dirancang untuk laki-laki?

Dalam mencari produk perawatan wajah pria, Anda tentu sering melihat label produk yang memiliki label “for men” atau “dirancang khusus untuk pria”. Produk berdasarkan gender tersebut sebenarnya sangat membantu dan bermanfaat. Namun, banyak produk skincare sebenarnya bisa dipakai oleh pria maupun wanita dan tetap cocok setelah diaplikasikan. Dengan demikian, merawat wajah pria tidak mesti menggunakan produk yang dirancang khusus untuk laki-laki saja. Sekali lagi, Anda bisa bereksperimen dengan sampel produk untuk mengetahui cocok tidaknya bagi kulit Anda.

Catatan dari SehatQ

Perawatan wajah pria perlu diterapkan karena kulit kaum adam pun rentan kusam, cepat menua, berjerawat, bahkan rusak akibat polusi dan radikal bebas. Cara merawat wajah pria di atas bisa Anda terapkan dengan perlahan untuk menyesuaikan dengan kondisi kulit Anda.Jika masih memiliki pertanyaan terkait produk perawatan wajah pria dan cara merawat pria, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan kulit terpercaya
kulit sehatperawatan kulitjerawatkesehatan kulitkomedo
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/hair/how-to-shave
Diakses pada 4 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/male-skin-care-guide
Diakses pada 4 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/meaning-of-exfoliating
Diakses pada 4 November 2020
Man for Himself. https://manforhimself.com/grooming/skin-care/find-out-your-skin-type-mens-skincare
Diakses pada 4 November 2020
Men’s Health. https://www.menshealth.com/style/a19528270/how-often-should-i-exfoliate
Diakses pada 4 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait