Panduan Perawatan Kesehatan Rutin untuk Pria agar Tetap Sehat dan Bugar

Perawatan kesehatan rutin untuk pria dibagi berdasarkan waktunya, seperti perawatan kesehatan harian, bulanan, enam bulan, dan saat tertentu
Perawatan kesehatan rutin untuk pria perlu dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit

Perawatan kesehatan pria sebaiknya dilakukan dengan rutin untuk menjaga kondisi tubuh di tengah aktivitas yang padat. Seperti halnya sebuah mesin, organ dalam tubuh membutuhkan perawatan berkala untuk bisa berfungsi secara normal dan seimbang. Itulah sebabnya, perawatan kesehatan dianjurkan bagi siapa saja, termasuk seorang pria. Apa saja perawatan kesehatan rutin untuk pria yang dianjurkan? 

1. Perawatan Harian

Tubuh memerlukan antibodi yang tidak hanya diperoleh dari vaksin saja. Namun, jenis antibodi alami seperti nutrisi seimbang, vitamin, dan mineral untuk menjaga kondisi tubuh juga dibutuhkan. Anda bisa mendapatkannya dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur serta menjaga pola makan sehat.

Selain menjaga pola makan, beberapa perawatan kesehatan setiap harinya juga harus dilakukan. Seperti, menjaga kebersihan gigi dan mulut, tangan, hingga menggunakan kondom setiap berhubungan intim sebagai langkah mencegah penularan penyakit seks menular.

2. Perawatan Bulanan

Setiap bulannya, tubuh membutuhkan perawatan untuk kulit, berat badan, dan sebagainya. Lindungi kulit yang sering terpapar radikal bebas dengan melakukan treatment khusus untuk melembutkan kulit, misalnya mencoba lulur, mengaplikasikan lotion, dan sebagainya.

Selain itu, perhatikan juga berat badan ideal tubuh Anda. Banyak pria tidak menyadari dirinya mengalami obesitas yang memicu berbagai penyakit mematikan. Inilah fungsi menjaga berat badan ideal sesuai dengan tinggi badan.

3. Perawatan Setiap Enam Bulan

Perawatan kesehatan pada pria yang disarankan setiap enam bulan sekali adalah melakukan check-up ke dokter gigi. Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut, secara otomatis Anda sudah mengurangi salah satu penyebab kuman penyakit.

4. Perawatan pada Saat Tertentu

Setiap manusia pasti pernah mengalami sakit atau terinfeksi virus tertentu. Namun, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan selama infeksi tidak menimbulkan penyakit berbahaya. Ada jenis infeksi seperti flu, radang tenggorokan, dan semacamnya yang membuktikan bahwa tubuh Anda mengalami ketidakseimbangan metabolisme. Jadi, Anda pun perlu peka dengan gejala-gejala yang muncul untuk menentukan langkah perawatan agar kondisi kembali normal.

Melakukan pengecekan pada kondisi tubuh dengan pemeriksaan laboratorium diperlukan ketika mengalami gejala yang cukup serius. Misalnya, terdapat benjolan pada bagian tubuh tertentu, kondisi lemah terus-menerus, atau gejala lainnya yang mengacu pada tanda penyakit berbahaya.

Selain itu, lakukan check-up setidaknya setahun sekali untuk memastikan prostat dan usus dalam kondisi sehat. Pasalnya, dua jenis penyakit berbahaya seperti kanker usus dan kanker prostat hampir selalu mengintai saat pria menginjak usia 50 tahun.

Perawatan kesehatan pria di atas bisa menjadi acuan bagi Anda yang ingin menjaga kebugaran tubuh dengan rutin. Ketika tubuh bugar, tentu aktifitas harian pun jadi semakin berwarna. Coba untuk mengaplikasikannya secara rutin dan dapatkan investasi kesehatan jangka panjang dengan perawatan kesehatan yang Anda terapkan.

WebMD. https://www.webmd.com/prostate-cancer/features/routine-maintenance-for-him
Diakses pada November 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed