Panduan Penambahan Berat Badan Bayi yang Ideal untuk 12 Bulan Pertamanya

Cara menambah berat badan bayi dapat dilakukan dengan memberikan asupan tambahan (MPAS)
Pertumbuhan berat badan bayi harus dipantau oleh orangtua

Membantu buah hati mendapatkan berat badan yang ideal di tahun pertamanya bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk memastikan penambahan berat badannya sesuai, Anda bisa mengikuti panduan lengkap mengenai penambahan berat badan bayi dalam 12 bulan pertamanya.

Newborn (1-4 Minggu)

Pada fase ini, umumnya bayi bisa kehilangan sedikit berat badannya setelah lahir. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena bayi akan memperoleh berat badannya kembali dalam 10-12 hari. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter, bila buah hati terlihat mempunyai reaksi alergi saat meminum ASI.

Usia 1 Bulan

Pemberian jumlah ASI memang tak bisa diprediksi. Kita pun tak bisa menentukan berapa banyak asi yang harus diberikan setiap kali menyusui. Namun, pada usia ini, bayi membutuhkan ASI sekitar 8 hingga 12 kali dalam sehari. Jadi, setidaknya Anda harus menyusui setiap 2 sampai 3 jam.

Usia 2 Bulan

Setelah bayi menginjak usia 2 bulan, para ibu belum diperbolehkan memberi makanan padat hingga sang buah hati berusia empat bulan. Pasalnya, terlalu cepat memberikan makanan padat bisa menimbulkan masalah pencernaan yang berbahaya. Anda bisa memberikan asupan ASI yang cukup pada usia bayi ini.

Usia 3 Bulan

Jika buah hati Anda sudah berumur 3 bulan, frekuensi pemberian ASI akan berkurang menjadi 5-8 kali sehari. Meski pada malam hari bayi bisa bangun untuk disusui, tapi intensitasnya tidak terlalu sering. Berat badan bayi Anda pun akan naik sekitar 600 gram setiap bulan, hingga usianya menginjak 7 bulan.

Usia 4 Bulan

Begitu melewati 4 bulan pertama, bayi akan menunjukkan tanda-tanda kesiapan untuk mengonsumsi makanan padat. Indikatornya adalah bayi bisa mengangkat kepala hingga duduk dengan mantap. Transisi asupan cair ke padat ini memang terbilang rumit. Itulah sebabnya, Anda tak boleh memaksanya mengonsumsi makanan padat bila belum siap.

Usia 5 Bulan

Saat usianya telah beranjak 5 bulan, berat badan bayi diharapkan naik dua kali lipat dibanding berat saat lahir. Sebaiknya, tanyakan langsung kepada dokter mengenai berat badan yang ideal untuk sang buah hati. Bila bayi berisiko kekurangan berat badan, Anda perlu mencari cara untuk membantu meningkatkan bobotnya.

Usia 6 Bulan

Begitu menginjak fase ini, buah hati Anda akan tumbuh setidaknya setengah inci sebulan serta mengalami kenaikan berat badan 85-140 gram dalam seminggu. Jika ingin memperkenalkan makanan padat, Anda bisa melakukannya di tahap ini. Selain itu, akan lebih baik untuk menunggu sekitar 3 hari setiap kali memperkenalkan makanan baru kepada si buah hati.

Usia 7 Bulan

Agar mendapatkan berat badan yang ideal, Anda bisa mengombinasikan ASI dengan asupan bergizi lainnya seperti sayur dan buah. Tak perlu takut bereksperimen dengan bumbu saat membuat makanan untuk bayi. Dengan demikian, dia akan terbiasa mengonsumsi makanan yang Anda buat.

Usia 8 Bulan

Cobalah telur orak arik dengan ukuran gigitan yang kecil agar memudahkan bayi untuk memakannya. Selain itu, sayuran, bakso, keju, hingga buah masak juga baik untuk membantu menambah berat badan bayi. Bila ingin memberikannya camilan, Anda bisa memilih yang ringan dan mudah dicerna.

Usia 9-10 Bulan

Untuk mempertahankan berat badan, jangan ragu untuk memberinya berbagai makanan bergizi selama itu tak akan membuatnya tersedak. Anda juga bisa mencoba memperkenalkan sayuran maupun buah yang lebih keras. Misalnya, apel yang dipotong dalam ukuran kecil.

Usia 11-12 Bulan

Memasuki ulang tahun pertama bayi, berat badannya akan naik sekitar tiga kali lipat beratnya saat lahir. Bayi usia 11-12 bulan membutuhkan makanan solid sebanyak tiga kali sehari. Bayi di usia ini harusnya sudah bisa mengonsumsi berbagai makanan yang berbeda dan mulai aktif dalam waktu makan mereka, seperti berusaha menyantap makanan mereka sendiri dan minum dari sippy cup.

Parents. https://www.parents.com/baby/development/growth/baby-weight-gain/ 
Diakses pada Desember 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed