Tak Perlu Bingung, Ini Panduan Menyusun Menu MPASI 7 Bulan

Dalam MPASI 7 bulan, bayi dapat mengonsumi makanan yang lebih keras dalam bentuk mashed
Bayi 7 bulan memiliki kemampuan mengonsumsi MPASI yang lebih baik

Ketika bayi menginjak usia 7 bulan, kemampuannya mengonsumsi makanan pendamping air susu ibu (MPASI) akan lebih baik dibanding bulan sebelumnya. Di saat inilah Anda bisa lebih mengeksplorasi menu MPASI 7 bulan untuk diberikan kepada bayi lewat pemberian bahan makanan yang lebih bervariasi.

Prinsip dasar MPASI 7 bulan

Dalam memberi MPASI pada bayi 7 bulan, terdapat beberapa hal dasar yang harus Anda ingat. Pertama, porsi makanan bayi 7 bulan yang dianjurkan adalah 3 sendok makan atau setengah mangkuk berukuran 250 ml. Pemberian makan sendiri bisa dilakukan 2-3 kali sehari dan diselingi camilan atau snack.

Untuk tekstur, Anda dapat melanjutkan pemberian makanan dalam bentuk bubur kental (puree), atau meningkat menjadi makanan yang dilumatkan hingga halus (mashed) dan diberikan dengan sendok (spoon feeding). Bagi ibu yang mengikuti metode MPASI 7 bulan berupa baby led weaning (BLW), selalu dampingi anak ketika makan untuk menghindari kemungkinan bayi tersedak.

Baby led weaning adalah metode pemberian MPASI dengan bahan makanan yang dapat digenggam oleh bayi sehingga ia bisa menyuapi dirinya sendiri. Ada klaim yang menyatakan BLW membuat bayi lebih mandiri dalam kegiatan makan, sementara IDAI tidak menganjurkan metode ini karena khawatir bayi tersedak dan tidak mendapat cukup nutrisi dari asupannya.

Sebagai jalan tengah, tidak sedikit juga orangtua yang mengombinasikan metode spoon feeding dengan BLW. Yang penting, Anda memastikan bayi makan dengan aman dan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Apa saja bahan makanan yang dapat digunakan dalam MPASI 7 bulan?

Pada dasarnya, semua bahan makanan dapat Anda olah menjadi MPASI 7 bulan. IDAI bahkan menyatakan setiap bayi harus sudah diberikan makanan lengkap yang mengandung protein nabati dan hewani sejak usianya menginjak 6 bulan.

Oleh karena itu, berikut beberapa bahan makanan yang dapat Anda olah menjadi MPASI 7 bulan:

  • Ubi: mengandung banyak vitamin C dan E, serta beta-karoten yang sekaligus dapat dijadikan alternatif pengganti sumber karbohidrat, seperti kentang dan nasi.
  • Daging ayam: selain mudah didapat dan diolah, daging ayam kaya akan protein dan vitamin B12 dan mengandung lemak yang dapat menjadi sumber energi bagi bayi.
  • Ikan: bahan makanan MPASI 7 bulan ini tinggi protein, namun rendah lemak. Daging ikan juga lebih lembut sehingga sangat tepat diperkenalkan pada bayi yang baru belajar mengunyah.
  • Daging merah: mengandung zat besi yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi 6-12 bulan.
  • Kacang polong: mengandung vitamin A dan C, serta asam folat dan vitamin B lainnya.
  • Oats: dapat menjadi sumber energi pada bayi, serta mengandung serat yang dapat menyehatkan usus.

Menu MPASI 7 bulan

Anda dapat mengolah bahan-bahan di atas menjadi MPASI 7 bulan dalam berbagai kombinasi. Misalnya, Anda memasak nasi merah, brokoli, ikan kembung, dan kacang polong untuk hari Senin, maka pada Selasa Anda bisa memberi ubi, daging ayam, bayam, serta kacang panjang, dan seterusnya.

Anda juga dapat menambahkan bumbu aromatik, seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk, dan lain-lain, untuk menambah aroma masakan. Selain itu, pastikan protein hewani yang Anda olah (daging ayam, daging sapi, telur, dan lain-lain) matang sepenuhnya.

Berikut tiga resep praktis MPASI 7 bulan yang dapat Anda coba:

1. Bubur oat buah

Bahan: oat, pisang, blueberry, yogurt tanpa rasa (plain), dan susu.

Cara memasak:

  • Tuang bubur oat ke dalam panci, masukkan susu, kemudian aduk hingga mengental.
  • Masukkan pisang dan stroberi ke adonan bubur, kemudian aduk sampai matang.
  • Tuang ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan yogurt.

2. Bubur kari

Bahan: bawang merah, bawang putih, daging sapi cincang, bayam, tomat, kacang polong, nasi putih.

Cara memasak:

  • Potong bawang merah dan putih, kemudian masukkan ke wajan berisi minyak yang telah dipanaskan bersama dengan daging sapi.
  • Masukkan tomat dan bahan-bahan lainnya, tambahkan air hingga bahan masakan terendam, kemudian masak selama 10 menit.
  • Rebus daging hingga lembut.
  • Angkat daging dan campur dengan nasi putih yang dimasak secara terpisah.
  • Buat bubur kari tersebut menjadi bertekstur puree atau mashed dengan cara disaring atau menggunakan blender.

Anda juga dapat menambahkan sumber lemak, seperti mentega, minyak sayur, dan santan dalam MPASI 7 bulan. Lemak tambahan ini dibutuhkan oleh bayi sebagai sumber kalorinya dalam menunjang kegiatannya sehari-hari.

Satu lagi, jangan sertakan jus buah dalam menu MPASI 7 bulan. Jus buah memiliki kandungan gula yang tinggi dan pemberiannya akan membuat bayi kenyang sehingga tidak selera untuk makan. Sebaiknya, berikan bayi buah potong sebagai pengganti jus buah.

IDAI. http://www.idai.or.id/index.php?id=3995
Diakses pada 7 Desember 2019

IDAI. http://www.idai.or.id/index.php?id=4356
Diakses pada 7 Desember 2019

NHS. https://www.nhs.uk/start4life/weaning/what-to-feed-your-baby/7-9-months/
Diakses pada 7 Desember 2019

Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/nutrition/superfoods-7-9-months/
Diakses pada 7 Desember 2019

NHS. https://www.nhs.uk/start4life/weaning/recipes-and-meal-ideas/blueberry-porridge/
Diakses pada 7 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed