Panduan Menjalani Puasa Tanpa Sahur bagi Anda yang Kesiangan

(0)
15 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Puasa tidak sahur masih dianggap sahBangun kesiangan sering menjadi penyebab puasa tanpa sahur
Sahur merupakan salah satu bagian penting saat berpuasa karena inilah kesempatan terakhir untuk makan sebelum berpuasa seharian. Namun, ada sebagian orang yang melewatkan sahur Ramadan, baik karena kesiangan, tidak selera makan, hingga alasan lainnya. Meski puasa tanpa sahur masih dianggap sah, ini bisa memberikan dampak buruk terhadap tubuh Anda selama berpuasa.

Dampak puasa tanpa sahur

Secara umum, puasa tanpa sahur tidak membahayakan jiwa atau kesehatan seseorang. Namun, seberapa lama seseorang dapat bertahan tanpa asupan kalori maupun cairan bergantung pada banyak faktor, seperti kondisi lingkungan dan kesehatan yang mendasarinya. Di sisi lain, puasa Ramadan hanya dibatasi hingga waktu berbuka tiba. Dengan demikian, puasa tak akan menyebabkan Anda kelaparan dalam jangka panjang sehingga tidak dianggap membahayakan jiwa.Pada umumnya, Anda mungkin pernah mengalami dehidrasi ringan dan penurunan energi saat berpuasa. Kondisi ini bisa lebih parah jika Anda puasa tidak sahur. Meski demikian. semua kekurangan cairan dan nutrisi tubuh tersebut dapat diganti ketika berbuka. Hanya saja, puasa tanpa sahur dapat membuat Anda merasa lebih haus dan lapar sehingga meningkatkan kemungkinan puasa batal dan masalah kesehatan lainnya.

Tips menjalani puasa tanpa sahur

Jika Anda tidak sempat atau kelewatan sahur, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan supaya senantiasa kuat dalam menjalani puasa.

1. Kuatkan niat

Puasa tidak hanya mengenai kekuatan fisik, tapi juga spiritual. Dengan niat yang kuat dan tubuh yang sehat, niscaya tidak ada masalah berarti meski harus puasa tanpa sahur. Oleh karena itu, niatkan berpuasa keesokan hari sebelum tidur untuk mempersiapkan jasmani dan rohani Anda supaya bisa menjalaninya dengan baik, meskipun waktu sahur Ramadan terlewatkan.

2. Jaga asupan cairan

Saat menjalani puasa tapi tidak sahur, tubuh akan kekurangan lebih banyak cairan. Oleh karena itu, minumlah secara berkala setelah berbuka untuk mendapatkan asupan cairan yang dibutuhkan. Anda juga harus memasukkan menu makanan yang mengandung banyak air (kuah) dan hangat, misalnya sup, ke dalam menu berbuka puasa. Sup dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh dan mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur

Asupan vitamin dan mineral juga sangat diperlukan oleh tubuh saat menjalankan puasa. Jika Anda menjalani puasa tidak sahur, sebaiknya konsumsi lebih banyak sayur dan buah ketika berbuka. Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan kering, misalnya kurma, yang dapat menyediakan gula alami sebagai sumber energi.

4. Jangan makan berlebihan

Meski Anda puasa tanpa sahur, bukan berarti Anda harus berbuka secara berlebihan. Setelah mengosongkan perut dalam waktu lama, makan dengan porsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, atur menu berbuka dan jadwal makan Anda dengan baik.Sebaiknya Anda makan dalam porsi kecil beberapa kali dibandingkan makan sekaligus dalam porsi berlebihan. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan saat berbuka dan konsumsi makanan berat setelah salat magrib. Anda juga bisa mengonsumsi makanan kaya nutrisi setelah salat tarawih jika dibutuhkan. Akan tetapi, Anda tidak disarankan untuk langsung tidur setelah makan karena bisa memicu asam lambung naik.

5. Berolahraga

Menjaga kebugaran saat puasa sangatlah penting karena dapat memengaruhi daya tahan tubuh Anda, khususnya jika puasa tidak sahur. Anda dianjurkan untuk berolahraga menjelang atau setelah berbuka puasa.Untuk pemula, Anda dapat berolahraga ringan, seperti berdiri atau berjalan. Anda bahkan dianjurkan untuk berjalan kaki sekitar 10.000-15.000 langkah sepanjang harinya untuk menjaga stamina tubuh di bulan puasa.Sementara untuk level menengah, Anda dapat menjaga kebugaran selama puasa tanpa sahur dengan olahraga intensitas sedang, seperti jalan cepat atau jogging, selama 30-40 menit sebelum berbuka puasa. Jika Anda penggiat olahraga, maka dapat memilih jenis latihan yang lebih berat selama 20 menit. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang menjalani pengobatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalankan ibadah puasa. Khususnya, jika pola makan tertentu dapat memengaruhi kondisi kesehatan Anda secara langsung. Apabila Anda harus meminum obat atau suplemen khusus, tanyakan juga dosis yang sebaiknya Anda konsumsi jika terpaksa puasa tanpa sahur.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar kesehatan dan puasa, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips puasadiet puasa
Fitness First. https://www.fitnessfirst.co.id/blog/stay-fit-and-healthy-during-ramadan-fasting
Diakses 5 April 2021
Nutrition. https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/seasons/ramadan.html?limitstart=0
Diakses 5 April 2021
ZME Science. https://www.zmescience.com/other/feature-post/how-long-survive-no-food-water-052352/
Diakses 5 April 2021
Muslim Aid. https://www.muslimaid.org/media-centre/blog/suhoor-iftar-and-fasting/
Diakses 5 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait