Langkah-langkah mempersiapkan kehamilan perlu diambil untuk mewujudkan kehamilan dalam rumah tangga.
Memeriksa kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu langkah mempersiapkan kehamilan.

Bagi Anda yang sedang mengikuti program hamil atau merencanakan kehamilan dalam waktu dekat, sangat penting untuk melakukan berbagai persiapan secara matang.

Persiapan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sekaligus menjaga kesehatan ibu dan bayi di masa kehamilan. Berikut adalah beberapa langkah mempersiapkan kehamilan yang dapat Anda lakukan.

[[artikel-terkait]]

1. Berkonsultasi dengan Dokter untuk Mempersiapkan Kehamilan

Mungkin Anda berencana untuk berkonsultasi ke dokter kandungan setelah positif hamil. Namun, ada baiknya berkonsultasi saat mempersiapkan kehamilan. Sebab, Anda bisa berdiskusi dengan dokter tentang kondisi kesehatan tertentu yang Anda miliki, termasuk yang bisa memengaruhi kehamilan di kemudian hari.

2. Memeriksakan Kesehatan Gigi dan Mulut

Ternyata kesehatan mulut memiliki hubungan erat dengan kehamilan yang sehat. Penyakit gusi yang diderita oleh ibu hamil dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan bayi rendah. Sangat penting untuk mendeteksi masalah kesehatan mulut, terutama gigi, sebagai persiapan kehamilan.

3. Menghentikan Konsumsi Rokok dan Alkohol

Tembakau dan alkohol memiliki dampak buruk untuk kesehatan ibu dan juga calon bayi. Kedua zat ini buruk bagi pertumbuhan bayi dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seiring bertambahnya usia. Selain itu, merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol akan mempersulit kehamilan dan meningkatkan risiko keguguran.

4. Mengurangi Kafeina

Mengonsumsi kafeina masih dibolehkan untuk Anda yang mempersiapkan kehamilan, asalkan tidak lebih dari dua cangkir kopi atau lima kaleng soda sehari (sekitar 250 mg kafeina). Jumlah kafeina yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan Anda sulit untuk hamil dan berisiko terhadap keguguran.

5. Menjalani Pola Makan Sehat

Ketika mempersiapkan kehamilan, sebaiknya Anda menghindari junk food. Beralihlah ke pola makan sehat dengan mengonsumsi cukup buah, sayuran, biji-bijian, serta protein tanpa lemak setiap hari. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi risiko terkena diabetes gestasional yang kerap menyerang ibu hamil.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan berlebih atau obesitas dapat membuat Anda memiliki gangguan kesehatan selama kehamilan. Beberapa penyakit yang muncul akibat memiliki berat badan berlebih ketika hamil adalah diabetes dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menurunkan berat badan sebelum kehamilan berlangsung. Namun, jangan mencoba untuk menurunkan berat badan ketika kehamilan berlangsung, karena hal ini akan sangat berbahaya bagi janin.

7. Membatasi Konsumsi Obat

Sangat penting untuk mengonsultasikan pada dokter kandungan mengenai jenis obat yang sedang Anda konsumsi. Beberapa obat dapat memengaruhi kesehatan bayi, jika dikonsumsi selama kehamilan. Ada baiknya jika Anda mulai mengonsumsi vitamin kehamilan atau suplemen yang mengandung asam folat, untuk meningkatkan kesuburan dan menurunkan risiko bayi cacat lahir.

WebMD. https://www.webmd.com/baby/guide/your-pre-pregnancy-to-do-list#1
Diakses pada 4 Februari 2019

Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pre-pregnancy-health
Diakses pada 4 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed