Ciri perkembangan anak satu tahun adalah belajar berjalan
Perkembangan anak satu tahun ditandai dengan kemauan anak belajar berjalan

Tidak terasa, Si Kecil sudah menginjak usia 1 tahun. Ada banyak hal yang berubah, baik dari tinggi badan, jenis makanan yang dapat dimakan, hingga mulai belajar berjalan.

Sebagai orangtua, pastinya Anda selalu memperhatikan perkembangan anak. Jika Anda bertanya-tanya apa saja yang ideal dalam perkembangan anak 1 tahun, yuk, baca terus artikelnya.

Apa saja perkembangan anak 1 tahun?

Saat berusia 1 tahun, idealnya, Si Kecil sudah memiliki berat tiga kali lipat dari berat lahir dan memiliki pertambahan tinggi sekitar 22 sampai 28 centimeter dengan ukuran otak sekitar 60 persen dari orang dewasa.

Anak yang berusia satu tahun juga akan tidur lebih jarang di pagi hari dan mulai bisa menyesuaikan waktu tidurnya ke malam hari. Namun, buah hati terkadang tetap butuh untuk tidur siang.

Di usia inilah, Anda dapat mengganti ASI secara perlahan dengan memberikan susu sapi kepada anaknya, tetapi sebaiknya berikan anak susu sapi dengan lemak yang utuh daripada yang rendah lemak. Ini karena anak membutuhkan asupan lemak ekstra untuk perkembangan tubuh dan otaknya.

Di usia ini, madu, selai kacang, dan telur adalah beberapa jenis makanan yang sudah bisa dikonsumsi oleh anak. Orangtua perlu memastikan bahwa makanan tidak menyangkut di tenggorokan dan dapat dikunyah dengan mudah oleh Si Kecil. Berikut adalah beberapa hal yang terlihat dari perkembangan anak 1 tahun.

  • Melangkah secara perlahan

Di usia ini, secara perlahan, anak mulai bisa berjalan dengan sendirinya.

Orangtua dapat meningkatkan perkembangan anak dengan meletakkan mainan favoritnya di lantai serta membiarkannya berdiri dan berjalan secara perlahan untuk mengambilnya.

  • Menari

Sering melihat anak kecil yang lucu menari-nari di internet? Anak Anda yang berusia satu tahun juga dapat melakukan hal yang sama!

Perkembangan anak 1 tahun ditandai dengan kemampuan motorik yang sudah lebih berkembang. Anak sudah mampu mengikuti dan menggerakan tubuhnya sesuai dengan irama dari lagu yang didengarkan.

  • Mengucapkan 10 kata

Anak tidak hanya bisa memanggil ‘papa’ atau ‘mama’, tetapi sudah bisa mencoba merangkai berbagai kata menjadi satu kalimat!

Untuk mendukung perkembangan anak 1 tahun dalam kemampuan berbahasanya, Anda dapat memperkenalkan berbagai kosa kata baru melalui buku cerita, menjawab pertanyaan anak, ataupun memperlihatkan benda-benda menarik kepadanya.

  • Meniru perilaku

Orangtua perlu menjaga perilakunya di depan anak karena perkembangan anak 1 tahun dipenuhi dengan memperhatikan dan mengikuti perilaku ayah dan ibunya. Anak sudah mulai mengerti apa yang terjadi di sekitarnya.

Buah hati dapat meniru Anda mengangkat dan berbicara di handphone atau bahkan menawari Anda satu suapan dari piringnya! Di usia ini, penting bagi orangtua untuk memperlihatkan teladan yang baik.

  • Bertepuk tangan

Perkembangan motorik halus serta kemampuan mata dan tangan anak berusia 1 tahun ditandai dengan kemampuan untuk menyatukan kedua telapak tangan. Tidak hanya bertepuk tangan, Si Kecil sudah bisa menggenggam barang dan menangkap bola.

  • Minum dari cangkir

Awalnya anak hanya bisa minum dari botol atau gelas khusus tetapi seiring dengan perkembangannya, anak sudah dapat minum dari cangkir atau gelas biasanya yang menandakan kemampuan otot mulut dan koordinasi anak yang makin terasah.

  • Melepaskan baju sendiri

Saat anak berusia satu tahun, ia akan mulai ingin berusaha menyelesaikan tugas sendiri tanpa dibantu. Salah satu tugas kecil yang dapat dilakukannya adalah membuka bajunya sendiri.

  • Tertawa terhadap hal-hal yang lucu

Si Kecil sudah dapat menanggapi berbagai hal di sekitarnya, termasuk hal-hal lucu yang membuatnya tertawa! Orangtua dapat bermain bersama anak untuk memperlihatkan berbagai emosi positif yang dapat melatih respon anak.

  • Menyadari respon yang diberikan orangtua

Perkembangan anak 1 tahun juga ditunjukkan dengan kepekaannya dalam merespon hal-hal di sekitarnya. Si Kecil sudah bisa memahami apa yang orangtuanya rasakan dan memberikan respon terhadap hal tersebut.

Contohnya, anak akan merasa senang dan dihargai ketika orangtua memuji anak setelah menyelesaikan makanannya.

  • Menyelesaikan suatu tujuan kecil

Serupa dengan melepaskan baju, anak sudah dapat mencoba untuk menyelesaikan suatu tugas atau tujuan kecil. Si Kecil sudah bisa menentukan keinginannya dan mencari cara untuk menyelesaikannya.

Catatan dari SehatQ

Perkembangan anak 1 tahun merupakan masa-masa penuh eksplorasi untuk Si Kecil dan orangtua. Orangtua perlu mendukung tumbuh kembang anak dengan berkomunikasi dan bermain bersama buah hati, serta memberikan teladan yang baik untuknya.

What to Expect. whattoexpect.com/toddler/photo-gallery/toddler-milestones.aspx
Diakses pada 14 Februari 2020

WebMD. webmd.com/parenting/baby/baby-development-1-year-old#1
Diakses pada 14 Februari 2020

Artikel Terkait