Panduan Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di Berbagai Tempat

Kertas kosong ini Anda dapat bawa untuk membuat surat keterangan bebas narkoba
Ilustrasi kertas kosong untuk pembuatan surat

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) biasanya dijadikan sebagai persyaratan administasi bagi para pelamar pekerjaan, calon pegawai negeri sipil (PNS), anggota TNI/Polri, hingga syarat masuk institusi pendidikan tertentu. Lalu, bagaimana cara membuat surat ini dan berapa biayanya?

Surat Keterangan Bebas Narkoba adalah surat pernyataan yang dikeluarkan oleh instansi tertentu yang menyatakan bahwa di dalam tubuh Anda tidak terdapat jejak narkotika. Surat ini dapat meyakinkan perusahaan atau lembaga lain yang membutuhkan SKBN ini bahwa Anda bukanlah pecandu narkoba.

Menurut Undang-Undang tentang Narkotika, narkoba dikelompokkan dalam tiga golongan. Golongan 1 adalah ganja, opium, dan tanaman koka. Golongan 2 kurang lebih ada 85 jenis, di antaranya morfin dan alfaprodina. Golongan 3 adalah narkotika yang menimbulkan ketergantungan ringan pada pemakainya.

Cara mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba

Sebelum mendapat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), Anda tentu harus dites narkoba terlebih dahulu. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi pusat pelayanan kesehatan (Puskesmas, RSUD, rumah sakit pemerintah, dan rumah sakit swasta), kantor polisi, hingga laboratorium pusat Badan Narkotika Nasional (BNN).

1. Rumah sakit atau Puskesmas

Tidak semua puskesmas maupun rumah sakit swasta menyediakan fasilitas pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba ini. Sementara itu, sebagian besar rumah sakit milik pemerintah, baik tingkat nasional maupun daerah (RSUD) biasanya bisa dijadikan rujukan penerbitan SKBN ini.

Untuk amannya, Anda sebaiknya bertanya kepada fasilitas kesehatan tujuan Anda mengenai penerbitan SKBN tersebut. Jika mereka menyediakan tes narkoba dan penerbitan SKBN, berikut persyaratan umum yang harus Anda penuhi:

  • Pas foto 4x6 sebanyak 2 lembar dengan warna background sesuai tahun kelahiran
  • Mengisi formulir pendaftaran yang bisa didapatkan di loket pendaftaran fasilitas kesehatan yang Anda tuju
  • Membayar biaya tes uji narkoba yang harganya bergantung pada fasilitas kesehatan yang Anda gunakan.

Setelah melengkapi persyaratan di atas, Anda akan diminta untuk buang air kecil dalam wadah yang diberikan oleh petugas laboratorium. Selanjutnya, sampel urine tersebut akat dites dengan alat Urine Screen Plus.

Tak perlu pulang ke rumah, Anda pun sudah bisa melihat hasil tes urine tersebut dalam 30 menit. Bila tidak ada jejak narkoba dalam urine Anda, pihak rumah sakit atau Puskesmas akan memberikan Surat Keterangan Bebas Narkoba.

2. Kantor polisi

Sama seperti mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Anda juga bisa mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di kantor polisi. Namun, tidak sembarang kantor polisi dapat melakukan tes ini, melainkan hanya di kantor polisi level Kepolisian Resort (Polres) di tingkat Kabupaten/Kota.

Di Polres, tes narkoba dapat mendeteksi kandungan benzodiazepin, morfin, metamphetamine, amphrtamine, dan tetrahydrocannobinol pada urine. Untuk mengurus SKBN di kantor Polres, Anda harus mempersiapkan perlengkapan administasi berupa:

  • Membawa KTP asli dan menyerahkan fotokopinya sebanyak 2 lembar
  • Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 4x6
  • Mengganti biaya alat tes urine Rp150.000.

Setelahnya, Anda akan menjalani prosedur tes narkoba yang sama dengan di rumah sakit. Anda akan diminta buang air kecil dalam wadah yang diberikan oleh petugas laboratorium, kemudian sampel urine akan dites dengan alat Urine Screen Plus.

Setelah hasil tes menunjukkan Anda negatif menggunakan narkoba, Anda akan diberikan Surat Keterangan Bebas Narkoba. Anda juga akan diberikan beberapa lembar SKBN yang sudah dilegalisir.

3. Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di BNN

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, Anda dapat mengunjungi laboratorium milik Badan Narkotika Nasional (BNN) di Cawang, Jakarta Timur. Di sini, Anda tidak perlu membayar biaya pemeriksaan sama sekali alias gratis.

Hanya saja, Anda wajib membawa peralatan tes sendiri, seperti wadah untuk menampung urine dan alat tes narkoba yang banyak dijual di apotek dengan harga mulai dari Rp60.000. Selain itu, Anda wajib mempersiapkan administrasi berupa:

  • KTP dan pas foto berwarna ukuran 4x6
  • Mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di kantor BNN saat Anda akan mendaftar
  • Memberikan surat pernyataan permohonan tes narkoba dengan menyatakan tujuan Anda melakukan tes tersebut.

Jika Anda dinyatakan negatif narkoba, BNN akan langsung memberikan Surat Keterangan Bebas Narkoba. Perlu dicatat bahwa tes narkoba di kantor BNN hanya bisa dilakukan pukul 08.00-12.00 sehingga Anda wajib datang tepat waktu.

BNN. https://bnn.go.id/pengertian-narkoba-dan-bahaya-narkoba-bagi-kesehatan/
Diakses pada 6 Februari 2020

Polresta Sidoardjo. http://polresta-sidoarjo.com/pages/info_layanan/skbn
Diakses pada 6 Februari 2020

Cermati. https://www.cermati.com/artikel/pahami-surat-keterangan-bebas-narkoba-yang-memiliki-peran-penting-bagi-pelamar-pekerjaan
Diakses pada 6 Februari 2020

Artikel Terkait