Panduan Makanan Bayi 7 Bulan: Apa yang Harus Diperhatikan Orangtua?

Makanan bayi 7 bulan meliputi gabungan antara MPASI dan ASi
Bayi 7 bulan pada umumnya sudah bisa mengonsumsi makanan bertekstur lumat

Banyak hal baru yang dapat ditunjukkan oleh bayi Anda ketika ia berusia 7 bulan. Oleh karena itu, penting bagi Anda menunjang tumbuh kembangnya lewat makanan bayi 7 bulan yang penuh nutrisi, mulai dari memerhatikan menu, tekstur, hingga jadwalnya agar tidak bentrok dengan waktu pemberian air susu ibu (ASI) atau susu formula.

Panduan memberikan makanan bayi 7 bulan

Porsi makanan bayi 7 bulan yang dianjurkan adalah tiga sendok makan atau setengah mangkuk berukuran 250 ml. Sedangkan pemberian makannya dapat dilakukan 2-3 kali sehari dan diselingi snack. Jangan memaksa anak makan terlalu sering jika memang ia tidak mau.

Bagi bayi yang mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) dengan cara tradisional (disuapi), usia 7 bulan merupakan saat yang tepat untuk naik tekstur dari puree menjadi lumat. Perubahan tekstur ini akan membuat bayi mulai berusaha untuk mengunyah makanan, yang sekaligus dapat menstimulasi kesehatan rahang dan mulutnya secara keseluruhan.

Jangan khawatir bila bayi Anda belum tumbuh gigi karena gusi bayi cukup keras untuk mulai membiasakan diri mengunyah. Apalagi, kenaikan tekstur makanan bayi 7 bulan ini juga membuatnya dapat merasakan variasi makanan.

Sementara untuk pemberian makanan bayi 7 bulan dengan metode baby led weaning (BLW), Anda sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sendiri tidak merekomendasikan metode ini karena banyak hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu, baik dari segi kecukupan nutrisi yang diterima anak maupun faktor keamanannya.

Secara garis besar, tidak ada pantangan dalam memberikan bahan makanan tertentu kepada anak, termasuk pemberian protein hewani, seperti daging ayam, daging merah, telur, dan ikan. IDAI menegaskan tidak ada hubungannya antara penundaan pemberian protein dengan munculnya reaksi alergi pada bayi.

Selain itu, IDAI juga memastikan bahwa makanan bayi 7 bulan (di bawah 1 tahun) memang sebaiknya tidak ditambah gula dan garam. Namun, penambahan gula dan garam diperbolehkan dalam jumlah yang sangat sedikit bila memang hal itu dapat meningkatkan nafsu makan anak.

Anda juga wajib mengatur jadwal pemberian makan bayi seefektif mungkin. Pasalnya di usia 7 bulan, bayi masih butuh minum susu formula atau ASI 800-900 ml per hari. Pemberian ASI yang terlalu dekat dengan waktu makannya akan mengurangi porsi makan anak itu sendiri.

Contoh pengaturan jadwal pemberian makanan bayi 7 bulan adalah sebagai berikut:

  • Bangun tidur (jam 6): minum ASI atau susu formula
  • Sarapan pagi (jam 8): MPASI bertekstur lumat atau puree
  • Selingan (jam 10): minum ASI atau susu formula
  • Makan siang (jam12): MPASI bertekstur lumat atau puree
  • Makan sore hingga malam: minum ASI atau susu formula.

Makanan bayi 7 bulan yang disarankan

Meskpun IDAI menekankan tidak ada pantangan dalam menyiapkan MPASI si kecil, berikut bahan makanan bayi 7 bulan yang dapat Anda jadikan pertimbangan:

  • Ubi: kaya akan vitamin C, E, serta beta-karoten yang sekaligus bisa dijadikan alternatif pengganti sumber karbohidrat, seperti kentang dan nasi.

  • Kacang polong: merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin A, C, serta asam folat dan vitamin B lainnya.

  • Oat: membantu menstabilkan kadar gula darah plus sumber energi pada bayi. Oat juga mengandung serat yang dapat menyehatkan usus.

  • Daging ayam: merupakan salah satu protein yang mudah didapat dan diolah, serta kaya akan protein dan vitamin B12. Daging ayam juga mengandung lemak yang dapat menjadi sumber energi dalam makanan bayi 7 bulan.

  • Daging merah: mengandung zat besi yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi, apalagi zat besi dari ASI tidak lagi mencukupi untuk anak yang sudah mulai MPASI.

  • Ikan: merupakan bahan makanan yang tinggi protein, namun juga rendah lemak. Daging ikan juga lebih lembut sehingga sangat tepat diperkenalkan pada bayi yang baru belajar mengunyah.

Bila bayi menunjukkan reaksi alergi tertentu, evaluasi menu yang Anda berikan dalam makanannya. Namun bila Anda memiliki pertanyaan yang lebih spesifik mengenai menu makanan bayi 7 bulan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Babycenter UK. https://www.babycentre.co.uk/a9145/solids-by-age-seven-to-nine-months
Diakses pada 25 November 2019

IDAI. http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi
Diakses pada 25 November 2019

IDAI. http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana
Diakses pada 25 November 2019

IDAI. http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/betulkah-baby-led-weaning-lebih-baik
Diakses pada 25 November 2019

Parenting Firtscry. https://parenting.firstcry.com/articles/7-month-old-baby-food-amazing-ideas-chart-and-recipes/#Quantity_of_Food_Per_Day
Diakses pada 25 November 2019

Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/nutrition/superfoods-7-9-months/
Diakses pada 25 November 2019

Artikel Terkait