Panduan Lengkap Tes Kehamilan: Cara Kerja, Jenis, dan Hasilnya

Cara menggunakan test pack, yaitu dengan mencelupkannya ke dalam air seni pagi hari. Sementara cara membaca hasil test pack dilakukan dengan membedakan dua hasil yang dapat keluar.
Test pack merupakan alat yang digunakan dalam tes urine

Melakukan tes kehamilan adalah cara terbaik untuk memastikan hamil atau tidaknya Anda. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan umum seputar tes kehamilan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Apa itu Tes Kehamilan dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Tes kehamilan dirancang secara medis untuk mendeteksi kadar hormon Human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada urine atau darah. Hormon hCG adalah hormon yang diproduksi tubuh wanita setelah terjadi pembuahan pada sel telur yang sukses menanamkan diri pada dinding rahim.

Hormon ini umumnya akan diproduksi tubuh sekitar 6 hari setelah terjadi pembuahan. Jika Anda hamil, kadar hCG akan terus meningkat secara pesat hingga dua kali lebih banyak dalam 2-3 hari selanjutnya.

Jenis-Jenis Tes Kehamilan

Pada umumnya, ada dua jenis tes kehamilan yang dapat dilakukan. Berikut adalah dua tes kehamilan tersebut:

1. Tes Urine

Tes urine adalah metode tes kehamilan yang umum tersedia di pasaran dan dapat dilakukan secepat mungkin di rumah dengan menggunakan test pack.

Sering jadi pilihan pertama untuk menguji kehamilan, tes kehamilan dengan analisa urine biasanya dikemas secara praktis dengan instruksi pemakaian yang cukup jelas. Gunakan tes kehamilan ini sesuai petunjuk pemakaian untuk hasil yang paling akurat.

2. Tes Darah

Tes darah umumnya dilakukan di praktek dokter atau rumah sakit, tetapi lebih jarang dilakukan daripada tes urine. Tes darah dapat mendeteksi kehamilan lebih awal namun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengetahui hasilnya.

Tes darah bisa dilakukan sekitar 6-8 hari setelah ovulasi. Tes darah lebih akurat karena mampu mendeteksi hormon hCG secara kualitatif (kehadiran hormon hCG) dan juga kuantitatif (kepastian jumlah hormon walau dalam jumlah rendah sekalipun).

Memastikan Akurasi Alat Tes Kehamilan

Untuk tes kehamilan dengan sampel urine menggunakan test pack, klaim akurasi diperkirakan mencapai 99% dan bisa didapatkan jika mengikuti langkah berikut:

  • Hasil akan lebih akurat jika menggunakan urine pertama kali di pagi hari karena lebih padat konsentratnya
  • Memastikan seluruh prosedur telah dilakukan sesuai petunjuk pemakaian
  • Pembuahan sudah berlangsung minimal 3-4 hari
  • Menggunakan test pack yang berkualitas

Cara Membaca Hasil Test Pack

Prosedur pemeriksaan kehamilan sendiri di rumah dengan alat tes kehamilan (test pack) biasanya sangat mudah dilakukan. Berikut adalah cara untuk menggunakan test pack:

  1. Tampung air seni pagi hari di dalam wadah
  2. Celupkan test pack sesuai cara dan durasi yang tepat
  3. Angkat test pack untuk membaca hasil.

Bagaimana dengan cara membaca hasil test pack? Hal ini tergantung dari alat tes kehamilan yang digunakan karena metodenya dapat bervariasi, misalnya dengan sistem garis, simbol + atau -, hingga muncul kata "hamil" atau "positif" di alat tes kehamilan digital.

Secara umum, inilah dua hasil yang dapat muncul dari tes kehamilan Anda:

1. Negatif/Tidak Hamil/1 Garis

Anda mungkin tidak hamil, kecuali hal-hal berikut ini terjadi:

  • Test pack rusak atau sudah melewati masa kadaluarsa
  • Anda tidak mengikuti petunjuk pemakaian
  • Anda mencoba terlalu dini (belum terjadi pembuahan)
  • Urine terlalu encer (misalnya baru mengonsumsi cairan dalam jumlah banyak)
  • Ada pengaruh obat-obatan tertentu

Untuk memastikan kehamilan, silakan coba lagi setelah beberapa hari atau hubungi dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

2. Positif/Hamil/2 Garis

Selamat Anda hamil! Kehamilan Anda dapat dipastikan hampir 100% walaupun hasil garis tampak pudar atau samar-samar, kecuali jika Anda berada dalam pengaruh obat-obatan tertentu yang dapat memengaruhi kadar darah atau protein.

Tindak lanjuti hasil tes kehamilan Anda dengan mengunjungi dokter kandungan untuk memastikan kehamilan dan mendapatkan perawatan prenatal terbaik.

WebMD. www.webmd.com/baby/guide/pregnancy-tests

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/pregnancy-test/

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed