Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Panduan Lengkap Cara Memakainya

(0)
19 Jun 2019|Azelia Trifiana
Manfaat minyak zaitun untuk wajah cerah dan antikerutCara memakai minyak zaitun di wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit
Mendambakan kulit wajah yang cerah bersinar? Minyak zaitun bisa jadi jawabannya dan telah terbukti sejak bertahun-tahun silam. Namun yang paling penting, Anda harus tahu betul cara memakai minyak zaitun untuk jenis kulit wajah Anda.Sejak 5000 tahun silam, minyak zaitun disebut-sebut telah digunakan oleh wanita-wanita Mesir untuk perawatan kulit berkat kandungan nutrisinya. Bahkan, konon Cleopatra juga menggunakan minyak zaitun sebagai rejime perawatan kulitnya.Wah, apa saja ya manfaat minyak zaitun untuk wajah hingga jadi favorit banyak orang?

Minyak zaitun untuk perawatan kulit

Untuk Anda yang suka makan salad, minyak zaitun atau olive oil mungkin sudah sering Anda jadikan pilihan untuk membuat bumbu salad yang sehat. Minyak zaitun memang mempunyai banyak kegunaan, dan belakangan ini naik daun menjadi bahan pilihan untuk beragam produk perawatan kulit.Ternyata, minyak zaitun mengandung banyak vitamin, yang antara lain adalah vitamin A, D, E, dan K. Semuanya adalah jenis vitamin yang bermanfaat untuk kulit.Lalu selain kandungan vitaminnya yang beragam, minyak zaitun juga mengandung senyawa bernama squalene, yang merupakan antioksidan. Dibandingkan dengan jenis minyak yang lain, minyak zaitun mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Nah, seperti yang kita ketahui, antioksidan ini berfungsi untuk mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Apa manfaat minyak zaitun untuk wajah?

Minyak zaitun menjadi primadona bukan tanpa alasan.Berikut ini beberapa manfaat menguntungkan jika Anda rutin memakai minyak zaitun untuk wajah dengan cara yang benar:

1. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak zaitun seperti oleic acid dan squalene membantu melindungi kulit dari radikal bebas.Seperti yang kita tahu, radikal bebas adalah penyebab penuaan dini.Tak hanya itu. Minyak kaya nutrisi ini juga bisa mengatasi masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo.

2. Melembapkan kulit

Kandungan asam lema dalam minyak zaitun bisa berfungsi sebagai pelembap alami tubuh. Struktur kimianya pun sangat menyerupai produksi minyak alami di kulit manusia. Hasilnya, kulit Anda akan jadi lebih lembap, elastis, lembut, dan bersinar.

3. Menyamarkan bekas luka atau jerawat

Rutin memakai minyak zaitun bisa jadi cara ampuh yang alami untuk menghilangkan bekas jerawat atau bekas luka di wajah.Meski memang tidak bisa sepenuhnya hilang, memijat wajah dengan minyak zaitun bisa membantu menyamarkan noda.Alhasil, tekstur dan rona kulit wajah juga dapat semakin merata.

4. Meremajakan sel kulit

Tidak seperti produk perawatan kulit yang sarat kandungan kimia, minyak zaitun dapat memperbaiki sel kulit secara alami.Semua ini berkat kandungan vitamin E, flavonoids, dan polyphenols di dalamnya.

5. Membersihkan riasan wajah

Minyak zaitun dapat meluruhkan make-up anti-air yang sulit dibersihkan dengan air biasa. Dengan menggunakan minyak zaitun, maka riasan akan lebih mudah dihapus.
Manfaat minyak zaitun untuk wajah setelah terkena matahari
Minyak zaitun dapat dioles di wajah setelah berjemur matahari

6. Menenangkan kulit setelah berjemur matahari

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tikus, kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun dikabarkan dapat membantu menangkal efek negatif dari sinar UVB pada kulit, seperti tumbuhnya kanker kulit.

Cara memakai minyak zaitun untuk wajah

Meski manfaatnya begitu banyak, bukan berarti setiap orang bisa memakai minyak zaitun dengan cara yang sama pada wajah mereka.Berbeda jenis kulit, berbeda pula cara memakainya.Simak caranya di bawah ini, ya!1. Kulit wajah berminyakEfektifkah memakai minyak zaitun untuk wajah yang sudah cenderung berminyak? Ya! Ternyata, minyak zaitun bisa membantu mengontrol kadar minyak hingga tumbuhnya jerawat di wajah.Cara menggunakannya, cuci bersih wajah dan keringkan dengan handuk lembut. Kemudian, oleskan minyak zaitun ke wajah dan pijat dengan gerakan memutar. Lakukan perlahan dengan ujung jari.Setelah memijat selama 2-3 menit, tidurlah tanpa membilas minyak zaitun. Membilas baru dilakukan pagi hari, sebaiknya dengan air hangat.

2. Kulit wajah kering

Anda yang ingin menggunakan minyak zaitun harus lebih hati-hati jika punya kulit wajah kering. Cukup oleskan satu atau dua tetes minyak zaitun di wajah agar lebih mudah terserap. Jika memang harus dioles ke wajah, hanya oleskan di area yang benar-benar kering.Dermatologis dari Yale University, Mona Gohara MD, menyarankan untuk mencampurkan minyak zaitun dengan pelembap yang biasa Anda gunakan agar hasilnya lebih efektif.

3. Kulit wajah berjerawat

Salah cara memakai minyak zaitun bisa menjadi bumerang bagi kulit wajah yang rentan berjerawat. Tekstur minyak zaitun yang sangat kental bisa memicu makin maraknya jerawat bertumbuh.Tentu, hal ini adalah alarm bagi mereka yang berjerawat ketika ingin menggunakan minyak zaitun.Jika ingin mencoba, oleskan minyak zaitun ke wajah dan pijat selama beberapa menit. Kemudian, letakkan handuk yang sudah direndam air hangat ke wajah selama beberapa menit.Diamkan kompres di wajah hingga minyak zaitun benar-benar terserap. Penting untuk memastikan minyak zaitun benar-benar bersih dan tidak tertinggal di permukaan kulit, agar tidak menyumbat pori-pori wajah Anda.
Manfaat minyak zaitun untuk wajah kering
Kandungan antioksidan minyak zaitun mencegah kerutan di wajah

4. Kulit wajah 'dewasa'

Bagi Anda yang sudah mulai mengalami kerutan halus di wajah, minyak zaitun dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab penuaan kulit.Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah di usia senja yang paling efektif adalah dengan mengoleskannya sebelum tidur.Diamkan selama semalam dan bilas keesokan paginya. Selain itu, memadukan minyak zaitun dengan perasan lemon kemudian memijatkannya ke wajah juga bisa membantu menyamarkan keriput.

Pastikan tidak punya alergi sebelum memakai minyak zaitun untuk wajah

Itulah tadi berbagai manfaat memakai minyak zaitun untuk wajah dengan cara yang tepat.Dari setiap cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah di atas, salah satu hal terpenting adalah mengetahui bagaimana reaksi kulit Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif maupun kondisi kulit tertentu seperti eksim. Jika ada indikasi alergi, segera hentikan dan cari alternatif lain.Namun jika respons kulit cukup baik, maka konsistensi jadi kunci untuk mendapatkan hasil terbaik.Selain itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan minyak zaitun untuk anak maupun bayi. Penggunaan minyak natural, termasuk minyak zaitun, pada anak dikaitkan kepada meningkatnya risiko terkena eksim.

Memilih minyak zaitun yang bagus untuk wajah

Selain cara menggunakan minyak zaitun dengan benar, jenis minyak zaitun yang dipilih untuk perawatan wajah juga penting. Berikut adalah 3 tips mudah untuk memilih minyak zaitun untuk wajah:
  • Pilih minyak zaitun berkualitas tinggi yang tidak mengandung bahan kimia ataupun zat tambahan lain.
  • Cari merk yang sudah mempunyai reputasi baik. Misalnya, merk yang mempunyai sertifikasi dari lembaga sertifikasi seperti International Olive Council.
  • Pilih minyak zaitun dengan label extra virgin 
Baca juga: Cara Sederhana Mengenali Minyak Zaitun AsliBegitulah panduan lengkap untuk manfaat dan cara memakai minyak zaitun untuk wajah.Penasaran ingin mencoba minyak zaitun untuk perawatan wajah Anda? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit berminyakperawatan kulitjerawatpengobatan jerawatkesehatan kulitkulit keringpencerah kulitkulit keriput
Healthline. https://www.healthline.com/health/olive-oil-for-acne#3
Diakses pada 22 Mei 2019
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/olive-oil-to-get-glowing-skin/#gref
https://www.stylecraze.com/articles/use-olive-oil-to-combat-oily-skin/#gref
Diakses pada 22 Mei 2019
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/133849-olive-oil-face-treatment/
Diakses pada 22 Mei 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321246
Diakses pada 16 Oktober 2020
National Library of Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/
Diakses pada 19 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait