Ingin Coba Diet Golongan Darah AB? Ini yang Harus Anda Lakukan

(0)
30 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Diet golongan darah AB bisa dilakukan dengan banyak mengonsumsi sayuran.Diet golongan darah AB antara lain merekomendasikan konsumsi susu dan produk olahannya.
Pernahkah Anda mendengar tentang diet golongan darah AB? Pola diet berdasarkan golongan darah ini sebetulnya sudah ngetren sejak diperkenalkan oleh praktisi pengobatan naturopati bernama Peter D’Adamo pada 1996, dalam bukunya yang berjudul ‘Eat Right for Your Type’.Seperti pola diet pada umumnya, diet ini menyebut beberapa langkah penurunan berat badan, seperti pantangan makanan, rekomendasi makanan, pola olahraga, hingga pola pikir tertentu yang harus Anda jalani.Lalu, bagaimana dengan diet golongan darah AB? Apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi maupun menjadi pantangan?

Pola diet golongan darah AB

Pola diet setiap orang harus disesuaikan dengan golongan darah masing-masing agar target tercapai. Golongan darah A dan O misalnya, tidak boleh minum susu maupun mengonsumsi produk olahan susu lainnya ketika tengah berusaha menurunkan berat badan.Sebaliknya, orang dengan golongan darah B justru disarankan minum susu saat diet, tapi tidak boleh makan ayam, jagung, dan kacang-kacangan.Sementara itu menurut D’Adamo, golongan darah AB disebut sebagai ‘enigma’ alias teka-teki. Senan, tipe golongan darah ini lebih kompleks secara biologis dibanding golongan darah A, B, dan O.Orang dengan golongan darah AB lebih rentan terkena penyakit jantung, kanker, dan anemia, tapi lebih kecil kemungkinan memiliki alergi pada makanan tertentu. Oleh karena itu, diet golongan darah AB memiliki pantangan makanan yang lebih sedikit dibanding golongan darah lainnya.
Susu direkomendasikan dalam diet golongan darah AB.
Orang dengan tipe darah ini bisa menyantap apapun, serta meniru pola diet golongan darah A atau B. Namun, pemilik golongan darah AB lebih disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran dibanding daging.Beberapa contoh sumber makanan yang direkomendasikan dalam diet golongan darah AB adalah:
  • Tahu
  • Susu dan produk olahannya
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran hijau
  • Makanan laut (seafood)
Produk susu yang paling disarankan untuk dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah AB adalah yogurt dan kefir.Makanan laut juga merupakan sumber protein yang baik dalam diet golongan darah AB, misalnya ikan tuna, salmon, sarden, dan snapper.
Jagung jadi pantangan dalam diet golongan darah AB.
Sementara itu, ada pula makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjalani diet golongan darah AB, seperti:
  • Kacang merah
  • Jagung
  • Daging sapi dan daging ayam, terutama yang sudah diolah (nugget, daging asap, sosis, dan sebagainya)
Daging-dagingan sebaiknya dihindari saat Anda berusaha menurunkan berat badan, karena golongan darah AB cenderung memproduksi asam lambung yang lebih sedikit dibanding golongan darah lain.Kondisi ini membuat daging yang Anda makan lebih sulit untuk dicerna, sehingga akan disimpan tubuh sebagai lemak, dan membuat bobot tubuh lebih berat.Selama menjalani diet golongan darah AB, Anda juga disarankan melakukan olahraga dengan mengombinasikan latihan fisik intens dan olahraga yang menenangkan.Latihan fisik yang dimaksud misalnya lari atau aktivitas bersepeda serta aerobik, sedangkan olahraga menenangkan yang bisa dicoba antara lain yoga atau tai chi.

Efektivitas dan keamanan diet golongan darah AB

ertanyaan klasik dalam segala jenis diet adalah, “Apakah cara ini memang efektif dan aman dalam menurunkan berat badan?”Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan efektivitas diet golongan darah AB. Namun sayangnya, belum ada bukti empiris yang mengatakan pola diet ini pasti dapat menurunkan berat badan.Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang berhasil menurunkan berat badan lewat diet ini. Hal tersebut sebenarnya dikarenakan pola makan dalam diet golongan darah AB yang memang sangat ketat, termasuk melarang konsumsi makanan yang telah diproses.Orang dengan riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes, jantung, kolesterol, maupun tekanan darah tinggi juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sebelum melakukan diet golongan darah AB.Tidak semua orang disarankan makan maupun minum susu dan olahannya. Selain itu juga tidak semua orang harus menghindari konsumsi daging.
Berolahragalah setidaknya 150 menit dalam seminggu.
Kekurangan lain dari diet golongan darah AB yang dicetuskan Dr. D’Adamo adalah kewajiban Anda mengonsumsi suplemen tertentu. Oleh karena itu, para dokter biasanya tidak merekomendasikan diet ini, dan akan lebih mendorong untuk menjalani pola hidup sehat demi memiliki berat badan ideal, apapun golongan darah Anda.Selain menjaga pola makan, Anda juga harus berolahraga minimal 150 menit per minggu. Bila perlu, mintalah bantuan ahli nutrisi maupun pelatih kebugaran profesional untuk membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.
tips dietmakanan dietdiet sehatgolongan darah
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/blog/diet-not-working-maybe-its-not-your-type-2017051211678
Diakses pada 15 Agustus 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/the-blood-type-diet-89893
Diakses pada 15 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/the-blood-type-diet-review
Diakses pada 15 Agustus 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/a-z/blood-type-diet
Diakses pada 15 Agustus 2020
Dr. D’Adamo. https://www.dadamo.com/txt/index.pl?1005
Diakses pada 15 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait