Cara memijat payudara tidak sulit dan mudah dilakukan
Memijat payudara dapat dilakukan sendiri

Mengetahui cara memijat payudara bukan hanya bertujuan untuk kecantikan, terutama mengencangkannya. Banyak juga manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan, misalnya sebagai deteksi dini kanker payudara dan melancarkan aliran ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

Pada dasarnya cara memijat payudara tidaklah sulit, yakni hanya dengan gerakan seperti menguleni adonan kue, namun dengan cara yang lebih halus. Anda bisa melakukan gerakan ini sendiri atau meminta bantuan pasangan maupun terapis yang memang ahli melakukan pijat payudara.

Cara memijat payudara secara umum

Sebetulnya, Anda dapat melakukan cara memijat payudara sesuai dengan kenyamanan Anda sendiri. Tidak ada gerakan yang salah dalam memijat payudara, namun Anda dapat melakukan cara memijat payudara berikut sebagai permulaan:

  • Pertama-tama, tanggalkan bra Anda, begitu pula dengan pakaian yang menempel mulai dari pinggang ke atas agar gerakan Anda lebih leluasa.

  • Lakukan pijatan pada salah satu payudara terlebih dahulu.

  • Tempatkan empat jari pada bagian atas payudara dan empat jari dari tangan lainnya di bagian bawah. Lakukan pijatan dengan memutar, baik searah jarum jam maupun sebaliknya.

  • Pindah ke bagian samping payudara dan lakukan kembali pijatan dengan gerakan memutar ini.

  • Untuk menambahkan tekanan, Anda juga bisa mengepalkan tangan kemudian memijat payudara ke arah puting.

  • Anda juga bisa memposisikan jari telunjuk di belakang pangkal puting. Kemudian, jari-jari lainnnya meremas payudara dengan lembut. Gerakan ini biasanya dilakukan untuk merangsang keluarnya air susu ibu (ASI).

  • Cara lainnya adalah menyangga payudara dengan satu tangan, kemudian ibu jari tangan lainnya ditempelkan ke dada, sedangkan empat jari sisanya memijat payudara dengan gerakan memutar mulai dari bagian terluar payudara, bawah ketiak, hingga bagian bawah payudara.

  • Setelah selesai dengan satu payudara, lakukan gerakan yang sama pada payudara sebelahnya.

Cara memijat payudara di atas dapat dilakukan untuk berbagai tujuan, mulai dari merangsang produksi ASI hingga menghilangkan kaku otot di payudara. Namun pijatan untuk meredakan kaku otot payudara tidak melibatkan puting, serta berfokus pada pemijatan di tiga area sekitar payudara tempat organ ini menempel pada tubuh.

Anda juga dapat melakukan cara memijat payudara ini untuk tujuan kosmetik, seperti mengencangkan payudara. Anda bahkan bisa menggunakan minyak esensial untuk menambah khasiatnya.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak ada cara memijat payudara yang terbukti klinis mampu mengencangkan payudara, setidaknya pada wanita yang payudaranya kendur akibat hamil dan menyusui.

Cara memijat payudara untuk melancarkan aliran kelenjar getah bening

Tujuan lain dilakukannya pemijatan payudara adalah untuk melancarkan aliran kelenjar getah bening, terutama pada kelenjar getah bening yang banyak terdapat di bawah ketiak. Bagi Anda yang pernah menjalani operasi kelenjar getah bening, Anda mungkin akan merasakan penumpukan cairan yang dinamakan limfadema.

Cairan inilah yang hendak dikeluarkan dengan cara memijat payudara serta area di sekitarnya. Namun jika Anda tidak mengidap limfadema, cara memijat payudara ini dapat membantu melancarkan aliran kelenjar getah bening dan membuang racun yang terperangkap.

Cara memijat payudara untuk tujuan ini adalah sebagai berikut:

  • Mulailah pijatan dari area ketiak yang terletak di bawah lengan Anda, atau area di mana Anda biasanya dapat merasakan benjolan akibat penumpukan cairan getah bening.

  • Pada payudara kanan, pijat dengan gerakan memutar searah jarum jam. Sementara pijatan pada payudara sebelah kiri berlawanan dengan arah jarum jam. Gerakan ini menyerupai arah kerja sistem getah bening yang sebenarnya.

Anda bisa melakukan cara memijat payudara ini secara mandiri di rumah. Namun, Anda sebaiknya meminta bantuan terapis jika pijat detoks ini dilakukan setelah Anda menjalani operasi atau Anda tengah menderita kanker payudara.

Terapis bisa saja menggunakan kedua tangannya untuk memijat payudara Anda, namun dengan tekanan yang lembut dan bisa Anda sesuaikan. Setelah pijat ini selesai, terapis juga mungkin akan melakukan gerakan seperti memompa payudara menggunakan kedua telapak tangan.

Untuk mengoptimalkan manfaatnya, lakukan cara memijat payudara di atas 5-10 menit per payudara sebanyak 3-4 hari dalam seminggu. Setelah selesai, jangan langsung memakai bra, apalagi yang menggunakan kawat, agar aliran darah di sekitar payudara lancar, ASI mengalir, serta toksin keluar dari tubuh Anda.

Jika ditemukan benjolan pada payudara, segera periksakan ke dokter. Pastikan Anda memahami tanda-tanda kanker payudara berikut, yaitu benjolan keras, puting tertarik ke dalam, serta kulit payudara kemerahan dan bertekstur seperti kulit jeruk.

Healthline. https://www.healthline.com/health/breast-massage
Diakses pada 16 November 2019

Leaf TV. https://www.leaf.tv/4965042/the-benefits-of-a-breast-massage/
Diakses pada 16 November 2019

Well and Good. https://www.wellandgood.com/good-advice/breast-massage-health-benefits-how-to/
Diakses pada 16 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed