Penyebab Pandangan Sering Berbayang Sejak Hamil

Gangguan penglihatan saat hamil juga dapat disebabkan oleh mata kering hingga diabetes
Gangguan penglihatan saat hamil biasanya hanya bersifat sementara

Saat sedang hamil, para wanita biasanya akan mengalami morning sickness atau nyeri punggung bawah. Kedua hal ini merupakan gejala kehamilan yang paling sering terjadi dan dialami oleh para wanita.

Padahal, ada gejala lain yang juga dapat mengakibatkan perubahan pandangan dan fungsi mata secara signifikan. Sebagian wanita bahkan mengaku kondisi ini cukup mengganggu aktivitas harian mereka.

Kondisi penglihatan yang terganggu terjadi akibat adanya perubahan hormonal dan fisik yang datang bersama kehamilan. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir sebab kondisi ini bersifat sementara.

Dengan kata lain, Anda akan kembali normal setelah bayi Anda lahir. Namun, ada beberapa masalah yang terkait dengan gejala kehamilan ini yang mungkin memerlukan pemeriksaan medis. Berikut adalah penyebab-penyebab gangguan penglihatan yang harus diwaspadai saat kehamilan.

1. Mata Kering

Saat hamil, Anda mungkin akan mendapatkan gejala mata yang menjadi lebih kering dari biasanya. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan lensa kontak tentu akan merasa terganggu dengan kondisi ini.

Akan tetapi, jangan khawatir, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat tetes mata untuk membasahi mata dan mengurangi kekeringan. Jika Anda memakai lensa kontak, periksa label untuk memastikan apakah obat tetes mata yang Anda miliki dapat digunakan dengan lensa kontak.

2. Penglihatan Kabur

Tubuh ibu hamil biasanya akan lebih banyak menahan air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Efek samping umum dari kondisi ini adalah perubahan ketebalan dan bentuk kornea Anda. Itulah sebabnya, ibu hamil akan merasakan penglihatannya menjadi terdistorsi. Perubahan ini biasanya akan kembali normal setelah melahirkan atau setelah Anda berhenti menyusui.

Jika Anda mengalami hal ini, Anda tidak perlu melakukan apa pun jika perubahan itu tidak mengganggu aktivitas Anda. Namun, jika kondisi ini sangat mengganggu, pastikan untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter.

3. Preeklampsia

Pandangan bermasalah saat hamil dapat menjadi pertanda adanya masalah yang berpotensi serius pada sejumlah kecil ibu hamil. Kondisi ini biasanya ditandai dengan tekanan darah tinggi dan tanda-tanda kerusakan pada organ lain. Gejala yang tampak, antara lain:

  • Penglihatan buram sementara
  • Sensitivitas tinggi pada cahaya
  • Pandangan yang kabur
  • Melihat lampu berkedip atau bintik-bintik

Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, segera hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan ke unit gawat darurat rumah sakit. Pasalnya preeklampsia dapat berkembang dengan cepat dan menyebabkan pendarahan serta masalah serius lainnya.

4. Diabetes

Kadar gula darah tinggi yang terkait dengan diabetes dapat merusak pembuluh darah kecil yang memasok aliran darah pada retina Anda. Asupan makanan yang tidak seimbang kerap membuat gula darah naik seiring dengan bertambahnya usia kehamilan Anda. Salah satu jenis diabetes yang kerap dialami para ibu hamil, diabetes gestasional, juga dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Apabila Anda mengalami hal ini, pastikan untuk segera melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapatkan perawatan dan tindakan yang cepat dan tepat. Pastikan untuk selalu menjaga asupan makanan agar tetap seimbang dan bergizi untuk menghindari kadar gula darah yang berlebihan.

Itulah beberapa risiko yang dapat menyebabkan gangguan pada mata selama masa kehamilan. Pastikan untuk selalu melakukan konsultasi pada dokter kandungan agar mendapatkan arahan yang tepat untuk mengatasi masalah Anda. Hindari mengonsumsi obat-obatan herbal yang belum terjamin aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/understanding-vision-problems-basics#1

Tommys. https://www.tommys.org/pregnancy-information/symptom-checker/vision-problems-pregnancy

Diakses pada November 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed