Pahami Penyebab Rambut Tipis dan Cara Mencegah Terjadinya Kebotakan


Rambut tipis disebabkan oleh perawatan rambut berlebihan hingga masalah kesehatan. Menjaga nutrisi untuk tubuh bisa jadi cara untuk menjaga kesehatan rambut.

(0)
16 Mar 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Rambut tipis bisa disebabkan oleh produk perawatan rambut hingga masalah kesehatanPenggunaan produk perawatan rambut yang terlalu banyak dapat menyebabkan rambut tipis
Seiring bertambahnya usia, rambut bisa saja menipis atau berkurang volumenya. Rambut tipis ini disebabkan oleh kerontokan rambut ringan hingga sedang di berbagai area kepala. Namun, tidak selamanya rambut tipis itu memicu kebotakan.Penipisan rambut memang tidak memengaruhi kesehatan seseorang secara umum. Sayangnya, banyak yang menganggap berkurangnya jumlah rambut ini memengaruhi penampilan seseorang hingga membuatnya tidak percaya diri. Lebih parahnya lagi, rambut tipis malah membuat kesehatan mental seseorang menjadi terganggu.Banyak orang mencari cara untuk mencegah hal ini terjadi. Berbagai cara pun dilakukan untuk mencegah penipisan rambut ini menjadi semakin parah.

Penyebab rambut tipis

Pada dasarnya, manusia mengalami kerontokan setiap harinya. Sebuah penelitian menyebutkan, kerontokan antara 50–100 rambut per harinya merupakan hal yang wajar. Ketika kerontokan yang terjadi lebih dari itu, barulah Anda mulai merasa khawatir.Gaya hidup menjadi penyebab terbesar dari penipisan rambut ini. Selain itu, faktor genetika dan penyakit juga bisa menjadi alasan rambut di kelapa mulai berkurang. Simak beberapa hal yang menyebabkan kerontokan rambut:
  • Melakukan perawatan rambut yang berlebihan yang melibatkan proses pemanasan rambut, seperti mengeringkan rambut dengan hair dryer, mencatok rambut, dan sebagainya
  • Penggunaan produk rambut yang terlalu banyak
  • Mengikat rambut terlalu kencang
  • Sering menarik rambut
  • Kurang mendapatkan nutrisi untuk rambut, seperti zat besi, asam folat, dan mineral lainnya
  • Stres berlebihan yang disebabkan banyak hal
  • Melahirkan
  • Mengalami penurunan berat badan hingga lebih dari 9 kg dalam waktu singkat
  • Infeksi berat
  • Menjalani masa penyembuhan setelah sakit parah
  • Pengaruh obat-obatan seperti pil KB, obat untuk radang sendi, obat untuk darah tinggi, dan suplementasi steroid
Gejala rambut menipis ini sering juga disangkutpautkan dengan penyakit alopecia. Penyakit yang satu ini merupakan kerontokan rambut lebih banyak hingga menyebabkan kebotakan. Biarpun nantinya juga bisa menyebabkan kerontokan rambut yang parah, penipisan rambut dan alopecia merupakan dua hal yang berbeda.

Cara mengatasi rambut tipis

Selain mengurangi stres yang bisa memicu penipisan rambut, ada beberapa cara lagi yang bisa dilakukan di rumah. Simak beberapa cara mudahnya di bawah ini:

1. Memijat kepala

Pijatan lembut di kepala dapat mengatasi rambut tipis akibat kerontokan
Lakukan pijatan kepala secara lembut ketika sedang keramas
Cara yang paling mudah adalah dengan memberikan sedikit tekanan di kulit kepala. Lakukan pijatan lembut di rumah saat sedang santai atau saat keramas. Anda juga bisa menggunakan alat pemijat kepala untuk melakukannya. Penggunaan alat pijat kepala yang tepat juga bisa menghilangkan sel kulit mati yang ada di kepala.

2. Menggunakan sampo antirontok

Sudah banyak produk sampo yang mampu mencegah kerontokan rambut. Untuk yang satu ini, Anda perlu mencari yang cocok untuk rambut dan kulit kepala. Produk sampo ini mengandung vitamin dan asam amino yang mampu menguatkan rambut sampai ke akarnya.Kandungan tersebut bisa membantu memberikan volume rambut menjadi lebih tebal. Namun, jangan terlalu sering mengganti produk sampo karena itu juga akan bisa menyebabkan kerontokan.

3. Mengonsumsi makanan yang baik untuk rambut

Mengatur pola makan dengan memasukkan nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan rambut juga perlu dilakukan. Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin B, vitamin D, dan omega-3, serta omega-6. Temukan nutrisi-nutrisi itu dalam beberapa makanan ini:
  • telur
  • kacang-kacangan
  • lemak ikan
  • jamur
  • hati sapi
  • keju
  • produk susu

4. Mengonsumsi multivitamin

Kesehatan rambut akan bergantung pada kesehatan tubuh Anda juga. Memberikan tambahan asupan nutrisi juga bisa menjaga rambut tetap dengan keindahannya sekarang. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan ini sebenarnya dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan melakukan olahraga.Jika diperlukan, Anda dapat mengonsumsi multivitamin. Konsultasikan dengan dokter mengenai kebutuhan multivitamin dan dosis yang disarankan. 

5. Menggunakan essential oil

Menggunakan essential oil dapat membantu atasi rambut tipis
Anda bisa mencoba menggunakan essential oil untuk rambut
Sebenarnya hanya sedikit penelitian yang membuktikan ini, tapi minyak-minyak esensial ini tidak berbahaya. Karena beberapa essential oil akan terasa keras di kulit, Anda sebaiknya mencampurnya dengan minyak kelapa atau minyak jojoba untuk menghindari iritasi.Berikut beberapa essential oil yang bisa digunakan:
  • rosemary oil
  • peppermint oil
  • cedarwood oil
  • lavender oil
  • tulsi oil
  • thyme oil
Berikan pijatan lembut saat menggunakan essential oil untuk membantu melancarkan aliran darah. Selain memberikan kesehatan pada kulit kepala, pijatan kepala juga bisa membuat Anda lebih tenang.Hati-hati reaksi alergi yang dapat timbul saat menggunakan oil tersebut. Pastikan melakukan tes alergi dengan cara mengoleskan sedikit minyak ke area belakang telinga dan diamkan beberapa saat. Apabila kulit yang dioleskan oil menjadi kemerahan dan terasa panas, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan oil tersebut.

6. Menggunakan minoxidil

Minoxidil adalah obat oles yang bisa membantu menumbuhkan rambut. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda perlu menggunakannya secara teratur dan sesuai petunjuk dokter. Namun, pastikan untuk menggunakan obat ini hanya pada bagian yang mengalami penipisan rambut karena bisa menyebabkan rambut tumbuh di tempat yang tidak diinginkan.

7. Menggunakan cara tradisional

Penggunaan ramuan-ramuan tradisional juga dipercaya bisa membantu pertumbuhan rambut agar lebih lebat. Anda bisa menggunakan cabai, gingseng, bawang putih, dan bawang merah yang dapat merangsang folikel rambut. Bukan hanya itu, kafein yang didapat dari kopi juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.Selain itu, Anda juga bisa melakukan akupuntur yang dipercaya sebagai pengobatan kerontokan rambut. Dalam akupuntur, Anda akan ditusuk oleh jarum lembut di bagian tubuh tertentu. Titik-titik yang dipilih pun ditujukan untuk merangsang saraf di area tersebut, termasuk folikel rambut untuk mendorong pertumbuhan.

Catatan dari SehatQ

Manusia akan mengalami kerontokan setiap harinya dan membuat rambut tipis. Namun, kerontokan juga bisa disebabkan oleh kebiasaan dan penyakit yang diderita oleh seseorang. Anda perlu menemukan cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tetap tebal berisi hingga tua nanti.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar masalah penipisan rambut, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
rambut rontokkesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
Healthline https://www.healthline.com/health/thinning-hair
Diakses pada 28 Februari 2021
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/325307
Diakses pada 28 Februari 2021
American Academy of Dermatology https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/insider/shedding
Diakses pada 28 Februari 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/acupuncture-for-hair-loss#procedure
Diakses pada 28 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait