Heimlich Maneuver merupakan salah satu teknik pertolongan pertama untuk orang yang tersedak
Pertolongan pertama tersedak harus segera dilakukan sebelum jalan napas tertutup

Tersedak mungkin sering tidak dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya. Padahal, jika benda maupun makanan penyebab kondisi ini berukuran cukup besar, jalan napas bisa terhambat dan membahayakan jika tidak segera dilakukan pertolongan pertama tersedak.

Langkah pertolongan pertama tersedak bisa di lakukan pada anak berusia satu tahun ke atas dan orang dewasa. Pada bayi, langkah-langkah yang dilakukan akan berbeda.

[[artikel-terkait]]

Pertolongan pertama tersedak yang tepat

Pertolongan pertama tersedak juga bisa dibedakan, berdasarkan tingkat keparahannya. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

1. Tersedak ringan

Kondisi tersedak dikatakan ringan, apabila benda atau makanan penyebab tersedak, tidak menutup jalan napas sepenuhnya. Hal ini membuat orang yang tersedak masih bisa berbicara, menangis, batuk, atau bernapas.

Jika tersedak yang terjadi masih ringan, umumnya tidak diperlukan bantuan orang lain untuk meredakannya. Namun, Anda masih bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk membantu meredakan tersedak yang ringan:

  • Instruksikan orang yang tersedak untuk terus batuk, agar jalan pernapasan makin lancar. 
  • Minta orang tersebut untuk mengeluarkan benda maupun makanan, yang masih berada di dalam mulut.
  • Jangan letakkan jari di dalam rongga mulut orang yang tersedak, untuk membantu mengeluarkan penyebabnya, karena Anda bisa tergigit.

Jika dengan cara-cara di atas, tersedak tidak juga reda, Anda dapat mulai melakukan langkah pertolongan pertama untuk tersedak yang berat.

2. Tersedak berat

Ada dua metode yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama tersedak yang berat, yaitu:

• Berikan tekanan pada punggung

Posisikan tubuh orang yang tersedak agak merunduk, sehingga wajah menghadap ke lantai. Berikan tepukan yang agak kuat di area punggung, di antara bahu.

Berikan tepukan, menggunakan telapak tangan yang dekat dengan pergelangan tangan, sebanyak lima kali. Tepukam dari belakang akan menciptakan getaran dan tekanan, yang membantu membuka kembali jalan napas.

Jika jalan napas tidak juga terbuka, lanjutkan pertolongan pertama dengan memberikan tekanan pada perut sebanyak lima kali.

• Berikan tekanan pada perut

Untuk melakukan pertolongan ini, pertama-tama posisikan diri Anda di belakang orang yang tersedak. Posisikan orang yang tersedak untuk sedikit merunduk.

Lalu, lingkarkan kedua lengan Anda membentuk kepalan tangan di pinggang orang tersebut dan tarik ke dalam dan ke atas dengan keras hingga kedua lengan menekan perut. Lakukan langkah ini sebanyak lima kali.

Cara ini disebut juga dengan Heimlich maneuver. Perlu diingat, cara ini tidak dapat dilakukan pada anak berusia di bawah satu tahun dan ibu hamil.

Jika kedua cara tersebut tidak juga berhasil membuka jalan napas, segera cari bantuan medis. Sambil menunggu paramedis datang, lanjutkan langkah kedua, pada jenis pertolongan pertama, masing-masing sebanyak lima kali.

Pertolongan pertama tersedak pada bayi

Pertolongan pertama tersedak pada bayi akan berbeda, dibandingkan untuk anak yang berusia di atas satu tahun atau orang dewasa. Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu bayi yang tersedak.

• Gendong bayi dalam posisi duduk, lalu hadapkan wajah bayi ke arah lantai

Tempatkan tubuh bayi di paha Anda. Topang leher dan kepala bayi dengan tangan Anda. Posisikan kepala bayi lebih rendah dari tubuhnya.

• Tekan punggung bayi secara perlahan, tapi tetap kuat

Tekan bagian tengah punggung bayi dengan bagian telapak tangan yang dekat dengan pergelangan tangan. Kombinasi dari gaya gravitasi dan tekanan pada punggung, umumnya bisa mengeluarkan objek yang menjadi penyebab tersedak.

Jika setelah dilakukan langkah di atas, bayi belum juga bisa bernapas, balik posisi bayi menjadi terlentang, di atas paha Anda. Posisikan juga kepala bayi lebih rendah dari tubuhnya.

Lalu, tempatkan dua jari Anda di tengah tulang dada bayi. Lakukan tekanan pada area tersebut sebayak lima kali. Tunggu dada kembali naik, sebelum Anda memberikan penekanan selanjutnya.

Ulangi langkah menekan punggung dan dada, jika bayi belum juga bisa bernapas. Segera panggil paramedis untuk dilakukan penanganan darurat.

NHS. https://www.nhs.uk/common-health-questions/accidents-first-aid-and-treatments/what-should-i-do-if-someone-is-choking/
Diakses pada 28 Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-choking/basics/art-20056637
Diakses pada 28 Mei 2019

Red Cross UK. https://www.redcross.org.uk/first-aid/learn-first-aid/choking
Diakses apda 28 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed