Cara Minta Surat Rujukan BPJS yang Benar Sebelum Berobat


Cara meminta surat rujukan BPJS di puskesmas sekarang bisa dilakukan secara online di faskes 1. Penting untuk memahami alurnya agar Anda tidak malah kelamaan menunggu saat sedang dalam kondisi darurat.

(0)
09 May 2019|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
cara meminta surat rujukan bpjs di puskesmascara meminta surat rujukan bpjs di puskesmas cukup mudah, Anda tinggal ikuti prosedurnya dengan teratur
Banyak yang menganggap cara meminta surat rujukan BPJS di puskesmas itu rumit karena harus bawa fotokopi ini-itu. Namun, meminta rujukan dari faskes tingkat 1 sekarang mudah karena bisa dilakukan secara online. Penting untuk memahami alurnya agar Anda tidak malah kewalahan saat sedang dalam kondisi darurat.

Siapa yang bisa meminta surat rujukan BPJS di puskesmas?

Surat rujukan diberikan oleh dokter yang bekerja di Faskes Tingkat I. Peserta tidak berhak meminta surat rujukan untuk mendapatkan pengobatan di klinik yang lebih tinggi, seperti rumah sakit. Peserta bisa dirujuk menuju ke fasilitas kesehatan tingkat II dengan syarat:
  • Pasien membutuhkan pelayanan kesehatan spesialistik atau subspesialistik.

  • Perujuk tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien karena keterbatasan fasilitas, peralatan, dan/atau ketenagaan.

  • Kasus medis yang menjadi kompetensi fasilitas kesehatan tingkat pertama harus diselesaikan secara tuntas di tingkat pertama, kecuali terdapat keterbatasan SDM, sarana, dan prasarana di fasilitas kesehatan tingkat pertama.
Jika kondisi tidak memenuhi persyaratan di atas, pasien atau keluarga tidak bisa meminta atau memaksa dirujuk. Jika memaksa, pihak Faskes Tingkat I boleh jadi akan memberikan 3 kata pada surat rujukan APS, yang artinya Atas Permintaan Sendiri. Akibatnya, pasien harus menanggung biaya pengobatan sendiri.

Dokumen yang harus dibawa saat meminta surat rujukan BPJS

Untuk membuat surat rujukan, tenaga kesehatan membutuhkan beberapa dokumen dari pasien. Surat rujukan bisa digunakan untuk beberapa keperluan, seperti pengobatan rawat jalan, pengobatan rawat inap, pengobatan gawat darurat, dan pengobatan di luar kota. Inilah persyaratan umum yang dibutuhkan:
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi KTP.
  • Kartu BPJS Kesehatan asli dan fotokopi.
  • Surat rujukan yang dibuat oleh dokter Faskes Tingkat I.
  • Surat Eligibilitas Peserta (SEP).
  • Kartu berobat.
Untuk pengobatan di luar kota, peserta BPJS Kesehatan harus mengajukan surat pengantar ke kantor BPJS di daerah asal. Surat ini digunakan agar tidak ditolak oleh Faskes Tingkat I daerah lain. Rumah sakit rujukan BPJS umumnya akan meminta persyaratan seperti biasanya.

Cara meminta surat rujukan BPJS online

Rujukan manual dalam bentuk kertas masih berlaku saat ini. Meski demikian, rujukan online juga sudah berjalan secara bertahap di sebagian fasilitas kesehatan.Sistem rujukan online merupakan digitalisasi proses rujukan berjenjang. Tujuannya, kemudahan dan kepastian peserta dalam memperoleh layanan di rumah sakit. Layanan disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kapasitas rumah sakit tujuan rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien.Rujukan online bersifat real time dari Faskes Tingkat I ke Faskes Tingkat Lanjutan, serta menggunakan digital documentation. Data peserta langsung terkoneksi sehingga memudahkan analisis data calon pasien.Selain itu, sistem rujukan online berpotensi mengubah sistem menjadi paperless, yang akan meminimalisir kemungkinan kendala yang tidak diinginkan. Contohnya saja pasien yang lupa membawa surat rujukan. Maka dari itu, jangan ragu untuk mempelajari lebih lanjut mengenai rujukan BPJS, agar tidak "tersesat" dalam kondisi darurat nantinya.
bpjs kesehatan
Detik. https://news.detik.com/berita/4017132/mau-berobat-pakai-kartu-bpjs-kesehatan-ini-prosedurnya
Liputan6. https://www.liputan6.com/health/read/3618686/sistem-rujukan-online-tingkatkan-layanan-bpjs-kesehatan-di-faskes
Diakses pada Oktober 2018
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait