Overthinking adalah Kebiasaan yang Harus Dihilangkan, Ini 9 Cara Mengalahkannya

(0)
04 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Overthinking adalah gangguan serius yang bisa merugikan kesehatan mental.Overthinking adalah benalu kehidupan yang harus segera dihentikan.
Overthinking adalah kebiasaan buruk yang membuat Anda memikirkan suatu hal terus-menerus, sehingga membuat pikiran “capek”. Overthinking bisa mengganggu kesehatan mental. Semakin sering dilakukan, semakin besar kerusakan mental yang disebabkan. Maka dari itu, kenalilah berbagai cara menghilangkannya dari hidup Anda ini!

Overthinking adalah kebiasaan buruk yang harus segera dihilangkan

Overthinking atau berpikir berlebihan adalah gangguan hidup yang tidak boleh didiamkan. Jika tidak dihilangkan dengan sigap, overthinking semakin "betah". Kenalilah berbagai cara menghilangkan overthinking ini.

1. Mencari distraksi

Overthinking
Overthinking adalah kebiasaan yang harus dihentikan
Mencari distraksi adalah salah satu cara ampuh dalam menghilangkan kebiasaan overthinking. Setiap orang pasti memiliki distraksinya masing-masing, seperti hobi misalnya.Aktivitas seperti berolahraga dengan teman, belajar memasak makanan baru, berpartisipasi dalam komunitas masyarakat, hingga jalan-jalan dengan pasangan bisa menjadi distraksi yang mampu hilangkan overthinking.

2. Menarik napas dalam-dalam

Mungkin Anda akan menganggap cara menghilangkan kebiasaan overthinking ini sangat klise. Padahal, menarik napas dalam-dalam adalah aktivitas yang bisa menghilangkan overthinking, lho.Carilah tempat duduk yang nyaman, letakkan satu tangan Anda di dada, dan tangan lainnya di perut. Tariklah napas melalui hidung Anda dalam-dalam, dan keluarkan lewat mulut.Lakukan kegiatan ini di saat overthinking menyerang. Niscaya, “benalu” itu akan sirna!

3. Meditasi

Meditasi adalah kegiatan mencari ketenangan yang bisa dilakukan setiap orang. Meditasi dapat membantu Anda menghilangkan overthinking yang mengganggu.Meditasi tidak hanya menghilangkan overthinking, tapi juga semua pikiran negatif dalam pikiran.

4. Lakukan hal baik untuk orang lain

Melakukan hal baik untuk orang lain, adalah salah satu cara “mulia” untuk menghilangkan overthinking. Sebab, menyadari bahwa diri sendiri memiliki kemampuan untuk membantu orang lain, bisa menghilangkan pikiran negatif dalam pikiran Anda.Membantu orang lain juga bisa membuat Anda lebih produktif, sehingga terdistraksi dari overthinking yang mengganggu.

5. Merayakan kesuksesan

Kesuksesan tidak harus berupa hal besar. Kesuksesan bisa datang dalam bentuk yang kecil, tapi bisa membahagiakan Anda. Misalnya, Anda berhasil memangkas pengeluaran di bulan ini, untuk menabung. Hal ini juga sudah termasuk dalam kesuksesan yang harus dirayakan.Mengingat kesuksesan yang Anda gapai, bisa membantu Anda mencegah overthinking menyerang. Maka dari itu, sayangilah diri Anda dengan mulai menghargai setiap kesuksesan yang Anda raih, sekecil apapun itu.

6. Melawan rasa takut

Overthinking datang dari rasa takut yang “mengakar” dalam pikiran. Salah satu cara ampuh untuk mengalahkannya adalah menghadapinya.Tentu saja, cara menghilangkan overthinking yang satu ini tidak mudah. Sebab, rasa takut adalah sumber terbesar dari overthinking.Saat ada satu hal yang membuat Anda overthinking, yaitu melawannya dengan berani. Niscaya, Anda akan terkejut dengan kekuatan “terpendam” yang Anda miliki selama ini.

7. Mendengarkan musik

Menurut penelitian, mendengarkan musik memiliki banyak manfaat, termasuk mengalahkan overthinking di dalam pikiran. Sebab, menurut seorang ahli, musik dapat “menyentuh” bagian otak yang tak bisa dijangkau oleh overthinking.

8. Menantang rasa takut dalam pikiran

Overthinking
Overthinking adalah kebiasaan yang harus dihentikan
Biasanya, seorang psikolog akan meminta Anda untuk melakukan hal yang membuat takut. Sama halnya dengan overthinking, psikolog akan meminta Anda untuk malah memikirkan hal yang memicu overthinking secara terus-menerus, sampai hal itu tidak membuat Anda overthinking lagi.Namun, bukan berarti memikirkannya terus-menerus, membuat Anda tidak mencari solusi dalam menyelesaikannya. Selagi Anda menghadapi rasa takut itu, carilah solusi untuk menyelesaikan masalahnya.

9. Berolahraga

Berpikir terlalu keras termasuk suatu aktivitas mental. Menurut seorang ahli, untuk mengalahkan overthinking, Anda harus melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga. Misalnya, jika Anda berolahraga dengan melakukan push up, pikiran Anda bisa langsung fokus pada aktivitas itu, dan mulai meninggalkan overthinking secara perlahan.

Catatan dari SehatQ:

Overthinking adalah kebiasaan buruk yang segera harus dihindari. Anda memiliki kuasa terhadap tubuh dan tentunya pikiran sendiri. Overthinking berada di dalam kepala, yang artinya Anda lah yang bisa menghilangkannya. Jika memang berbagai cara menghilangkan kebiasaan overthinking di atas tidak berhasil, berkonsultasilah dengan psikolog untuk meminta solusi terbaik.
gangguan mentalkesehatan mentalstres
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-overthinking#find-a-distraction
Diakses pada 4 April 2020
Health US News. https://health.usnews.com/wellness/mind/slideshows/8-proven-strategies-to-stop-overthinking-and-ease-anxiety-now?slide=6
Diakses pada 4 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait