Oregano: Melezatkan Makanan, Menyehatkan Badan!

Oregano adalah penyedap rasa yang memiliki sejumlah khasiat kesehatan
Oregano adalah penyedap rasa yang memiliki sejumlah khasiat kesehatan

Apabila Anda mengenal diet Mediterrania, Anda mungkin juga tidak asing dengan oregano. Oregano memang dapat menjadi ciri khas dari diet ini. Walau begitu, Anda juga bisa bebas mencampurkan oregano sebagai penyedap rasa karena nutrisi dan manfaatnya yang menakjubkan. Apa saja?

Apa itu oregano?

Oregano adalah tanaman herbal yang juga terkenal sebagai penyedap rasa makanan. Tanaman ini berasal dari keluarga tanaman mint (Lamiaceae).

Sejak dahulu kala, masyarakat telah menggunakan tanaman ini untuk menyedapkan masakan sekaligus mengobati berbagai penyakit. Biasanya, yang dicampurkan ke masakan adalah daun oregano kering. Selain daunnya, tersedia pula minyak atsiri dari ekstrak oregano.

Oregano adalah herbal bernutrisi
Oregani merupakan herbal dari keluarga tumbuhan mint

Oregano memiliki beberapa jenis, dan yang paling terkenal adalah Oregano vulgare.

Manfaat oregano untuk kesehatan tubuh

Sebagai tanaman herbal, berbagai studi telah menunjukkan bahwa oregano memiliki berbagai manfaat kesehatan. Apa saja?

1. Menangkal radikal bebas

Oregano kaya dengan molekul antioksidan, molekul yang berperan dalam pengendalian radikal bebas berlebih. Radikal bebas berlebih dapat memicu kerusakan sel dan menimbulkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Dengan kombinasi konsumsi makanan kaya antioksidan lainnya, oregano dapat memberikan perlindungan kesehatan untuk tubuh.

2. Melawan bakteri

Selain memiliki efek antioksidan, oregano juga memiliki sifat antibakteri. Studi menunjukkan bahwa oregano mampu melawan 23 spesies bakteri.

Penelitian terkait efek antibakteri oregano masih terbatas pada uji tabung. Dengan demikian, studi lanjutan diperlukan untuk menguatkan temuan ini.

3. Berpotensi untuk melawan virus

Tak hanya melawan bakteri, beberapa uji tabung juga menyimpulkan bahwa oregano bermanfaat untuk melawan virus tertentu. Kandungan carvacrol dan thymol di oregano disebutkan memiliki efek antivirus tersebut.

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Applied Microbiology menyebutkan bahwa carvacrol dapat meredakan norovirus, infeksi virus yang memicu diare, mual, dan sakit perut. Penelitian lanjutan juga dibutuhkan untuk menguatkan premis ini.

4. Berpotensi untuk menghambat sel kanker

Karena oregano mengandung molekul antioksidan, oregano juga diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Kesimpulan ini diambil berdasarkan berbagai penelitian dan uji tabung. Salah satu kanker yang diyakini dapat dihambat oleh oregano adalah kanker usus besar.

Walau sangat menjanjikan, penting untuk diingat bahwa penelitian-penelitian tersebut menggunakan ekstrak oregano dengan konsentrasi tinggi. Studi pada manusia dengan dosis yang umum dikonsumsi diperlukan terkait potensi manfaat oregano ini.

5. Meredakan peradangan

Peradangan merupakan respons imun yang normal terjadi ketika kita sakit atau mengalami luka. Walau begitu, peradangan yang kronis dapat membahayakan dan diyakini berkontribusi terhadap penyakit jantung, diabetes, dan gangguan autoimun.

Kandungan antioksidan pada oregano ditemukan dapat mengurangi peradangan di tubuh. Selain itu, kandungan carvacrol-nya juga disebutkan memiliki sifat antiradang

Manfaat oregano bersumber dari nutrisinya berikut ini

Tentunya, manfaat oregano di atas ditopang oleh berbagai jenis nutrisinya yang juga menakjubkan. Pada satu sendok teh oregano, Anda bisa mendapatkan berbagai zat gizi berikut:

  • Kalori: 2,7
  • Karbohidrat: 0,7 gram
  • Serat: 0,4 gram
  • Kalsium: 16 miligram
  • Fosfor: 1,5 miligram
  • Kalium: 12,6 miligram
  • Vitamin B9: 2,4 mikrogram

Selain itu, oregano juga mengandung berbagai molekul antioksidan seperti triptofan, valine, arginine, vitamin C, vitamin A, da vitamin E.

Tips mencampurkan oregano ke sajian makanan

Daun oregano kering banyak tersedia dan cenderung mudah untuk dicari. Daun oregano kering ini bisa dengan praktis dicampurkan ke berbagai makanan, seperti:

  • Pizza dan pasta
  • Makanan yang dipanggang
  • Salad dan olahan sayuran
  • Ikan
  • Makanan pedas

Adakah risiko konsumsi oregano?

Oregano umumnya aman untuk dikonsumsi. Walau begitu, apabila Anda hendak menjalani tindakan bedah, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi oregano dan turunan produknya dua minggu sebelumnya.

Oregano adalah herbal kaya manfaat
Oregano bisa dikonsumsi dalam batas yang wajar

Selain itu, oregano juga berisiko untuk mengganggu penyerapan nutrisi tertentu. Misalnya, zat besi, tembaga, dan zinc. Oregano juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan reaksi alergi.

Pastikan Anda menggunakan oregano dalam batas yang wajar saat mencampurkannya ke berbagai makanan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/6-oregano-benefits
Diakses pada 3 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266259.php
Diakses pada 3 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24779581
Diakses pada 3 Februari 2020

Artikel Terkait