Orang Tua Wajib Tahu, Tips Memilih Daycare yang Tepat

Daycare yang baik harus memiliki pengasuh yang terlatih dan berkualitas
Daycare yang baik memiliki program untuk menunjang perkembangan anak

Dewasa ini, sebagian orangtua kerap menitipkan anaknya di daycare. Daycare adalah lembaga yang berfungsi untuk menggantikan sementara peran orangtua dalam merawat dan mengasuh anak ketika sedang bekerja atau tidak di rumah.

Untuk pasangan yang tinggal jauh dari sanak keluarga, menitipkan anak di daycare merupakan pilihan yang lebih aman ketimbang meninggalkan anak dengan pengasuh di rumah. Apalagi, pihak daycare akan memberikan laporan tentang apa saja yang dilakukan anak dalam bentuk foto maupun video kepada orangtua.

Daycare umumnya memiliki berbagai fasilitas dan kegiatan yang dapat menunjang perkembangan anak. Sayangnya, tidak semua daycare cocok untuk mengawal tumbuh kembang si Kecil. 

Ciri daycare yang baik

Menitipkan si Kecil di daycare memang bukan perkara yang mudah bagi orangtua. Tentu saja orangtua menginginkan daycare yang tepat untuk anaknya agar merasa nyaman dan tenang. Berikut ciri daycare yang baik agar orangtua tak salah pilih:

  • Memiliki reputasi yang bagus

Daycare yang baik umumnya memiliki reputasi yang bagus. Bukan hanya tercantum dalam iklan, namun berdasarkan testimoni asli dari para orang tua yang sebelumnya telah menitipkan anaknya di sana. Daycare yang baik juga akan dikenal karena keunggulannya, seperti suasana yang ramah dan bersahabat atau lingkungan pengasuhan yang bagus. Tak hanya itu, daycare tersebut memiliki administrasi yang rapi dan telah memenuhi syarat untuk berdiri sebagai badan usaha.

  • Memiliki aturan yang jelas

Daycare yang baik akan memiliki peraturan yang jelas mengenai segala hal, mulai dari jam operasional hingga cara menangani keadaan darurat. Terutama yang sangat penting, yaitu mengenai kebijakan anak yang sakit sebab bisa saja anak-anak saling menularkan ketika bersama. Adanya peraturan yang jelas dapat menunjukkan keseriusan daycare tersebut dalam bertanggung jawab terhadap anak yang dititipkan.

  • Memiliki program yang menunjang perkembangan anak

Tak hanya sebagai tempat penitipan saja, daycare yang baik juga memiliki jadwal terstruktur yang mencakup aktivitas fisik, program kelompok, kegiatan individu, waktu makan, dan waktu luang. Seluruh hal tersebut harus menunjang perkembangan anak. Baik kegiatan ataupun permainan yang dilakukan juga harus sesuai dengan usia anak.

  • Memiliki pengasuh yang terlatih dan berkualitas

Pengasuh yang terlatih dan berkualitas akan menjadi salah satu keunggulan suatu daycare. Seorang pengasuh tentu harus bertanggung jawab, antusias, dan sigap. Perhatikan pula perbandingan jumlah pengasuh dengan anak. Idealnya, satu pengasuh hanya mengawasi 3-4 balita atau 1-2 bayi. Daycare dengan pengasuh yang banyak memungkinkan anak mendapat perhatian dan perawatan yang ia butuhkan. Sebaliknya, jumlah pengasuh yang terlalu sedikit bisa membuat anak tak cukup mendapat perhatian.

  • Memiliki fasilitas yang aman dan bersih

Daycare yang baik tentu memiliki fasilitas yang aman dan bersih. Baik lantai, dinding, area bermain, area makan, tempat ganti popok maupun toilet harus terjamin kebersihannya. Selain itu, alat-alat permainan juga harus berada dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan. Pastikan tak ada obat-obatan ataupun zat berbahaya yang dapat dijangkau oleh anak. Tak hanya itu, day care juga harus dilengkapi dengan detektor kebakaran, kotak P3K, dan alat pemadam api agar keselamatan anak terlindungi.

Tips memilih daycare

Setelah mengetahui ciri daycare yang baik, saatnya bagi Anda untuk memilih. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memilih daycare:

  • Melakukan riset

Dalam memilih, lakukanlah riset sebanyak mungkin. Dapatkanlah rekomendasi dari orangtua lain ataupun dokter anak Anda. Selain itu, Anda juga dapat berselancar di internet untuk mencari berbagai referensi daycare.

  • Bertanya melalui telepon

Setelah menemukan beberapa pilihan, Anda dapat mencoba untuk meneleponnya. Tanyakan berbagai informasi yang Anda perlukan, entah mengenai jam operasional, harga, kegiatan, fasilitas ataupun lainnya. Jika staf daycare tak dapat menjawabnya, sebaiknya urungkan niat Anda dalam memilih daycare tersebut.

  • Melakukan survei

Jika dari hasil bertanya melalui telepon, Anda menemukan pilihan daycare yang dirasa tepat maka sudah saatnya bagi Anda untuk melakukan survei. Datangi langsung lokasi daycare tersebut dan perhatikanlah berbagai hal yang ada di sana. Pertimbangkan apakah tempat penitipan anak tersebut termasuk ke dalam daycare yang baik dan apakah anak Anda akan nyaman berada di sana. Selain itu, Anda juga dapat meminta testimoni dari klien daycare tersebut sebelumnya sebagai bahan pertimbangan. 

  • Menjatuhkan pilihan akhir

Jika Anda merasa daycare tersebut sudah cocok untuk anak Anda, maka saatnya bagi Anda untuk menjatuhkan pilihan. Anda harus memercayai daycare tersebut agar dapat dengan tenang menitipkan anak, sehingga bisa segera fokus untuk menyelesaikan urusan Anda.

Menitipkan anak pada daycare memang membuat Anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Akan tetapi, dengan memilih tempat penitipan anak yang tepat maka si Kecil pun akan berada dalam pengasuhan yang baik.

Baby Center. https://www.babycenter.com/0_signs-of-a-good-daycare-center_6065.bc.
Diakses pada 01 April 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/daycare
Diakses pada 01 April 2020.

Artikel Terkait