Orang Tua Harus Tahu, Ini Bahaya Bayi Duduk Sebelum Waktunya


Para orang tua tidak perlu cemas apabila bayi belum bisa duduk sebelum waktunya. Pasalnya, mengajarkan bayi duduk sebelum waktunya justru menimbulkan bahaya.

0,0
11 Feb 2021|Rhandy Verizarie
bahaya bayi duduk sebelum waktunyaBayi belajar duduk sebelum waktunya justru berbahaya bagi perkembangan otot-ototnya
Para orang tua mungkin ingin cepat-cepat melihat bayinya bisa duduk. Namun, tahukah Anda bahwa belajar mendudukkan bayi sebelum waktunya itu berbahaya? Agar terhindar dari risiko yang tidak perlu, simak penjelasan bahaya bayi duduk sebelum waktunya berikut ini.

Bahaya bayi duduk sebelum waktunya

Orang tua mana yang tidak ingin bayinya tumbuh dan berkembang secara optimal? Segala cara dilakukan agar buah hati tercinta tidak ‘kalah’ atau bahkan lebih menonjol dibandingkan bayi lain seusianya.Akan tetapi, tentu ada rasa khawatir ketika bayi seusianya sudah bisa melakukan hal tertentu, sedangkan bayi Anda belum.Beberapa orang tua mungkin akan cemas ketika melihat bayi lain sudah bisa duduk, tapi buah hati Anda untuk menegakkan kepala saja belum mahir. Anda pun jadi berpikir macam-macam, bahkan khawatir  ada yang salah dengan proses tumbuh kembang si kecil.Kekhawatiran tersebut adalah hal yang sangat wajar untuk setiap orang tua. Namun, Anda juga harus tahu bahwa setiap anak memang memiliki milestone perkembangan yang berbeda-beda, sekalipun mungkin sepantaran.Jadi, kalau sekarang bayi Anda belum bisa duduk sementara bayi lainnya sudah, bukan berarti si kecil terlambat perkembangannya.Bahkan, ada bahaya yang mengintai jika Anda berusaha mengajarkan bayi duduk sebelum waktunya. Beberapa bahaya bayi duduk sebelum waktunya, yaitu:

1. Menghambat perkembangan otot

Bayi yang didudukkan sebelum waktunya bisa bahaya karena ini dapat menghambat fase perkembangan otot-otot tubuhnya. Pasalnya, saat mengajarkan duduk terlalu cepat, anak Anda akan kehilangan tummy time.Padahal, tummy time adalah fase yang dapat membantu bayi melatih kekuatan otot tubuh bagian atas, yang diperlukan saat ia duduk.

2. Otot tubuh menjadi lemah

Akibat perkembangan ototnya terhambat, bayi yang duduk sebelum waktunya juga kemungkinan harus menghadapi bahaya berupa melemahnya otot-otot tubuh, terutama otot pinggang.Ini karena bayi tidak memiliki waktu yang cukup untuk melatih otot-ototnya tersebut. 

3. Cedera

Saat melatih duduk terlalu awal, bayi berisiko mengalami cedera serius. Ini karena otot, keseimbangan, dan refleks bayi yang lemah tidak siap mempertahankan posisi duduk sempurna.Akibatnya, bayi berisiko terjungkal dan membentur lantai atau tembok. 

4. Perkembangan kemampuan lain ikut terhambat

bahaya bayi duduk sebelum waktunya
Tummy time diperlukan agar perkembangan motorik bayi berjalan lancar
Tummy time yang berkurang karena bayi harus belajar duduk sebelum waktunya juga menimbulkan bahaya berupa terhambatnya perkembangan bayi yang lain.Akibatnya, mungkin saja bayi Anda juga jadi terlambat untuk merangkak, merayap, dan mengangkat kepalanya.Kemampuan-kemampuan tersebut hanya bisa didapat apabila proses tummy time berjalan sesuai seharusnya. Jadi, sebaiknya biarkan si kecil menjalani semua proses tersebut secara alami.

5. Kematian

Fakta mengejutkan diungkapkan oleh peneliti dari McGill University Health Center di Montreal, Kanada.Menurut peneliti bernama Aurore Cote, bahaya bayi duduk sebelum waktunya bisa sampai menyebabkan kematian.Studi yang ia lakukan menunjukkan bahwa 3 persen bayi meninggal dunia akibat duduk sebelum waktunya, yakni pada usia kurang dari 1 bulan.Bayi yang berusia 1 bulan ke bawah memang masih sangat rentan sehingga membiarkannya dalam posisi duduk tentu sangat berisiko.

Usia berapa bayi bisa duduk?

Dilansir dari Help Me Grow, bayi harus dapat mengangkat kepalanya sendiri tanpa penyangga, serta memiliki kekuatan tubuh bagian atas yang cukup sebelum dapat duduk sendiri. Idealnya, bayi mulai dapat mengangkat kepala pada usia 2 bulan. Pada usia 4 bulan, bayi biasanya dapat menegakkan kepalanya dengan stabil tanpa penyangga. Pada usia 6 bulan, bayi mulai bisa duduk walaupun dengan sedikit bantuan lengannya (tripod sit). Memasuki usia bayi 9 bulan, barulah ia dapat duduk dengan baik tanpa penyangga. 

Tips melatih bayi belajar duduk

bahaya bayi duduk sebelum waktunya
Dampingi bayi Anda saat ia sudah mulai belajar duduk sendiri
Anda dapat membantu bayi belajar duduk dengan merangsangnya untuk tengkurap sesering mungkin. Cobalah membuatnya melihat ke atas dengan memperlihatkan mainan yang menarik perhatian.Cara ini bertujuan untuk memperkuat otot kepala, bahu, leher, dan punggungnya yang pada akhirnya akan memberinya kendali kepala yang dibutuhkan untuk duduk.Lantas, bagaimana jika sudah waktunya duduk, tapi sang anak belum juga menunjukkan tanda-tanda? Berikut tips lainnya untuk melatih bayi agar bisa duduk:
  • Pastikan Anda berada di sampingnya saat ia sedang berusaha untuk duduk atau menggerakkan anggota tubuh lainnya. Ini penting sebagai antisipasi jika bayi terjatuh.
  • Usahakan bayi Anda bertumpu pada tangannya saat mencoba untuk belajar duduk. Anda dapat membantunya dengan meletakkan mainan yang kokoh di depannya sebagai sandaran.
  • Topang sedikit tubuh si kecil agar otot perut dan punggungnya menjadi lebih kuat.
  • Saat bayi mulai mahir untuk duduk, mulai kurangi ‘bantuan’ Anda.
  • Berikan mainan agar untuk menunjang aktivitasnya selama latihan duduk.
Itu dia informasi mengenai bahaya bayi duduk sebelum waktunya beserta tips untuk melatihnya belajar duduk. Selama bayi Anda berada di rentang usia 6-9 bulan atau bahkan kurang, tidak perlu khawatir apabila ia belum bisa duduk dengan lancar. Anda baru bisa curiga jika bayi belum bisa duduk di usianya yang sudah melebihi 9 bulan.Untuk mengetahui lebih lanjut seputar perkembangan bayi, Anda bisa chat dengan dokter di aplikasi Kesehatan SehatQ. Download di App Store dan Google Play sekarang juga.
tumbuh kembang bayibayimerawat bayiperkembangan bayi
Active Babies Smart Kids TV. https://activebabiessmartkids.com.au/articles/please-sit/?v=322b26af01d5 Diakses pada 26 Januari 2021Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/a6505/developmental-milestones-sitting Diakses pada 26 Januari 2021Help Me Grow. https://helpmegrowmn.org/HMG/HelpfulRes/Articles/BabyMilestones/index.html#:~:text=At%204%20months%2C%20a%20baby,the%20sitting%20position%20without%20help. Diakses apda 26 Januari 2021Reuters. https://www.reuters.com/article/us-sitting-infants-idUSKEN37119120080513 Diakses apda 26 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait