logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

Operasi Mata Juling pada Anak dan Orang Dewasa yang Penting Diketahui

open-summary

Operasi mata juling merupakan cara yang efektif untuk membuat posisi mata penderitanya sejajar. Dengan pembedahan tersebut, kedua mata pun dapat melihat suatu objek pada arah yang sama.


close-summary

31 Mei 2022

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Operasi mata juling pada anak agar dapat selaras

Operasi menjadi pilihan efektif untuk mengatasi mata juling

Table of Content

  • Operasi mata juling pada anak
  • Operasi mata juling pada orang dewasa
  • Persiapan sebelum operasi mata juling
  • Tahapan operasi mata juling
  • Perawatan setelah operasi mata juling
  • Biaya operasi mata juling
  • Cara mengobati mata juling tanpa operasi

Jika dibiarkan dan tidak diobati, mata juling bisa menyebabkan penglihatan kabur atau mata malas (penurunan kemampuan salah satu mata untuk melihat). Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan mata tersebut adalah dengan menjalani operasi mata juling.

Advertisement

Mata juling atau strabismus adalah kondisi yang terjadi ketika posisi kedua mata tidak sejajar dan melihat ke arah yang berbeda. Penyebab mata juling, yaitu adanya gangguan koordinasi pada otot penggerak bola mata. 

Akibatnya, satu mata melihat ke depan, sedangkan mata lainnya memandang ke atas, bawah, atau samping. 

Kondisi ini juga bisa menurunkan rasa percaya diri karena tampilan mata tampak tidak normal. Mata juling dapat terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Operasi mata juling pada anak

Apakah mata juling bisa disembuhkan? Tak perlu khawatir, karena umumnya kelainan ini bisa disembuhkan. Operasi strabismus pada anak menjadi salah satu cara efektif untuk mengobati mata yang juling yang dilakukan oleh dokter spesialis mata.

Prosedur ini dilakukan dengan membedah otot mata yang diperlukan untuk meluruskan pandangan mata.

Operasi mata juling direkomendasikan untuk anak-anak yang memiliki strabismus agar penglihatan binokularnya normal, sekaligus mencegah risiko buruk yang terjadi ketika dewasa nanti.

Pembedahan ini mulai dapat dilakukan pada bayi berusia 4 bulan. Pada operasi mata juling, satu atau lebih otot mata diperkuat, dilemahkan, atau dipindahkan ke posisi berbeda, agar dapat selaras dengan mata yang lain. 

Operasi mata juling lebih baik dilakukan sedini mungkin karena sirkuit otak yang mengatur penglihatan binokular (menggunakan kedua mata bersama) dapat dengan mudah beradaptasi pada usia muda.

Operasi mata juling pada orang dewasa

Sama halnya dengan anak-anak, operasi mata juling juga bisa dilakukan pada orang dewasa untuk memperbaiki kondisi matanya.

Jika strabismus telah terjadi sejak masa kanak-kanak, kondisi ini biasanya hanya berupa ketidaksejajaran mata dan tidak ada penglihatan ganda.

Namun, jika strabismus tiba-tiba terjadi di masa dewasa, penderitanya hampir selalu mengeluhkan terjadinya penglihatan ganda. Kondisi ini bisa disebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit mata tiroid, stroke, atau tumor.

Sekitar 80 persen pasien mata juling dewasa memiliki mata yang sejajar hanya dengan satu kali prosedur pembedahan. 

Selain itu, pasien mengalami peningkatan fungsi binokular setelah operasi, bahkan jika gangguan ini telah berlangsung lama.

Persiapan sebelum operasi mata juling

Supaya operasi mata juling berjalan dengan lancar, dokter spesialis mata akan memeriksa penglihatan secara menyeluruh, tingkat keparahan, jenis strabismus, dan fungsi otot mata pasien.

Dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan pasien untuk mengidentifikasi gangguan kesehatan yang dapat mempengaruhi anestesi, pembedahan, atau perawatan setelahnya. 

Misalnya, alergi anestesi atau antibiotik, masalah pembekuan darah, atau penyembuhan bekas luka yang lama setelah operasi.

Jadi, pastikan pasien mengetahui riwayat kesehatan dengan baik dan membicarakannya secara jelas dengan dokter.

Obat-obatan maupun suplemen yang sedang atau pernah digunakan juga akan diperhitungkan. Dokter mungkin akan meminta pasien untuk berhenti mengonsumsi obat atau suplemen tertentu sebelum operasi.

Oleh sebab itu, catat obat-obatan atau suplemen yang pernah digunakan agar tidak keliru. Dokter juga akan meminta pasien untuk berpuasa sebelum operasi.

Tahapan operasi mata juling

no caption
Mata juling pada anak dapat diatasi dengan operasi

Dalam melakukan operasi mata juling pada anak dan dewasa, tim medis akan menjalankan lima tahapan ini.

1. Pemeriksaan sensorimotor

Sebelum operasi, pasien akan menjalani pemeriksaan khusus, berupa sensorimotor. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk menentukan otot mata yang perlu diubah agar mata dapat selaras.

2. Bius atau anestesi umum

Operasi mata juling membutuhkan bius atau anestesi umum. Anestesi umum akan membuat anak tertidur hingga tidak sadarkan diri. 

Setelah dibius, kelopak mata akan dibuka menggunakan spekulum kelopak mata.

3. Membuat sayatan pada konjungtiva

Otot-otot mata menempel pada dinding mata yang disebut sklera dan ditutupi oleh lapisan jaringan (konjungtiva). 

Selanjutnya, dokter bedah akan membuat sayatan kecil pada konjungtiva untuk mencari lokasi otot mata yang dituju.

4. Memperkuat atau melemahkan otot mata

Setelah otot mata yang dituju ditemukan, otot kemudian dilemahkan atau diperkuat atau agar dapat selaras. 

Metode yang digunakan dalam cara meluruskan mata juling melalui operasi, yaitu penguatan otot mata dilakukan dengan cara memotong bagian otot atau tendon mata, kemudian otot yang memendek disambungkan kembali ke posisi semula (reseksi). 

Sementara itu, pelemahan otot mata dilakukan dengan melepaskan otot mata, kemudian memasangnya kembali pada titik di dekat bola mata bagian belakang (resesi).

5. Menjahit otot mata

Setelah selesai, dokter pun akan menjahit otot mata pasien, dengan jahitan simpul permanen yang mudah diserap.

Biasanya, operasi untuk mata juling hanya berlangsung 1-2 jam. Namun, pasien harus menjalani perawatan selama beberapa jam, setelah operasi berakhir.

Perawatan setelah operasi mata juling

Setelah operasi, pasien mungkin akan mengalami penglihatan ganda, mata kemerahan atau terasa nyeri untuk sementara. Dokter dapat memberi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau acetaminophen. Selain itu, hindari berenang dalam dua minggu setelah operasi.

Pasien juga dapat diberikan obat tetes mata antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi dan obat tetes mata steroid untuk membantu pemulihan. 

Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa cepat pulih:

  • Mengikuti instruksi perawatan pascaoperasi dari dokter mata
  • Beristirahat dengan cukup di rumah
  • Jangan menggosok mata
  • Hindari masuknya air ke mata saat mandi
  • Jangan melakukan aktivitas berat
  • Jangan berenang sampai diperbolehkan oleh dokter mata
  • Hindari menggunakan aspirin apabila disarankan oleh dokter.

Anak berusia di bawah 10 tahun kemungkinan membutuhkan operasi mata juling kedua atau ketiga untuk mempertahankan kesejajaran mata.

Dalam beberapa kasus, kacamata atau lensa khusus dapat membantu menyempurnakan penglihatan binokular.

Baca Juga

  • 5 Masalah Kulit yang Gejalanya Bisa Membuat Kelopak Mata Bengkak, Sakit, dan Gatal
  • Tes Mata Minus yang Harus Dijalani Sebelum Pakai Kacamata
  • 4 Cara Mengobati Mata Minus untuk Si Kecil

Biaya operasi mata juling

operasi mata juling
Biaya operasi mata juling bervariasi

Operasi mata juling tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya operasi mata juling akan disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan risiko yang dimiliki. Biaya operasi ini biasanya berkisar antara Rp10-20 juta.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih pasti mengenai biaya operasi mata juling anak atau dewasa beserta segala syarat administrasinya, akan lebih baik bila Anda bertanya pada rumah sakit yang telah berpengalaman melakukannya. Sebab, harga operasi mata juling bisa berbeda-beda.

Sementara itu, biaya operasi mata juling dengan BPJS bisa dilakukan dengan gratis. Bahkan termasuk biaya kacamata yang akan digunakan pascaoperasi. Namun, tentunya harus memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Anda harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter umum di fasilitas kesehatan pertama. Lalu, mendapat surat rujukan ke dokter spesialis mata di rumah sakit.

Setelah melakukan pemeriksaan mata ke dokter spesialis mata, dokter akan menentukan kapan operasi mata juling bisa dilakukan.

Cara mengobati mata juling tanpa operasi

Pada sebagian kasus, mata juling bisa sembuh tanpa operasi. Cara mengobati mata juling tanpa operasi dapat dilakukan dengan:

  • Kacamata atau lensa kontak korektif

Menggunakan kacamata atau lensa kontak korektif dapat membuat mata tetap lurus dan membutuhkan lebih sedikit upaya untuk memfokuskan pandangan. 

Anda dapat berkonsultasi pada dokter spesialis mata jika ingin mendapatkan kacamata untuk mata juling.

  • Lensa prisma

Lensa khusus ini lebih tebal di satu sisi daripada yang lain. Lensa prisma akan mengubah cahaya yang masuk ke mata dan mengurangi berapa banyak putaran yang harus dilakukan mata untuk melihat objek.

  • Terapi penglihatan

Terapi penglihatan dapat meningkatkan koordinasi dan pemfokusan mata. Dalam terapi ini, mata dan otak akan dilatih untuk bekerja sama secara lebih efektif sehingga masalah gerakan mata teratasi. 

Konsultasikan dengan dokter spesialis mata untuk mendapat perawatan yang tepat. Jangan sampai kondisi ini mengganggu kehidupan sehari-hari.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar operasi mata juling, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

penyakit anakkesehatan anakkesehatan matamata julingpenyakit mata

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved