Operasi Mata Juling Untuk Mengembalikan Rasa Percaya Diri Anak

Operasi mata juling dapat kembalikan rasa percaya diri pada anak
Operasi menjadi pilihan efektif untuk mengatasi mata juling.

Mata juling dapat terjadi pada sebagian anak. Jika dibiarkan dan tidak diobati, maka mata juling dapat menyebabkan penglihatan kabur atau mata malas (penurunan kemampuan salah satu mata untuk melihat). Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk gangguan mata tersebut, yaitu dengan menjalani operasi mata juling.

Mata juling atau strabismus terjadi ketika posisi kedua mata tidak sejajar. Akibatnya, kedua mata tidak bisa bersamaan melihat suatu objek. Kondisi ini menyebabkan mata melihat ke arah yang berbeda. Melihat kondisi ini, tentunya mata juling harus disembuhkan.

[[artikel-terkait]]

Operasi mata juling sebagai pilihan penyembuhan

Operasi mata juling menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi kondisi tersebut. Operasi mata juling dilakukan dengan membedah otot mata yang diperlukan, untuk meluruskan pandangan mata.

Operasi ini direkomendasikan untuk anak-anak yang memiliki mata juling, agar penglihatan binokularnya normal, sekaligus mencegah risiko buruk yang terjadi ketika dewasa nanti.

Pada operasi mata juling, satu atau lebih otot mata diperkuat, dilemahkan, atau dipindahkan ke posisi  berbeda, agar dapat selaras dengan mata yang lain. Operasi mata juling biasanya hanya berupa rawat jalan, tidak memerlukan rawat inap.

5 Tahap dalam prosedur operasi mata juling

Dalam melakukan operasi mata juling, tim medis akan menjalankan lima tahapan ini.

1. Pemeriksaan sensorimotor

Sebelum operasi, anak akan menjalani pemeriksaan khusus, berupa sensorimotor. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk menentukan otot mata yang perlu diubah, agar mata dapat selaras.

2. Bius atau anestesi umum

Operasi mata juling pada anak membutuhkan bius atau anestesi umum. Anestesi umum akan membuat anak tertidur, hingga tidak sadarkan diri. Setelah dibius, kelopak mata akan dibuka menggunakan spekulum kelopak mata.

3. Membuat sayatan pada konjungtiva

Dokter akan membuat sayatan kecil pada konjungtiva atau permukaan selaput lendir mata, untuk mencari lokasi otot mata yang dituju.

4. Memperkuat atau melemahkan otot mata

Setelah otot mata yang dituju ditemukan, otot kemudian dilemahkan, diperkuat atau digerakkan, agar dapat selaras.

5. Menjahit otot mata

Setelah selesai, dokter pun akan menjahit otot mata anak, dengan jahitan simpul permanen yang mudah diserap. Biasanya, operasi untuk mata juling hanya berlangsung 1-2 jam. Namun, anak harus menjalani perawatan selama beberapa jam, setelah operasi berakhir.

Anda perlu memantau keadaan anak pascaoperasi. Mungkin anak akan mengalami penglihatan ganda, mata kemerahan atau terasa nyeri untuk sementara. Anda dapat memberinya obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau acetaminophen.

Salain itu, jangan biarkan anak anda berenang dalam dua minggu setelah operasi.

Biaya operasi mata juling

Operasi mata juling tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya operasi akan disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan risiko yang dimiliki.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih pasti mengenai biaya operasi mata juling anak, beserta segala syarat administrasinya, akan lebih baik bila anda bertanya pada rumah sakit yang telah berpengalaman melakukan operasi mata juling.

Masalah sistem saraf sebabkan mata juling

Satu mata melihat ke depan, sedangkan mata lainnya memandang ke atas, bawah atau samping. Mata juling disebabkan oleh masalah sistem saraf yang mengendalikan otot-otot mata.

Jika tidak diatasi, mata juling anak dapat berlanjut hingga dewasa. anak yang memiliki mata juling, akan sering merasakan mata lelah dan sakit kepala.

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/strabismus/article.htm#is_surgery_an_option_to_treat_strabismus
Diakses 5 Mei 2019

AAO. https://www.aao.org/eye-health/diseases/strabismus-surgery
Diakses pada 5 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed