Ciri Orang yang Open Minded dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-Hari


Open minded adalah pola pikir terbuka yang melibatkan penerimaan atas berbagai macam ide, pendapat, dan informasi. Pola pikir ini bisa dipelajari dengan refleksi diri, menerima perbedaan, hingga ikut terlibat langsung dalam keberagaman.

0,0
Open minded adalah pola pikir terbuka yang melibatkan penerimaan atas berbagai macam ide, pendapat, dan informasiOrang yang open minded percaya bahwa setiap orang memiliki hak untuk berpendapat
Orang yang mempunyai pemikiran terbuka atau open minded cenderung lebih disukai banyak orang. Mereka dinilai punya pemikiran yang luas, serta terbuka terhadap segala jenis ide dan gagasan.Tak hanya hubungan baik dengan sesama, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari pola pikir terbuka. Apa saja manfaatnya? Lalu, bisakah pola pemikiran ini dipelajari? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Apa itu pola pikir open minded?

Di dunia tempat kita tinggal saat ini, manusia hidup saling berdampingan dengan beragam latar belakang budaya, ras, kebangsaan, hingga keyakinan yang berbeda. Oleh sebab itu, pola pikir open minded diperlukan agar semua dapat hidup bersama-sama dengan harmonisOpen minded adalah pola pikir terbuka yang melibatkan penerimaan terhadap berbagai macam ide, pendapat, dan informasi. Dengan memahami dan menghormati perbedaan antar satu sama lain, hubungan dengan orang lain pun akan jadi lebih harmonis. Selain itu, kemajuan dan tujuan bersama akan lebih mudah dicapai ketika Anda mengesampingkan perbedaan.Menjadi orang yang berpikiran terbuka bukan selalu harus setuju dengan ide atau gagasan dari orang lain. Namun, Anda bisa mempertimbangkan hal tersebut untuk membuat keputusan yang baik untuk kepentingan bersama.

Ciri-ciri orang open minded

Ada berbagai macam sifat, sikap, dan perilaku yang menjadi tanda seseorang punya pemikiran terbuka. Dengan mengetahui ciri-ciri orang yang open minded, Anda dapat lebih mudah belajar untuk memiliki pola pemikiran ini.Berikut tanda-tanda orang yang open minded:
  • Tidak marah ketika salah
  • Punya empati terhadap orang lain
  • Ingin tahu apa yang orang lain pikirkan
  • Mau mendengar apa yang orang lain ingin katakan
  • Terbuka dengan ide atau gagasan yang berseberangan
  • Percaya bahwa setiap orang mempunyai hak untuk berpendapat
  • Tidak merasa bahwa pengetahuan dan kemampuan mereka paling baik

Manfaat memiliki pola pikir open minded

Beragam manfaat dapat Anda peroleh dari menerapkan pola pemikiran terbuka. Tak hanya berdampak positif bagi hubungan dengan orang lain, pola pikir ini juga memberikan banyak manfaat untuk kepribadian Anda.Sejumlah manfaat mempunyai pola pikir open minded adalah sebagai berikut:
  • Memperoleh wawasan dan pengalaman baru

Pola pemikiran tertutup tentu saja akan membuat Anda kesulitan untuk menerima hal-hal baru. Berpikiran terbuka dapat memberi Anda wawasan baru tentang dunia, yang kemudian dijadikan pembelajaran untuk menjadi lebih baik lagi.
  • Meningkatkan optimisme

Pola pikir open minded dapat membantu meningkatkan rasa optimisme dalam diri Anda. Rasa optimisme ini bermanfaat dalam hal perbaikan diri dan pencapaian tujuan tertentu dalam hidup.
  • Memperkuat mental

Berpikiran terbuka bisa membantu memperkuat mental Anda sebagai manusia. Terbuka terhadap hal-hal baru dapat membantu Anda menjadi pribadi yang kuat secara fisik dan mental, serta lebih semangat terhadap perubahan.

Bagaimana cara membangun pola pikir open minded dalam diri?

Bagi beberapa orang, berpikiran terbuka terhadap ide atau pendapat orang lain mungkin akan terasa sangat sulit. Namun, dengan usaha dan ketekunan, pola pikir ini bisa ditanamkan dalam diri Anda.Berikut beberapa cara membangun pola pikir open minded:
  • Refleksi diri

Ketika Anda merasa sulit untuk menerima ide atau gagasan orang lain, cobalah mencari tahu penyebab yang mendasarinya. Tanyakanlah pada diri sendiri mengapa Anda tidak menyukainya dan apakah perlu menciptakan konflik mengenai hal tersebut. Refleksi diri bisa membantu Anda belajar berpikiran terbuka dan mengambil keputusan yang tepat.
  • Menerima perbedaan

Mengingatkan diri sendiri bahwa Anda tidak mengetahui segalanya dapat membantu membangun pola pikir open minded dalam diri. Dengan adanya sikap ini, Anda akan lebih dapat berempati dan menerima perbedaan. Pikiran negatif pun secara perlahan akan hilang dari otak Anda.
  • Mencari keberagaman

Terlibat langsung dalam keberagaman dapat membantu Anda untuk berpikiran terbuka. Berbaurlah dengan orang baru yang mempunyai perbedaan latar belakang ras, agama, dan budaya. Dengan begitu, Anda secara bertahap akan mulai menerima perbedaan dan menikmati keberagaman yang ada.

Catatan dari SehatQ

Open minded adalah pola pikir terbuka yang melibatkan penerimaan terhadap berbagai macam ide, pendapat, maupun informasi. Pola pemikiran ini bisa Anda pelajari dengan cara refleksi diri, menerima perbedaan, hingga ikut terlibat langsung dalam keberagaman.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
menjalin hubungan
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/be-more-open-minded-4690673
Diakses pada 4 Oktober 2021
Cleveland Clinic. https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/pages/why-is-being-open-minded-important.aspx
Diakses pada 4 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait