Onkologi adalah Ilmu yang Mempelajari Kanker, Ini Penjelasan Lebih Lanjutnya


Onkologi adalah ilmu yang mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kanker dan dokter yang mendalami ilmu itu adalah dokter onkologi atau onkolog.

0,0
06 Jul 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Onkologi adalah ilmu yang mendalami kanker dan dokter spesialisnya disebut sebagai dokter onkologi atau onkologDokter onkologi sedang menjelaskan hasil pemeriksaan pada pasiennya
Onkologi adalah cabang ilmu kedokteran yang memiliki fokus mempelajari seputar kanker, dari cara pencegahan, pemeriksaan untuk diagnosis, hingga perawatan. Ilmu ini dibagi lagi menjadi tiga konsentrasi, yaitu onkologi medis, onkologi radiasi, dan bedah onkologi.Dokter yang mendalami ilmu ini disebut sebagai dokter onkologi atau onkolog. Dokter spesialis yang dapat mengambil subspesialisasi onkologi antara lain dokter spesialis bedah, radiologi, dan penyakit dalam.Dokter bedah onkologi dapat melakukan pembedahan kanker, dokter onkologi radiasi mampu melakukan terapi radiasi pada pasien kanker, dan dokter spesialis penyakit dalam dengan subspesialisasi hematologi-onkologi bisa menangani pasien kanker darah.

Lebih lanjut tentang jenis dokter onkologi

Dokter onkologi ada banyak jenis dan konsenterasinya
Dokter onkologi memiliki banyak area fokus
Secara garis besar, onkologi dibagi menjadi tiga konsenterasi, yaitu onkologi medis, bedah onkologi, dan onkologi radiasi. Masing-masing pun cabang onkologi tersebut memiliki dokter spesialis dengan fokus kompetensi yang berbeda.

• Dokter onkologi medis

Dokter yang mendalami onkologi medis, dapat mengobati pasien kanker menggunakan terapi medikasi seperti kemoterapi ataupun jenis perawatan non-bedah lainnya seperti imunoterapi dan terapi tertarget.

• Dokter bedah onkologi

Sesuai namanya, dokter bedah onkologi adalah dokter yang memiliki kompetensi untuk melakukan operasi atau pembedahan pada pasien kanker. Dokter dengan spesialisasi ini juga dapat melakukan biopsi atau pengambilan sampel jaringan untuk kepentingan diagnosis kanker.

• Dokter onkologi radiasi

Terapi radiasi adalah salah satu jenis pengobatan kanker yang kerap menjadi pilihan. Dokter yang bisa melakukan perawatan ini adalah dokter spesialis radiologi yang sudah mengambil subspesialisasi onkologi radiasi.Selain tiga kelompok besar tersebut, ada juga dokter yang mendalami ilmu onkologi spesifik, seperti:

• Dokter onkologi anak

Dokter onkologi anak mendiagnosis dan merawat kondisi kanker pada pasien anak-anak. Ada beberapa jenis kanker yang lebih sering muncul pada anak dibanding orang dewasa, antara lain kanker darah atau leukimia dan tumor otak.

• Dokter hematologi-onkologi

Dokter hematologi-onkologi adalah dokter spesialis penyakit dalam yang kemudian melanjutkan subspesialisasi untuk mendalami kondisi kanker darah seperti leukimia, limfoma, dan myeloma.

• Dokter ginekologi-onkologi

Dokter ginekologi-onkologi adalah dokter yang memiliki fokus menangani kanker yang terjadi di organ reproduksi, seperti kanker serviks dan kanker rahim.

Kondisi apa saja yang bisa ditangani dokter spesialis onkologi?

Dokter spesialis onkologi bisa menangani berbagai jenis kanker
Ada banyak jenis kanker yang bisa ditangani dokter onkologi
Dokter onkologi bisa merawat semua jenis kanker. Berikut ini beberapa contohnya.
  • Kanker tulang
  • Kanker payudara
  • Kanker kepala dan leher
  • Kanker paru-paru
  • Kanker hati
  • Kanker prostat
  • Kanker testis
  • Kanker kulit
  • Kanker darah
  • Kanker serviks
  • Kanker rahim
Selain kanker, dokter onkologi, terutama hematologi-onkologi juga dapat merawat kondisi gangguan darah lainnya, seperti anemia, hemofilia, dan talasemia.

Kapan harus memeriksakan diri ke dokter onkologi?

Anda dapat memeriksakan diri ke onkolog kapanpun Anda merasa perlu, bahkan untuk sekadar konsultasi atau pemeriksaan rutin.Selain karena alasan konsultasi, seseorang biasanya memeriksakan diri ke dokter onkologi karena dirujuk oleh dokter umum yang melihat bahwa gejala yang Anda alami, dicurigai mengarah ke kondisi kanker. Gejala yang paling umum salah satunya adalah tumbuhnya benjolan di lokasi-lokasi tertentu yang tidak kunjung sembuh.Anda juga dapat memeriksakan diri ke dokter onkologi untuk mendapatkan second opinion dari diagnosis dokter sebelumnya.

Hal yang akan dialami saat periksa ke dokter onkologi

Periksa MRI saat ke dokter onkologi
Dokter onkologi mungkin akan menginstruksi pemeriksaan tambahan seperti MRI
Saat mendatangi dokter onkologi, berikut ini beberapa tahap yang mungkin akan Anda lalui.

1. Anamnesis dan pemeriksaan fisik

Tahap pertama yang akan Anda lalui saat memeriksakan diri ke dokter onkologi adalah anamnesis.Anamnesis merupakan proses pemeriksaan riwayat kesehatan melalui tanya jawab mengenai keluhan yang dirasakan, riwayat penyakit yang pernah dialami, jenis obat yang sedang dikonsumsi, hingga riwayat kesehatan keluarga.Setelah anamnesis dilakukan, dokter akan memulai pemeriksaan fisik, seperti memastikan letak benjolan jika memang ada, mencari abnormalitas yang mungkin muncul di kulit, ataupun pemeriksaan lain yang dirasa diperlukan.

2. Pemeriksaan penunjang

Apabila dari pemeriksaan fisik dan anamnesis dokter merasa perlu mengetahui kondisi tubuh Anda lebih jauh, maka pemeriksaan penunjang seperti rontgen, CT Scan, MRI, PET Scan, atau USG bisa dilakukan.Pemeriksaan penunjang lain yang biasa disarankan untuk menemukan diagnosis adalah tes laboratorium, seperti tes urine dan tes darah.

3. Biopsi

Jika dari pemeriksaan fisik dan penunjang dokter menduga kondisi yang Anda alami adalah kanker, maka pemeriksaan selanjutnya yang akan dilakukan adalah biopsi.Biopsi adalah pengambilan sampel jaringan untuk kemudian diperiksa di laboratorium. Tindakan medis ini bertujuan mendeteksi kerusakan atau abnormalitas pada jaringan tersebut.

4. Menentukan rencana perawatan

Apabila diagnosis sudah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah dokter akan membuat rencana perawatan yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Tidak semua orang akan mendapatkan jenis atau urutan perawatan yang sama.Anda juga dapat memeriksakan diri ke dokter lain untuk mendapatkan second opinion atau pendapat lain, agar benar-benar yakin dengan diagnosis yang sudah diberikan di awal.Kanker adalah penyakit yang kompleks dan memerlukan pemeriksaan maupun perawatan yang bertahap. Oleh karena itu, peran dokter onkologi sangatlah besar untuk membantu menyusun rencana pengobatan yang sifatnya individual.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar onkologi maupun dokter spesialis onkologi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gejala kankerkanker
National Cancer Institute. https://www.cancer.gov/publications/dictionaries/cancer-terms/def/oncology
Diakses pada 23 Juni 2021
Cancer. https://www.cancer.gov/publications/dictionaries/cancer-terms/def/oncology
Diakses pada 23 Juni 2021
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-an-oncologist
Diakses pada 23 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/cancer/what-is-an-oncologist
Diakses pada 23 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-is-an-oncologist
Diakses pada 23 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait