Selai kacang bermanfaat untuk menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko terkena kanker payudara.
Selai kacang tidak hanya berguna sebagai penambah rasa dan tekstur pada roti atau makanan lainnya, tetapi juga berkhasiat bagi kesehatan

Selai kacang merupakan salah satu pilihan selai yang cukup digemari. Rasanya yang manis dan gurih membuat selai kacang memiliki peminatnya tersendiri. Namun, tahukah Anda kalau manfaat selai kacang tidak hanya sebagai pemberi rasa dan tekstur dalam roti tawar.

Ada berbagai macam selai kacang yang ada di pasaran, mulai dari yang memiliki tekstur halus sampai yang kasar. Namun, sudah tahukah Anda bahwa salah satu manfaat selai kacang adalah membantu penurunan berat badan?

 

Apa saja manfaat selai kacang bagi kesehatan?

Selai kacang jarang dianggap sebagai makanan yang baik untuk kesehatan. Padahal, selai kacang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan yang sering terlewatkan. Asalkan selai kacang murni dan tidak ditambahkan banyak gula, banyak kkhasiatnya. Berikut adalah beberapa manfaat selai kacang untuk kesehatan Anda.

1. Membantu menurunkan berat badan

Siapa sangka, selai kacang bermanfaat dalam membantu Anda menurunkan berat berlebih yang ingin dihilangkan. Mengonsumsi kacang ataupun selai kacang tanpa tambahan gula dapat membantu menurunkan dan menjaga berat badan.

Hal ini karena selai kacang membantu Anda tetap merasa kenyang melalui kandungan serat, protein, dan lemak yang tinggi.

2. Sumber protein

Manfaat selai kacang yang dikenal oleh para atlet dan penyuka olahraga adalah sebagai sumber protein pembentuk otot. Protein dalam selai kacang bahkan lebih tinggi daripada sebagian besar makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Namun, selai kacang tidak memiliki kandungan asam amino yang lengkap. Oleh karenanya, Anda masih perlu mengonsumsi makanan lainnya untuk memenuhi nutrisi lain yang tidak ada di selai kacang.

3. Kaya lemak sehat

Selai kacang memang tinggi lemak, tetapi kandungan lemak dalam selai kacang merupakan lemak sehat, seperti asam oleat yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah diabetes, dan asam linoleat yang merupakan salah satu asam lemak omega-6\

4. Cemilan saat olahraga

Selai kacang bermanfaat untuk dijadikan pilihan makanan untuk meningkatkan energi saat akan berolahraga karena memiliki kalori, protein, dan lemak sehat yang cukup tinggi.

Anda dapat membuat cemilan berupa roti gandum selai kacang untuk meningkatkan kandungan nutrisinya.

5. Baik untuk jantung

Selai kacang memiliki berbagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan jantung, seperti lemak tidak tersaturasi, magnesium dan vitamin E.

Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan meningkatkan komposisi lemak dalam darah dengan mengoleskan selai kacang di sarapan Anda.

6. Menjaga kadar gula darah

Meskipun memiliki kalori, serat, dan protein yang tinggi, selai kacang tanpa tambahan gula memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dan cocok untuk dijadikan salah satu pilihan makanan untuk penderita diabetes.

Salah satu manfaat selai kacang adalah mengurangi risiko Anda mengalami diabetes tipe 2 dengan mengatur kadar gula darah dalam tubuh dan kandungan magnesium di dalamnya.

7. Mengurangi risiko kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang mengancam kaum wanita. Kanker ini dapat dikurangi risikonya dengan mengonsumsi selai kacang. Selain selai kacang, kacang kedelai dan minyak sayur juga bisa melindungi Anda dari kanker payudara.

8. Penuh nutrisi dan mineral

Selai kacang tidak hanya tinggi protein dan lemak yang baik untuk tubuh, tetapi juga mengandung banyak nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti magnesium, vitamin B-3, vitamin B-6, vitamin E, zinc, folat, mangan, tembaga, dan fosfor.

Apakah ada bahaya saat mengonsumsi selai kacang?

Di balik manfaat selai kacang, terdapat senyawa beracun aflatoksin yang berasal dari lumut Aspergillus. Senyawa aflatoksin sangat berbahaya karena bersifat karsinogen atau berpotensi menimbulkan kanker. Namun, senyawa ini biasanya berkurang saat proses pembuatan selai kacang.

Secara garis besar, selai kacang masih cukup aman dikonsumsi asal tidak digunakan dalam jumlah banyak. Hal ini karena selai kacang memiliki kalori dan lemak yang tinggi.

Penderita alergi kacang sudah pasti tidak boleh mengonsumsi selai kacang karena dapat memicu reaksi alergi. Apabila Anda mengalami reaksi alergi seusai mengonsumsi selai kacang, hentikan konsumsi selai kacang atau konsultasikan dengan dokter.

Catatan dari SehatQ

Jangan sia-siakan manfaat selai kacang yang memiliki beragam kegunaan bagi kesehatan dengan memilih jenis selai kacang yang tepat.

Belilah selai kacang yang rendah gula, garam, dan minyak. Akan lebih baik jika selai kacang yang dipilih tidak memiliki tambahan kandungan-kandungan tersebut. Jika kurang manis, Anda bisa menambahkan sedikit madu pada selai kacang tanpa gula yang dibeli.

Konsumsilah selai kacang secukupnya dan konsultasikan ke dokter jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-peanut-butter-bad-for-you#section2
Diakses pada 12 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323781#nutritional-profile
Diakses pada 12 Maret 2020

Artikel Terkait