Olahraga yang Termasuk Permainan Bola Besar


Permainan bola besar adalah olahraga yang dilakukan menggunakan bola berukuran besar sebagai sarana untuk mencetak angka. Contohnya adalah sepak bola, basket, voli, sepak takraw, hingga bola tangan.

(0)
04 Mar 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Permainan bola besar adalah olahraga menggunakan bola berukuran besar tanpa bantuan alat sebagai penggerak bolaPermainan bola besar contohnya adalah sepak bola, basket dan voli
Ada beberapa olahraga yang termasuk ke sebagai permainan bola besar, yaitu bola basket, bola voli, sepak bola, sepak takraw, bola tangan, futsal, bowling, hingga rugby. Sesuai namanya, permainan bola besar ditandai dengan penggunaan bola berukuran besar sebagai sarana untuk mencetak angka.Masing-masing olahraga dalam permainan bola besar memiliki aturan mainnya tersendiri. Berbeda dari permainan bola kecil yang menggunakan bola berukuran kecil dan pemukul untuk memindahkan bola di lapangan, dalam permainan bola besar, tubuhlah yang dijadikan sebagai penggeraknya.

Jenis-jenis permainan bola besar

Berikut ini penjelasan seputar olahraga yang termasuk sebagai permaian bola besar.

1. Sepak bola

Permainan bola besar sepak bola
Sepak bola permainan bola besar populer
Sepak bola adalah salah satu permainan bola besar yang paling populer. Olahraga ini bisa dimainkan di berbagai lokasi dan waktu, selama ada lahan lapang.Dalam standar peraturan suatu pertandingan sepak bola, bola yang digunakan biasanya memiliki lingkar keliling antara 68 – 71 cm dengan berat 396 –  453 gram. Sementara itu, standar lapangan pertandingan sepak bola memiliki panjang 90 – 120 meter dengan lebar 45 – 90 meter.Sepak bola dimainkan oleh dua tim yang masing-masing memiliki 11 pemain. Tim yang mencetak gol paling banyak ke gawang dalam jangka waktu permainan 2 x 45 menit dianggap sebagai pemenang.

2. Bola basket

Permainan bola besar bola basket
Bola basket menggunakan bola ukuran besar
Bola basket adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masingnya beranggotakan lima orang. Tim yang paling banyak memasukkan bola ke dalam keranjang dalam jangka waktu 4 x 12 menit akan dinyatakan sebagai pemenang.Olahraga ini termasuk sebagai permainan bola besar karena ukuran bola basket termasuk yang paling besar jika dibandingkan dengan olahraga lainnya.Dalam standar pertandingan internasional, bola basket yang digunakan harus memiliki ukuran lingkar keliling antara 74-75 cm dengan berat sekitar 624 gram. Sementara itu, lapangan pertandingan bola basket berukuran panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter.

3. Bola voli

Bola voli termasuk permainan bola besar
Bola voli memiliki diameter hampir 70 cm
Bola voli adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim dan masing-masing tim berusaha untuk menjatuhkan bola di lapangan permainan lawan untuk mendapatkan nilai.Bola yang digunakan dalam permainan ini memiliki diameter 65 – 67 cm dengan berat kurang lebih 260 – 280 gram. Bola voli umumnya terbuat dari kulit yang lunak atau bahan sintetis.Menurut standar peraturan yang dibuat oleh asosiasi bola voli, olahraga ini dimainkan di lapangan yang berukuran 9x18 meter. Di tengah lapangan terdapat net atau jaring yang akan menjadi pembatas arena permainan dari kedua tim.Tim pada permainan bola voli dinyatakan menang apabila sudah mencapai angka 25 pada satu babak. Tim yang lebih dulu menang tiga babak akan menjuarai pertandingan. Jika hasil skor seri, maka permainan dilanjutkan sampai poin selisih dua angka.

4. Sepak takraw

Sepak takraw permainan bola besar
Sepak takraw permainan bola besar mirip voli
Sepak takraw adalah permainan bola yang mirip dengan voli. Namun bukan dengan tangan, pemain memukul bola menggunakan kaki.Kata sepak takraw berasal dari dua bahasa. Sepak, berasal dari bahasa Melayu yang berarti menendang, dan takraw diambil dari bahasa Thailand yang berarti bola rotan.Secara tradisional, bola yang digunakan dalam sepak takraw memang biasanya terbuat dari anyaman rotan. Namun kini, bola yang digunakan dalam pertandingan dibuat dari serat sintetis.Setiap bola harus memiliki 12 lubang dan 9-11 anyaman. Bola sepak takraw memiliki lingkar 42-44 cm untuk pemain putra dan 43-45 cm untuk pemain putri.Sepak takraw dimainkan antara dua tim yang masing-masing timnya terdiri dari 3 orang. Tim akan mendapatkan angka jika salah satu pemain mereka berhasil menjatuhkan bola di dalam lapangan permainan lawan. Tim yang mencapai angka 21 terlebih dahulu keluar sebagai pemenang.

5. Bola tangan

Bola tangan masuk permainan bola besar
Bola tangan mirip sepak bola namun dimainkan dengan tangan, bukan kaki
Permainan bola tangan adalah olahraga yang mirip dengan sepak bola. Bedanya, bola dibawa atau digiring menggunakan tangan. Bola juga harus dimasukkan ke gawang untuk mendapatkan angka.Bola tangan dapat dimainkan oleh 8 -11 orang, tergantung kesepakatan. Pertandingan olahraga ini berlangsung selama 2 babak dengan durasi satu babaknya berlangsung selama 30 menit.Bola yang digunakan dalam permainan ini memiliki lingkar keliling antara 58-60 cm untuk putra dan 54-56 cm untuk putri.

6. Futsal

Futsal permainan bola besar
Futsal mirip sepak bola yang dimainkan di dalam ruangan
Futsal juga termasuk sebagai salah satu permainan bola besar. Olahraga ini mirip seperti sepak bola. Namun jumlah pemain dalam satu timnya lebih sedikit dan lapangannya tidak terbuat dari rumput.Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masingnya beranggotakan lima orang. Tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang akan menjadi pemenang.Pertandingan olahraga ini berlangsung dalam dua babak yang masing-masing berdurasi 20 menit.
Bola yang digunakan dalam permainan futsal memiliki ukuran lingkat keliling antara 62-64 cm dengan berat antara 400-440 gram.

7. Bowling

Permainan bola besar bowling
Bola bowling memiliki berat rata-rata di atas 5 kg
Bola bowling adalah salah satu permainan bola besar yang bisa dimainkan perseorangan maupun regu. Dalam bola bowling, orang atau regu yang terlebih dahulu bisa menjatuhkan lebih banyak pin dalam satu babak akan keluar sebagai pemenang.Jika berhasil menjatuhkan semua pin menggunakan bola dalam satu kali lempar, maka pemain disebut telah mencetak strike. Sementara itu jika tidak semua pin jatuh pada lemparan pertama dan sisanya jatuh di lemparan kedua, pemain dikatakan melakukan spare.Dalam satu kali kesempatan melempar, pemain ditargetkan untuk menjatuhkan 10 pin. Nilai tertinggi dalam bowling adalah 300, dengan keberhasilan seorang pemain atau regu melakukan strike selama 12 kali berturut-turut.Bola bowling yang digunakan tiap pemain bisa berbeda-beda. Namun standarnya adalah 7-8 kg untuk pria dewasa dan 5-7 kg untuk wanita dewasa. Berat bola yang digunakan, biasanya disesuaikan dengan berat badan pemain.Berat bola idealnya adalah 10% dari berat badan pemain.
Setiap bola bowling memiliki tiga lubang sebagai tempat untuk memasukkan jari saat melempar bola.

8. Rugby

Bola rugby permainan bola besar
Rugby menggunakan bola berbentuk oval
Rugby adalah salah satu permainan bola besar yang populer di Australia dan New Zealand. Pada permainan rugby, salah satu pemain dalam satu tim harus berhasil membawa bola melewati garis gawang musuh.Bentuk bola yang digunakan dalam olahraga rugby berbeda dari bola kebanyakan karena bentuknya tidak bulat, melainkan oval.Menurut standar permainan resmi, ukuran bola rugby yang digunakan memiliki panjang 280-330 mm, dengan lingkar panjang 740-770 mm dan lingkar lebar 580-620 mm.

9. Polo air

Permainan bola besar polo air
Permainan polo air menggunakan bola besar
Polo air adalah salah satu permainan bola besar yang dimainkan di dalam kolam. Olahraga ini kerap disebut sebagai olahraga kombinasi antara renang, gulat, sepak bola, serta bola basket.Polo air dimainkan dalam tim dan tim yang berhasil memasukkan bola ke dalam gawang paling banyak lah yang akan keluar sebagai pemenang. Setiap tim polo air terdiri dari 7 pemain, dengan 1 pemain bertindak sebagai penjaga gawang.

Manfaat permainan bola besar untuk kesehatan

Sama halnya dengan olahraga lain, bermain bola besar entah itu sepak bola, bola basket, ataupun polo air, dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, berikut ini manfaat yang bisa didapat:

• Menjaga dan menurunkan berat badan

Berolahraga dapat membantu Anda menurunkan dan menjaga berat badan ideal. Saat berolahraga, tubuh akan membakar kalori dan jika kalori yang terbakar lebih banyak dari kalori yang masuk, maka lambat laun berat badan juga akan menurun.

• Mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya

Tidak hanya menurunkan berat badan, saat Anda berolahraga secara teratur, risiko terkena berbagai penyakit berbahaya juga akan menurun. Beberapa penyakit yang akan menurun risiko kemunculannya antara lain penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

• Menguatkan tulang dan otot

Berolahraga juga membantu meningkatkan kekuatan sendi, tulang dan otot, sekaligus menjaga kepadatan tulang sehingga kita bisa terhindar dari osteoporosis di kemudian hari.

• Mengasah teamwork dan kemampuan problem solving pada anak

Permainan bola besar umumnya dimainkan dalam tim. Oleh karena itu, anak dan remaja yang rutin berlatih akan bisa mengasah kemampuannya untuk bekerjasama dengan rekan satu tim, serta mengetahui cara berkomunikasi secara baik untuk menyelesaikan masalah di area pertandingan.

• Meningkatkan rasa percaya diri

Permainan bola besar, sama seperti olahraga lainnya juga dapat membantu anak dan remaja meraih rasa percaya diri, terutama jika dalam permainan yang mereka mainkan, ada pencapaian yang diraih.

• Meredakan stres

Melakukan aktivitas fisik termasuk mencoba permainan bola besar dapat membantu meredakan stres.
Sebab, saat kita berolahraga, tubuh akan memproduksi lebih banyak endorfin yang merupakan zat kimia otak yang bertanggung jawab untuk memberikan rasa bahagia di dalam diri kita.
Permainan bola besar bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik sekaligus mental. Dengan rajin berlatih, maka Anda bisa mendapatkan berbagai manfaatnya yang berlimpah.
olahragasepak bola
Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/57813/1/skripsi%20fix.pdf
Diakses pada 18 Februari 2021
Widiastuti, Sendang Sri. 2019. Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar. Ponorogo: Myria Publisher.
E-Modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://emodul.kemdikbud.go.id/B-Olahraga-11/B-Olahraga-11.pdf
Diakses pada 18 Februari 2021
Universitas Atma Jaya Yogyakarta. http://e-journal.uajy.ac.id/837/3/2TA12708.pdf
Diakses pada 18 Februari 2021
Irwansyah. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Grafindo Media PratamaUniversitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/198802162014041001/pendidikan/Bahan%20Ajar%20Target%20Games%20(Bowling).pdf
Diakses pada 18 Februari 2021
Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/67820/3/Bab%20II.pdf
Diakses pada 18 Februari 2021
Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/1851/3/Bab%201.pdf
Diakses pada 18 Februari 2021
CDC. https://www.cdc.gov/physicalactivity/basics/pa-health/index.htm
Diakses pada 18 Februari 2021
MU Health Care. https://www.muhealth.org/conditions-treatments/pediatrics/adolescent-medicine/benefits-of-sports
Diakses pada 18 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait