logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kehamilan

Daftar Olahraga untuk Promil yang Efektif, dari Yoga hingga Pilates

open-summary

Olahraga yang bisa mendukung program hamil atau promil adalah kardio seperti jalan kaki, lari, berenang, dan bersepeda, latihan kekuatan seperti squat, lunges, dan push up, serta latihan kelenturan seperti pilates, yoga, dan barre. Olahraga efektif untuk meningkatkan kesuburan karena bisa meredakan gangguan akibat PCOS.


close-summary

3 Jul 2021

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Olahraga yang bisa mendukung program hamil antara lain yoga dan pilates

Olahraga yang bisa mendukung program hamil antara lain yoga dan pilates

Table of Content

  • Kenapa perlu olahraga saat menjalani program hamil?
  • Olahraga agar cepat hamil
  • Catatan dari SehatQ

Ikhtiar dengan mengatur pola makan, sudah. Menjaga berat badan tetap ideal pun sudah. Sekarang, saatnya mencoba olahraga untuk promil. Bahkan faktanya, aktif bergerak dan rutin berolahraga adalah langkah besar yang meningkatkan kemungkinan berhasil hamil.

Advertisement

Kenapa perlu olahraga saat menjalani program hamil?

Berolahraga penting dilakukan oleh Anda yang sedang menjalani program hamil karena dengan melatih fisik secara rutin, kondisi tubuh akan menjadi optimal untuk mengandung. Otot-otot tubuh – bahkan yang berada di jantung – juga akan semakin kuat. Ini adalah hal yang penting, mengingat saat hamil nanti, jantung akan memompa 50% lebih banyak darah sehingga kerjanya lebih berat.

Hal yang juga tak kalah menarik adalah fakta bahwa yoga merupakan olahraga efektif untuk meningkatkan kesuburan serta meredakan PCOS. Sebab, orang yang rutin melakukan yoga akan lebih terkoneksi dengan tubuhnya.

Di saat yang sama, olahraga juga akan membantu menjaga keseimbangan hormon di tubuh serta membuat sirkulasi darah ke area panggul juga jauh lebih lancar. Olahraga juga baik untuk kesehatan pikiran, karena bisa membantu mengelola stres dan meningkatkan kualitas hidup. Hal ini jelas erat kaitannya dengan kesuburan karena perempuan yang tengah menjalani program hamil sebisa mungkin dilarang merasa stres.

Semua manfaat ini terbukti dalam penelitian dari tim Department of Physiology University of Calcutta, India. Namun, tetap perlu digarisbawahi bahwa yoga bukanlah obat untuk kondisi PCOS.

Olahraga agar cepat hamil

Sebelum mencoba olahraga untuk program hamil, pastikan Anda sudah mengantongi izin dari dokter. Jika sudah, selalu dengarkan tubuh, beristirahat ketika terasa perlu, dan minum cukup air.

Nah, berikut ini jenis olahraga yang baik untuk mendukung untuk program hamil:

1. Berjalan kaki dan berlari

Kedua olahraga di atas bisa dilakukan tanpa banyak peralatan khusus, namun tetap berdampak sangat baik untuk kesehatan jantung. Utamanya bagi yang sedang menjalani promil, berjalan kaki adalah olahraga yang disarankan bahkan hingga nanti menjelang due date tiba.

Namun, sebaiknya batasi lari hanya untuk yang berintensitas sedang saja. Olahraga lari dengan intensitas tinggi seperti maraton atau lari dengan track menantang sebaiknya dihindari. Tujuannya demi mengurangi risiko cedera.

2. Strength training

Olahraga yang termasuk dalam strength training seperti mengangkat beban juga boleh-boleh saja dilakukan. Gerakan semacam ini akan membentuk otot dan juga mengasah kekuatan tulang, keduanya berperan penting menjaga bentuk tubuh ibu saat mengandung.

Namun untuk menghindari risiko cedera, pilih beban yang lebih ringan. Tambahkan saja jumlah repetisi jika biasanya hanya 10, kali ini sampai 12 atau 15. Fokus pada latihan resistansi yang mengandalkan berat badan sendiri seperti squat, lunges, crunches, dan push-up.

Namun ketika sudah dinyatakan positif hamil, sebaiknya jangan sembarangan melakukan olahraga strength training. Pastikan selalu bertanya kepada dokter sebelum menjadikannya bagian dari olahraga rutin Anda.

3. Pilates dan barre

pilates
Olahraga pilates

Kedua olahraga di atas serupa, yaitu fokusnya adalah memastikan postur tubuh berada di fase sempurna. Pilates adalah olahraga yang fokus pada gerakan-gerakan sempurna dan melatih otot dengan sangat baik. Sementara untuk barre, ada pegangan di sisi tubuh seperti halnya seorang balerina.

Keduanya merupakan olahraga untuk promil karena dapat membangun kekuatan, keseimbangan, dan juga daya tahan tubuh. Jika masih ragu, ada baiknya memulai kedua olahraga di atas dengan pendampingan instruktur secara langsung.

4. Yoga

Bagi yang bermasalah memiliki keturunan akibat PCOS, ada olahraga agar cepat hamil yang aman dilakukan yaitu yoga. Bukan hanya melancarkan sirkulasi darah, yoga juga membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Ini adalah faktor yang krusial bagi orang yang tengah berupaya memiliki keturunan.

Namun, pastikan untuk melakukan pose-pose yoga dengan tepat demi menghindari cedera. Kenali batasan tubuh masing-masing karena tidak ada yang disebut dengan perfect yogi. Semua orang yang melakukan yoga sah-sah saja berbeda asalkan tetap menyesuaikan dengan kondisi tubuh.

Selain itu, bagi yang hobi melakukan yoga di studio dengan suhu tinggi seperti Bikram yoga, ada baiknya pilih jenis yoga lainnya. Sebab, berolahraga di ruangan dengan suhu terlalu tinggi tidak aman bagi janin yang baru berkembang.

5. Berenang

berenang
Berenang juga membantu menjaga berat badan

Olahraga yang satu ini berintensitas ringan hingga sedang. Namun di saat yang sama, otot-otot tubuh tetap terlatih. Belum lagi manfaatnya untuk kesehatan jantung. Dengan demikian, berenang layak masuk dalam rekomendasi olahraga untuk promil.

Bahkan bonusnya, berada di dalam air akan membuat calon ibu merasa tidak perlu merisaukan berat badannya. Dengan demikian, ini bisa menghilangkan rasa tidak nyaman di tubuh.

6. Bersepeda

Olahraga bersepeda dalam ruangan juga merupakan rekomendasi olahraga agar cepat hamil yang aman. Aktivitas fisik yang satu ini berintensitas sedang dan aman dilakukan, bahkan ketika Anda sudah hamil sekalipun. Namun, pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan serta beristirahat saat terasa lelah.

Baca Juga

  • Ini Ciri-ciri Penyakit Lupus pada Ibu Hamil Lengkap dengan Risikonya
  • Kenali Berbagai Risiko Hamil Kembar Ini agar Bayi Lahir dengan Sehat
  • Segala Hal yang Orangtua Perlu Ketahui Tentang Dokter Fetomaternal

Catatan dari SehatQ

Bisa disimpulkan bahwa olahraga adalah cara efektif untuk meningkatkan kemungkinan seseorang bisa hamil. Namun, tetap ingat untuk tidak berlebihan melakukannya.

Ketika tubuh terasa lelah luar biasa, muncul rasa nyeri sendi, atau bahkan sampai sulit beristirahat di malam hari, bisa jadi tanda bahwa durasi dan frekuensinya berlebihan.

Baik sedang menjalani program hamil atau tidak, berlebihan saat berolahraga akan meningkatkan risiko cedera.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar pentingnya mencatat jadwal ovulasi untuk meningkatkan kemungkinan hamil, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

olahraga ibu hamilkehamilanmerencanakan kehamilan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved